Kenapa ibu? Kenapa bukan suami? Karena si mas sebetulnya sudah tau persis saya bisa survive di segala kondisi. Punya jiwa petualang yang ngga pernah menyerah dan selalu bersemangat dalam apapun, juga sudah dia ketahui dengan pasti. Jadi biasanya, dia akan mengijinkan saya karena percaya dengan kemampuan saya.

Ibu saya? Waduh, agak sulit memberikan informasi yang mampu meyakinkan blio untuk memberikan saya ijin, apalagi memberikan kesempatan untuk bergabung di Tim Nusantara Sehat Kemenkes. Dengan sifat overprotektif blio semenjak saya kecil, akan sulit mengatakan iya atas apa yang akan saya lakukan. Terutama hal yang berisiko dan penuh dengan keadaan darurat serta tantangan yang tidak biasa. Lah saya ini bicara tentang apa ya? Kenapa Nusantara Sehat ini kok kesannya berbahaya dan seperti ke medan perang hehehe.

Buat yang belum tahu, Nusantara Sehat adalah program pemerintah untuk mewujudkan penguatan Pelayanan Kesehatan (Yankes) Primer, yang merupakan fokus dari kebijakan Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) pada periode 2015 – 2019. Dengan program ini, dibentuklah suatu tim tenaga kesehatan yang terdiri dari dokter, dokter gigi, perawat, bidan, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, tenaga ahli teknologi laboratorium medik, tenaga gizi, dan tenaga kefarmasian.

Twitter @puthe_PINS
Twitter @puthe_PINS

Tim ini akan ditempatkan di wilayah Indonesia untuk memberikan pelayanan kesehatan dan melakukan upaya preventif melalui pendidikan kesehatan, konseling serta skrining (penapisan). Berapa lama? Dua tahun. Karena menurut penelitian, waktu dua tahun adalah waktu yang cukup untuk mengadaptasi kebiasaan yang baik. Dalan kurun waktu tersebut akan terlihat perubahan perilaku masyarakat, apakah menjadi lebih bersih dan sehat atau tidak. Dan jangan dibayangkan bahwa perjalanan tim Nusantara Sehat ini akan mulus, bahagia, aman, damai sentosa ya. Bahkan kalau saya menjadi tim Nusantara Sehat, pasti saya akan was-was bercampur antusias. Kenapa?

Tim Akan Ditempatkan di Wilayah Pinggir Indonesia

Kalau berbicara tentang wilayah terluar Indonesia, apa yang bisa dibayangkan? Jujur saya sampai saat ini belum bisa membayangkan dengan jelas. Pernah sih tinggal lama di kota terbesar di Kalimantan, tapi keadaannya cukup nyaman dan enak untuk ditempati. Tapi kalau berbicara pinggirannya terutama perbatasan, saya sering membaca di koran bahwa keadaan tidak senyaman daerah perkotaan yang penuh dengan fasilitas. Mulai dari kondisi geografis yang berada jauh di wilayah terdalam, fasilitas jalan yang rusak, listrik yang tidak ada, sampai fasilitas pelayanan kesehatan primer yang terabaikan.

Twitter @Nusantara_Sehat
Twitter @Nusantara_Sehat

Tidak heran, para anak bangsa yang terpilih menjadi tim Nusantara Sehat ini adalah mereka yang memiliki ketahanan fisik dan kesiapan mental untuk menjalankan tugas mulia. Pembekalan juga tidak main-main. Ada pembinaan mental dan spiritual untuk bisa survive, dan juga ada pelatihan militer sebelum diterjunkan ke daerah terpencil. Iyes, daerah terpencil itu adalah daerah terluar yang merupakan medan perang, yang hanya orang dengan motivasi besar untuk mengabdi kepada bangsa dan negara yang sanggup bertahan.

Twitter @Nusantara_Sehat
Twitter @Nusantara_Sehat

Ah well, akan jadi suatu pengalaman berharga dan tidak terlupakan untuk bisa ikut meliput mereka dan melihat secara langsung apa yang sebetulnya terjadi di pinggiran sana. Bisa ikut menulis apa saja yang telah dilakukan tim Nusantara Sehat ini, untuk mendedikasikan ilmunya demi ketahanan kesehatan masyarakat tentunya akan menjadi sebuah kebanggaan. Tentunya saya siap ikut bersama mereka untuk menyusuri medan yang mungkin saja tidak bisa ditempuh dengan jalan darat. Siap menghabiskan berjam-jam di perjalanan untuk mencapai suatu desa. Siap untuk berada dalam situasi kondisi yang apapun yang bisa saja terjadi.

Pulau Belakang Padang yang Indah Namun Jangan Tertipu

Pulau ini tidak asing bagi saya apalagi ibu saya yang beberapa tahun tinggal di Batam. Kata beliau, kotanya nyaman dan enak. Berbatasan langsung Singapura sehingga semuanya serba menarik. Dan karena kecil, akan mudah berkeliling kota dalam waktu yang tidak lama. Tapi pada saat saya mendengar akan ada press tour Kemenkes untuk mengunjungi tim Nusantara Sehat yang berada di sana, seketika saya tidak akan membayangkan jalan-jalan yang nyaman dan bisa photo sana sini. Berharap mendapatkan sinyal saja tidak hehehe.

Source: mivecblog
Source: mivecblog

Pulau Belakang Padang memiliki 108 pulau kecil yang termasuk dalam kecamatannya. Diantara 108 pulau kecil itu, itulah tujuan sebenarnya dari penempatan Tim Nusantara Sehat. Wilayah pinggiran yang susah dijangkau dan tidak memiliki fasilitas kesehatan yang cukup baik. Daerah yang menjadi tujuan Program Nusantara Sehat ini memang ditargetkan berada di wilayah daerah terpencil, perbatasan, dan kepulauan. Karena daerah tersebut merupakan salah satu komitmen Nawacita, yakni membangun dari pinggiran.

Tapi sekali lagi, kondisi geografis daerah yang ditargetkan itu biasanya tidak memiliki fasilitas yang baik. Jadi buang jauh-jauh kalau ingin menjadi tim Nusantara Sehat itu adalah kegiatan bersenang-senang, bisa melihat wilayah daerah yang asri, bisa bekerja dengan nyaman, apalagi mendapatkan penghasilan yang cukup. Kalau saya? Ah saya mah Aries banget yang sudah ditakdirkan menjadi seorang yang adventurous, ngga pakai drama dalam kondisi apapun, survival, keras kepala, dan apa adanya.

Jadi kalaupun ikut dalam tim Nusantara Sehat, tidak akan membuat ciut nyali saya, malahan saya akan sangat antusias walaupun keadaan tidak seindah jalan-jalan liburan *halagh. Eh tapi yang repot dengan keadaan begini sebenarnya ibu saya. Jadi plis jangan bilang ibu saya kalau saya pengen ikutan tim Nusantara Sehat ya 😀

0 0 vote
Article Rating