Pengen merasakan bagaimana liburan di musim dingin dengan suhu minus sepuluh derajat? Hehehe ini sudah saya rasakan di awal tahun 2014, dengan berlibur ke negara empat musim yang terdekat di Asia yaitu Korea. Sensasi salju, dingin, dan indahnya pemandangan dengan hamparan salju putih betul-betul saya nikmati. Maklum sebagai orang yang tinggal di negara yang hanya mengenal panas dan hujan sebagai musim, norak juga saya saat berada di antara licinnya salju hehehe.

Tidak tanggung-tanggung hanya sekedar melihat, saya memutuskan untuk mengikuti pelatihan bermain ski dan juga main di pegunungan yang semuanya tertutup putihnya salju. Seru dan menegangkan pastinya, apalagi hanya bisa dinikmati dalam satu kali setahun. Mumpung lagi di Korea, saya puas-puasin bermain ski.

Jasa Tour Ski

Untuk bisa bermain ski, saya menggunakan jasa tour supaya lebih praktis. Dengan membayar sekitar 100,000 KRW, saya tinggal bawa diri aja hehehe. Paket tour ini mulai dari penjemputan di hotel, penyewaan alat ski, training basic bermain ski, baju ski, kacamata, dan juga dapat makanan. Enaknya karena saya bertiga sama teman-teman, kita dijemput khusus, dan terpisah dari rombongan lain. Ah serasa tour pribadi hehehe.

Informasi ski tour ini mudah sekali didapatkan. Bisa dari googling, ke Korea Tourism Organization (KTO) Jakarta, travel guide yang tersedia di hotel, atau ke KTO di Myeongdong saat tiba di Korea. Dan yang pasti tour ini hanya ada di musim dingin ya hehehe, karena kalau musim lain saljunya ngga ada *nyaeyalah.

Persiapan Ski

Pagi-pagi jam enam waktu setempat saya sudah siap untuk dijemput sama tour guidenya. Kebayang dong pagi itu bener-bener yang pagi dan suhu mencapai minus 10 derajat hahaha. Bisa beku saya kalau aja ngga pake baju berlapis-lapis. Pengen tau berapa lapisan yang saya pakai? Kostum andalan saya ini terdiri dari longjohn, lima lapis baju, celana 3 lapis, dan jaket 2 lapis. Ditambah lagi sarung tangan, pashmina, topi, earmuff, dan sepatu boots yang bikin saya jadi anget.

trazy.com

Saya sebelumnya juga belum pernah membayangkan seperti apa bermain ski ini. Kalau lihat di televisi kayaknya gampang banget hehehe, tapi kenapa saya bilang gampang karena memang saya sudah punya basic bermain rollerblade, sepatu roda, skating, dan latihan keseimbangan lainnya. Yang pastinya kalau mau mencoba ski, yakini dengan baik kalau kita memang mau mencoba dan mau latihan. Ini kejadian sama temen saya yang akhirnya nyesel ikutan karena ternyata ngga segampang yang dikira hehehe.

Lokasi ski yang kita tuju ada di pegunungan Jisan. Jaraknya kira-kira satu setengah jam dari Seoul. Sebetulnya jauh banget, karena yang namanya pegunungan tentunya di luar kota ya, tapi karena perginya pagi-pagi dan tidak macet satu setengah jam juga tidak berasa. Apalagi begitu masuk mobil langsung terasa hangat dan tidur kita hihihi.

Peralatan Ski

Berbagai macam peralatan bisa dipakai untuk bermain, antara lain ada alat ski dan snowboard. Buat yang masih pemula tentunya harus berlatih dengan alat ski dulu, baru kalau sudah menguasai teknik bermain tentu saja bisa mencoba snow boardnya. Alat ski terdiri dari pegangan tangan kanan kiri untuk penyeimbang, dan papan luncurnya di masing-masing kaki. Sedangkan snowboard sedikit berbeda, bentuknya mirip dengan skateboard, dimana diatas papannya ada pengunci untuk tapak kaki. Jadi kedua kaki ada di satu papan saja.

Peralatan ski ini harganya sudah termasuk paket tour, jadi kita tinggal datang dan menunggu alat skinya disiapkan oleh tour guide. Kalau tidak menggunakan tour guide, kita bisa langsung menyewa alatnya di tempat penyewaan. Ada banyak sekali tempat penyewaan dan untuk alat ski penyewaannya ada di dekat lokasi ski.

Untuk outfitnya juga tidak bisa sembarangan, kita wajib menggunakan jaket dan training khusus yang anti air supaya tidak basah dan tetap merasa hangat. Begitu juga dengan sarung tangan, dijamin sarung tangan ini khusus banget yang rasanya beda sama kaus tangan biasa. Rasa hangat langsung menjalar dan tidak merasakan dingin sama sekali. Saya paling suka dengan sarung tangannya karena betul-betul hangat.

Kacamata juga wajib digunakan karena apabila salju memantulkan cahaya matahari, maka mata kita akan merasa silau. Kacamata ini bentuknya penuh menutup mata, jadi biarpun terlihat gaya sebetulnya agak kurang nyaman juga karena ketat sekali dimata.

Yuk Bermain Ski

Setelah mendapatkan alat ski dan memakai outfit khusus, kita langsung berlatih bagaimana bermain ski yang baik dan benar. Tour guide yang menjemput ternyata merangkap juga pelatih ski hehehe, jadi lebih akrab karena memang sudah banyak bercerita di dalam mobil. Dan yang lebih menyenangkan adalah penggunaan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar. Huwah ngga kebayang deh kalo pake bahasa Korea, bisa bisa komunikasinya kaya tarzan lagi qiqiqi.

Sebelum memulai latihan, kita belajar dulu bagaimana menggunakan alat ski. Mulai dari memasang sepatunya yang berat banget, memasangnya di papan luncur, cara memegang tongkat, sampai membawa papan luncurnya yang ternyata ngga asal bawa loh. Pertama-tama tentu saja pemanasan terlebih dahulu. Ini berguna untuk melemaskan otot-otot yang kaku, karena bermain ski itu juga termasuk olahraga. Setelah pemanasan terlebih dahulu diajarkan bagaimana memasang dan melepas sepatu pada papan luncur. Setelah itu diajarin cara berdiri saat jatuh, iya jatuh hehehe. Ini penting karena kalau dalam posisi jatuh di pegunungan kita ngga bisa langsung berdiri. Ini karena kemiringan dari tanah, yang membuat kita harus berputar 180 derajat dengan mengangkat kaki dan mulai berdiri dari arah sebaliknya. Hmm pasti bingung hahaha, memang susah kalau membayangkan karena saya juga ngga bisa-bisa ini qiqiqi. Belum lagi cara berdirinya juga tidak sembarangan berdiri loh, ada tekniknya yang seperti memutar badan supaya kaki tidak menahan berat badan. Wuih beneran, ini susah banget. Setengah mati saya mempelajarinya, karena dengan lapis baju, berat badan berlebih, ditambah jaket dan training, beban yang saya angkat tambah berat hahaha.

Yah lupakan proses bagaimana kita bisa bangun yah, karena jangan sampe main ski sampe jatuh jatuh hehehe. Latihan berikutnya adalah cara meluncurkan diri di atas alat ski. Nah kalau yang suka doraemon, masih inget ngga kenapa si nobita ngga bisa-bisa main ski wekekek. Itu karena kata dia bermain ski susah. Kalo menurut saya, dia merasa susah karena tidak memahami teknik dasarnya. Nyatanya anak-anak kecil yang sedang liburan musim dingin pada jago-jago loh main skinya.

Teknik bermain ski ini cukup mudah sebetulnya, hanya saja harus dilakukan secara benar. Yang harus diperhatikan adalah lutut yang setengah menunduk untuk menahan keseimbangan dan juga bentuk papan ski harus membentuk huruf A yang ujungnya jangan sampai kena karena bisa membuat tergelincir. Udah itu aja, sisanya membungkukkan badan dan membawa badan ke arah depan sambil mengarahkan tongkat. Kalau melakukan semua tekniknya dengan benar pasti udah bisa bermain ski. Ngga percaya hehehe, yuk lihat video saya dibawah ini :

Akhirnya dengan pelatihan singkat mengenai dasar bermain ski, saya bisa juga bermain dengan baik. Menyenangkan banget loh ternyata kalau bisa menguasasi. Travelling saya kali ini jadi lebih bermakna dan tentu saja tidak terlupakan. Kapan lagi bisa main ski ^^.

berpartisipasi dalam “EAT and Travel With B Blog” Competition
 

Sponsored by :

– Kumickey LittleCloset –
(FACEBOOK : https://www.facebook.com/KUMICKEYSHOP?ref=br_tf)
(INSTAGRAM : http://instagram.com/kumickeyshop

– Elbelle shop –
(FACEBOOK : https://www.facebook.com/Elbelleshoppage)
(INSTAGRAM : http://instagram.com/elbelleshop)

– My Rasl –
(TWITTER : https://twitter.com/MY_RASL)
(INSTAGRAM : http://instagram.com/my_rasl)

– Poupee Shop –
(INSTAGRAM : http://instagram.com/poupeeshop)

0 0 vote
Article Rating