Bagi yang memiliki lingkaran pertemanan para blogger, pasti tahu hiruk pikuknya seperti apa. Tidak seperti pengguna media sosial pada umumnya, blogger cenderung memublikasikan seluruh kegiatannya melalui media tersebut. Tidak heran, kita akan menjumpai berbagai macam acara dan kegiatan yang beragam, baik itu yang diadakan oleh brand maupun komunitas.

Hal ini tentunya menimbulkan banyak rasa. Mulai dari rasa ikut senang, rasa penasaran, sampai rasa ingin tahu. Dan mungkin mulai banyak goals yang ingin dilakukan oleh para blogger untuk mendapatkan pencapaian. Apalagi memasuki tahun baru kemarin, mungkin juga tidak sedikit yang ingin melakukan perubahan besar pada blognya masing-masing. Tapi buat saya, itu sungguh tidak mudah.

Memiliki blog yang eksis dan cukup dikenal, ada banyak hal yang harus dilakukan. Dan ini harus dilakukan secara rutin dan konsisten. Tidak dapat setengah-setengah dan memantapkan tujuan untuk kemajuan blognya. Apabila hanya sekedar update, jangan harapkan yang berlebihan. Terutama eksistensi di media sosial juga sangat memengaruhi.

Untuk melakukan resolusi pada blog, buat saya tidak perlu menunggu tahun baru. Lakukan sekarang dan saat ini juga. Tentunya dengan kesadaran bahwa memang ingin membangun suatu blog yang berguna untuk orang lain dan layak mendapatkan perhatian.

Setiap orang tentu punya caranya sendiri. Mulai dari mulai rutin menulis tentang pengalaman, memaksimalkan konten yang enak dibaca, sampai usaha untuk selalu update. Buat saya hanya ada tiga kata, yaitu platform, konten, dan branding. Tiga hal inilah yang selalu rutin saya perbaharui untuk meningkatkan performa blog. Baik itu di mata mesin pencari maupun pembaca.

Platform

Gunakan platform yang tepat dan kenali dengan baik. Putuskan mana yang terbaik dan tetap berada di platform tersebut. Berpindah platform, akan membuat blog menjadi tidak stabil di mata mesin pencari. Sebaiknya sebelum memutuskan apakah menggunakan Blogspot atau WordPress (selfhosted), pikirkan terlebih dahulu mana yang cocok. Keduanya bagus apabila memang digunakan secara maksimal. Pastikan memahami seluk beluknya dan keuntungan masing-masing agar tidak menyesal di kemudian hari. Ketemu dengan platform yang cocok, stick with it.

Konten

Sebuah nyawa dari blog yang membuat orang/mesin pencari merekomendasikan tulisan kita. Entah karena bermanfaat, lucu, menyenangkan, menghibur, atau apapun yang berbeda dari orang lain. Tapi tentu saja harus diingat, semakin cepatnya laju informasi, apapun bisa ditemukan bahkan hanya sedikit caci maki yang ada di tulisan. Karena sifatnya manusia yang lebih suka melihat kekurangan dari pada kelebihan, saran saya sebaiknya menulis ulasan positif. Sedikit saja kisah yang tidak baik, akan cepat menyebar dan tidak hanya menjatuhkan reputasi produknya namun juga bisa jadi bloggernya.

Perkembangan konten juga akan menjadi baik jika terus konsisten. Banyak membaca dan menemukan gaya sendiri akan datang seiring dengan rajinnya menulis di blog. Bahwasanya blog adalah ruang bebas, tidak ada pakem yang mengikat dan bebas pula menjadi diri sendiri. Itu yang diperlukan, tapi sekali lagi. Blog adalah ruang yang terbuka, kontenmu mencerminkan dirimu.

Branding

Untuk bisa bertahan dalam lingkungan blogger (yang katanya keras), branding menjadi mutlak diperlukan. Apalagi jika beresolusi menjadi blog yang terbaik, yang meningkatkan kunjungan pembaca, yang memiliki kualitas di atas rata-rata, selalu berada di hasil pencarian, sampai blog yang paling banyak dicari agensi untuk menjadi media iklan. Semua hanya dapat dilakukan dengan branding blog yang memiliki reputasi baik.

Kalau ketiga hal tersebut dijalankan secara rutin, percayalah, tidak perlu lagi yang namanya resolusi. Karena blog akan membentuk karakternya sesuai dengan konsistensi dan rutinitas penulisnya.

0 0 vote
Article Rating