Ada yang seru di akhir pekan saya kemarin. Hari sabtu yang cerah ceria, panas luar biasa kayaknya di luar. Saya memilih ngadem di Gedung Cyber sambil seseruan belajar membuat web dengan WebMakernya Mozilla. Awalnya karena penasaran aja dengan tools yang dimiliki oleh Mozilla ini dan juga pengen mengenal lebih dalam tentang fitur gratis yang dikembangkan oleh para relawan. Iya gratis loh, karena memang Mozilla ini adalah organisasi non profit.

Yang masih bingung bedanya antara Mozilla dan Firefox ayo siapa hehehe. Karena sebetulnya Mozilla adalah sebuah organisasi nirlaba dan Firefox adalah salah satu programnya yaitu browser. Kalau kita tau perusahaan IT besar dunia seperti Google, Apple, dan lainnya itu menggunakan saham sebagai pendanaan dan dituntut untuk menghasilkan profit yang besar. Tapi berbeda dengan Mozilla yang sepenuhnya akan selalu menghadirkan tools gratis dan bisa di akses siapa saja. Sehingga hadirlah para relawan yang disebut Mozillians atau penggemar Mozilla bahkan juga ada Mozilla Representative sebagai perwakilan dari basisnya Mozilla di California. Dan mereka tidak menarik biaya seperpun dari apapun. Hmm bagus juga ya masih ada yang berpikiran baik seperti ini. Yup Firefox memang berbeda, karena mereka membawa misi untuk masa depan dunia internet yang lebih baik. Masa dimana kita mempunyai privasi, keamanan tingkat tinggi, dan hak setiap pengguna internet yang kadang terabaikan.

Salah satu program dari Mozilla ini adalah mengajak para user internet untuk dapat berpartisipasi, sehingga tidak hanya sebagai pengguna saja tapi bisa sebagai pembuat. Dan salah satu proyeknya adalah mengajak untuk membuat web dengan webmaker yang terdiri dari tools yang disiapkan oleh Mozilla. Dan untuk mendukung proyek ini, maka dibuatlah suatu acara yang bernama Maker Party. Dimana acara ini adalah seperti pelatihan untuk membuat sebuah web dengan menggunakan webmaker. Web maker ini berisi tools yang dapat dipelajari dan dijadikan dasar untuk memahami kode seperti HTML.

Perancang acara Maker Party ini adalah sukarelawan terpilih yang disebut MozRep (Mozilla Representative) yang secara sukarela memberikan ilmu dan kemampuan mereka untuk mengajarkan membuat web dengan web maker. Eh jangan salah, MozRep ini tidak harus memiliki latar belakang IT loh. Siapapun boleh bergabung dan bisa membantu asalkan dengan satu syarat yaitu cinta internet terutama browser Mozilla dari Firefox. Latar belakang apapun seperti seniman, akuntan, auditor, engineer, dan profesi lainnya bisa banget bergabung untuk terus mengenalkan tentang web maker ini. Dan tugas utamanya untuk mengenalkan dan memfasilitasi kalau ada yang tertarik untuk belajar mengenai WebMaker ini. Untungnya saya punya kesempatan bagus untuk bisa mengenal lebih dekat Mozilla dan WebMakernya dari Blogger Reporter ID.

WebMaker.Org

Webmaker atau pembuat web ini adalah sebuah proyek untuk mengenalkan bagaimana cara membuat web bagi setiap orang. Dengan tools yang ada dan pemahaman bagaimana cara kerja web, diharapkan para pengguna akan berubah menjadi pembuat dan tentunya menghasilkan sesuatu yang berbeda sesuai dengan kreativitasnya. WebMaker ini dapat diakses secara gratis di WebMaker.OrgΒ dan dapat mempelajari bagaimana sebuah web bekerja. Tools yang dapat digunakan di webmaker ini ada tiga, yaitu Thimble, X-Ray Goggles, dan Popcorn Maker. Ada tambahan satu lagi yaitu Appmaker yang arahnya lebih ke pembuatan aplikasi.

Thimble

Dengan menggunakan tools ini di webmaker.org -> tools -> thimble, kita dapat membuat sebuah web sederhana seperti kartu ucapan, undangan online, web sederhana bahkan yang bagus sekalipun. Dan yang lebih memudahkan lagi adalah kita bisa me-remix atau menggunakan desain ulang untuk dirubah lagi sesuai keinginan dan di publish atas nama kita sebagai pe-remixnya. Basis utamanya adalah HTML dan kita bisa menambahkan style dengan CSS. HTML yang digunakan pun cukup simple karena memang hanya satu halaman statik saja. Buat yang ingin mendalami bagaimana dasar HTML dan CSS untuk membuat sebuah web bisa googling aja tentang Cheat Sheet nya. Ini memudahkan kita tanpa perlu menghapal kodenya yang rumit. Penambahan image dan video juga bisa dilakukan dan yang digunakan adalah link karena thimble ini masih sangat simple sehingga tidak memungkinkan untuk menyimpan/mengupload data.

X-Ray Goggles

Kalau biasa menggunakan inspeksi elemen seperti firebug, maka X-Ray Goggles ini tidak beda jauh. Tapi kelebihannya adalah kita dapat menyimpan hasil edit yang dilakukan oleh X-Ray Goggles ini. Dan dengan memakai X-Ray Goggles kita dapat mengganti teks, image, bahkan halaman depan dari sebuah situs terkenal. Tentu saja akan ada keterangan bahwa halaman ini dibuat oleh X-Ray Goggles supaya tidak menimbukan tuntutan di kemudian hari hehehe. Sebetulnya tools ini lebih ke arah coba-coba untuk melihat bagaimana sebuah situs bekerja dan kode apa saja yang ada dibalik sebuah web.

Popcorn Maker

Bukan, ini bukan alat untuk membuat popcorn lezat rasa keju. Ini adalah tools untuk membuat sebuah movie strips. Karena ngga cocok juga dibilang video karena pembuatan sebuah file ini merupakan kombinasi dari beberapa file online (resources) yang dikombinasikan menjadi satu bagian utuh. Biasanya isi dari popcorn ini berbeda-beda sesuai kreativitas. Dan tentunya kita bebas untuk membuat apa saja bahkan bisa juga memulai dari popcorn sebelumnya yang ada di gallery.

Kombinasi yang dapat dibuat disini bisa berupa video dari youtube, suara dari soundcloud, gambar dari flickr, dan animasi gif dari giphy. Semuanya di kreasikan menjadi sebuah tontonan singkat yang menarik. Karenanya agak berbeda dari video dan juga animasi lainnya.

Acara hari itu tentunya berlangsung seru dan rame karena semua antusias untuk mengikuti dan tertarik untuk mengembangkan ke arah yang lebih dalam lagi. Dan tidak terasa, walaupun puasa semua tetap semangat sampai akhir acara. Dan yang serunya lagi, pada akhir sesi peserta dibagi perkelompok untuk membuat sebuah jalan cerita dan mengaplikasikan jalan cerita tersebut ke dalam tools yang sudah diajarkan. Dan tentu saja buat yang paling favorit mendapat hadiah kaos dari Mozilla, sayangnya bukan kelompok saya hahaha. Thank you Mozilla, thank you juga buat para MozRep (mba rara, mba Ina, mas yofi, dan Mozrep lain ^^) yang dengan setia menanti sampai selesai dan tentunya dedikasi ikhlasnya untuk kemaslahatan umat *halah.

0 0 vote
Article Rating