Entah sudah keberapa kalinya saya ganti template semenjak awal ngeblog. Karena sebetulnya, hal yang paling saya suka saat ngeblog adalah template-nya hahaha. Jadi dulu, saking seringnya gonta ganti template dan keasikan utak atik sana sini, jadinya kok malah ngga nulis. Makanya sekarang sudah cukup lumayan jarang ganti supaya lebih fokus nulis.

Ada beberapa alasan kenapa saya rajin banget ganti template. Yang pertama karena emang selera itu kadang berubah dan ngikuti tren. Jadinya kalau ada yang baru, saya juga suka ikutan ganti. Biasanya desain dan coding terbaru ada beberapa perubahan yang cukup signifikan. Makanya, hindari pakai template jadul ya, karena biasanya ngga update dan ngga ngikutin apa yang Google mau.

Kedua, saya mencari yang loadingnya cepat. Jadi ada template yang bagus tapi pas dites dengan gambar dan blog saya yang berat ini, malah loadingnya lama. Pengaruh ke pembaca juga yang katanya 2 detik loadingnya lama aja di-close huhuhu. Makanya selain photonya ditaro di Photobucket, saya juga rajin cari template yang kodingnya ngga ribet biar agak cepet. Walopun begitu, kadang keinginan ngga sesuai dengan kenyataan karena saya suka banget photo banyak dan lumayan gede, kadang hal ini dicuekin. Tapi kalau punya waktu, pasti dikulik ulang.

Ketiga, biar pembaca lebih betah. Saya selalu bilang, kalo punya blog yang bekgron hitam dengan tulisan kuning itu bikin sakit mata dan pasti ngga mau balik lagi. Nah, first impressions blog ini adalah template. Kalau cakep kaya orangnya kan enak dilihat dan bikin betah. Malahan saya sering banget di-notice kalo blognya bagus, templatenya ya bukan tulisannya wkwkwk.

Keempat, karena ini memasuki bulan ramadhan dan pengen ngeblognya lebih semangat, jadinya saya ganti deh dengan suasana baru. Biar yang nulis dan yang baca sama sama ngga bosen aja. Sebenernya ini alasan aja, karena saya paling laper mata ama yang namanya template hahaha. Gatel kalo lihat template model baru dan langsung pengen make. Tapi beneran deh, biasanya saya blogwalking pasti lihat templatenya orang dulu. Kalo nyaman dan enak di mata pasti saya lanjut baca, kalo engga biasanya suka di skip *maappp.

Kenapa sih template ini krusial banget? Ya ngga hanya karena tampilan visual aja, tapi memang bisa ngaruh banyak banget ke SEO. Mungkin bisa dibilang hal kecil tapi penting sih buat saya. Dengan template yang ringan dan catchy, bikin bounce rate lebih rendah karena pembaca betah disamping memang kontennya sesuai. Atau memang ada fitur-fitur SEO yang sudah masuk ke dalam fitur template. Makanya template premium memang bisa mahal banget.

Langganan saya, karena saya pakai Genesis Framework, palingan ngecekin update template terbaru apa yang sudah diupdate atau palingan ke Creative Market. Saya hampir ngga pernah pakai template gratisan yang di-download. Kalau memang mau gratis, mending oprek kodingnya aja dari bawaan. Karena sebetulnya ngga ada yang gratis, tetap saja biasanya ada terms and condition. Jadinya lebih baik memang beli putus biar praktis hehehe. Nah, berhubung udah kepasang template baru, gimana pendapatnyaaa?

 

*ps: memang masih berat belum di-optimize lagi >.<

0 0 vote
Article Rating