Now Reading
Karena Kecelakaan Ngga Bisa Diprediksi

Karena Kecelakaan Ngga Bisa Diprediksi

Kejadiannya sekitar 4 tahun lalu, waktu adik saya membawa salah satu mobil bapak saya. Yang namanya lagi sial, mobilnya mengalami kecelakaan di jalan tol Jakarta Merak. Alhamdulillah adik saya bisa selamat, tapi mobilnya ringsek bagian depan. Setengahnya hancur karena menabrak pembatas jalan. Cuaca hujan lebat dan jarak pandang yang sempit jadi penyebab adik saya tidak bisa melihat dengan jelas, padahal itu siang hari. Ya sudah, mau gimana lagi khan. Kita ngga pernah tau kejadian kecelakaan berkendara yang selalu membayangi.

Parahnya, itu mobil ngga diasuransikan karena walaupun usianya baru 3 tahun dibeli, karena bapak saya merasa bahwa asuransi mobil itu ngga diperlukan. Lha wong selama bertahun-tahun punya mobil tanpa asuransi juga baik-baik saja kok. Jadinya ngga mikir kalo ada kejadian yang tidak diinginkan kaya gini. Padahal, ya itulah pentingnya asuransi. Menjaga dari sesuatu hal yang tidak bisa kita prediksi.

Semenjak kejadian itu, semua mobil bapak saya langsung diasuransikan ngga pake kecuali. Kapok banget katanya, karena waktu kecelakaan itu, biaya perbaikannya hampir kaya beli mobil baru. Itu pun masih untuk mesin utamanya ngga kena, jadi biayanya masih bisa ditekan. Waktu perbaikannya pun ngga sebentar, memakan waktu hampir 8 bulan. Mau ngga mau, bapak saya akhirnya beli mobil baru lagi karena ngga ada kendaraan. Lalu setelah mobilnya bisa dipake lagi, dijual deh karena parkir di rumah udah penuh wkwkwk.

Kalo suami saya lain lagi ceritanya. Saking amannya dalam berkendara dan senang dengan jaminan, mobil yang sudah berusia 10 tahun akhirnya dijual hanya karena satu alasan: Tidak ada perusahaan asuransi yang bersedia menjamin asuransinya. Well, ngerti sih ya penting tapi berlebihan juga ngga sih sampe harus jual mobilnya. Saya aja yang istrinya sampe bingung wekekek. Tapi karena berbagai kasus nabrak kecil-kecil dan ternyata butuh banyak perbaikan walau tidak fatal, toh jadi bikin alasan perlunya punya asuransi kendaraan. Walaupun tau itu ngga murah, tapi ternyata penting banget.

Ada kelebihan yang didapatkan walaupun kita harus membayar mahal. Yang pertama, tentu saja menjadi jaminan kita dalam berkendara. Biasanya suka was-was kalo ada kejadian yang suka mengakibatkan kerusakan pada mobil, apalagi kalau bukan masalah biaya. Nah, dengan ada jaminan asuransi ini, kitanya yang bawa kendaraan juga jadi tenang khan.

Lalu yang kedua, kemudahan perbaikan di bengkel yang ditunjuk. Saya sendiri aja biasanya suka bingung mau cari bengkel, tapi kalo udah pakai asuransi, gampang banget tinggal cari bengkel terdekat yang sudah menjadi rekanan asuransi. Prosesnya pun jadi lebih gampang dan ngga ribet. Tinggal mengisi form isian kronologis, polis aseli, stnk, ktp, dan sim. Nanti semua bakal diurusin bengkel dan tektokan dengan perusahaan asuransi.

See Also

Ketiga, yang pasti mobil kita jadi mulus terus dong karena rajin dibawa ke bengkel. Itu yang terjadi dengan mobil suami saya, yang lecet dikit aja kudu klaim asuransi hahaha. Jadi ya kelihatan baru terus mobilnya. Jadi yah, beneran ngga rugi banget kalo punya asuransi mobil.

Tips dari saya untuk memilih asuransi sebenernya ngga yang gimana banget, tapi biasanya saya selalu membeli asuransi mobil all-risk yang bahkan banjir juga di-cover. Bukan berarti rumah saya suka kebanjiran, tapi kita ngga pernah tau apa yang menimpa kita kan. Kedua, cari yang rekanan bengkelnya dekat rumah dan banyak pilihan. Karena pengalaman saya nih, biarpun ke bengkel yang gede banget tapi ngga ngejamin bagus pelayanannya. Malah saya lebih suka yang kecil tapi cepat kerjanya dan profesional.

Masalah harga, sebetulnya kita bisa loh ke broker asuransi online ataupun offline. Bisa bandingin harga sama bandingin fasilitasnya. Biasanya saya cari yang murah wkwkwkwk. Bukan apa-apa, soalnya mobil lebih dari satu dan tentunya kudu bijak supaya semua kebagian jaminannya. Lagipula, kalo kita terus memperpanjang asuransi mobilnya, harga akan turun loh. Jadi sebelum terlambat kaya kejadian yang dialami adek saya, mendingan langsung aja cari asuransi mobil yang cocok.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of

COPYRIGHT 2019 SHINTARIES.COM. ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top
error: Content is protected !!