IMG_3684Tampil cantik setiap hari dengan make up? Hmm itu bukan gaya saya beberapa waktu yang lalu. Sederhana tanpa pulasan make up selalu menjadi ciri khas saya. Lokasi bekerja di lapangan yang penuh dengan debu dan sengatan matahari menjadikan saya menjadi seseorang yang anti make up. Toh dengan memakai make up juga tidak menjadikan saya menarik karena yang saya hadapi adalah para pekerja lapangan yang berwajah serius untuk mengejar target hehehe. Apalagi dengan kondisi perempuan yang jumlahnya sangat sedikit, membuat saya tidak terlalu peduli dengan penampilan karena pasti kami jadi bahan ejekan.

Blogger Inspiratif

Dalam hidup saya, saya hanya tertarik (sebagai hobi) dengan hal yang berbau internet dan kode untuk membuat template blog. Kedua hal inilah yang membuat saya menjadi seorang blogger yang memiliki passion terhadap sesuatu. Dengan menulis tentang tutorial blog dan bagaimana cara mempercantik blog (www.thechococompany.com/blog) yang khusus saya tujukan untuk wanita, saya berbagi sesuatu hal yang bisa menginspirasi. Alhamdulillah dengan konsistensi menulis di blog, menjadikan saya sepuluh besar finalis Srikandi Blogger 2013.

sb-copyAjang Srikandi Blogger adalah ajang kompetisi antara para blogger wanita anggota Komunitas Emak Blogger, untuk memilih para wanita blogger inspiratif yang konsisten menulis di blog dan memiliki kekhususan dalam talentanya. Acara Srikandi Blogger 2013 ini juga disponsori oleh Wardah, sebuah brand kosmetik halal yang sudah bersertifikat halal MUI dan berkualitas. Pada saat itu saya mendapatkan paket wardah sebagai hadiah sehingga secara tidak langsung memberi efek positif dalam penampilan saya. Kegiatan ini menjadikan saya lebih memahami arti penampilan yang baik terutama dibantu dengan kosmetik halal. Dan setelahnya, pelan-pelan saya mulai memperhatikan penampilan saya dengan make up setiap bepergian. Dengan memakai make up sebagai perawatan dan penampilan setiap hari, menjadikan saya lebih percaya diri dan bisa merawat kulit dengan baik.

Inspirasi Make Up dan Fashion

Hal lain yang membuat saya menjadi seorang yang peduli terhadap penampilan adalah adanya inspirasi dari orang lain. Berawal dari keisengan saya menggunakan social media Instagram yang digunakan untuk berbagi photo dan video. Saya pelan-pelan mulai tertarik untuk mengamati bagaimana para fashion instagrammers memberikan style terbaiknya. Dengan ribuan follower dan online shop yang mengantri untuk meng-endorse, betul-betul membuat saya terpana dan terinspirasi untuk memberikan penampilan terbaik setiap saat.

dp-copy

Dian Pelangi & Dewi Sandra sebagai Brand Ambassador Wardah menggunakan Wardah Beauty

courtesy : http://instagram.com/dianpelangi & http://instagram.com/dewisandra

Diam-diam saya mengagumi Dian Pelangi, Dewi Sandra, Lulu Elhasbu, Lyra Virna dan beberapa seleb hijab di akun instagram mereka masing-masing. Bagaimana mereka tetap tampil cantik, menarik dengan gaya hijabnya. Tidak lupa juga mereka selalu memberikan gaya make up yang cantik dan natural. Apalagi tampilan make up Dian Pelangi yang selalu menggunakan kosmetika halal Wardah yang sudah terjamin kehalalannya. Hal ini menjadikan saya tidak was was untuk selalu tampil cantik dan tidak khawatir mengenai bahan yang dipakai untuk kosmetik karena halal is my life.

Kosmetik Halal MUI

Ditengah maraknya kosmetika dalam dan luar negeri yang menjamur, membuat kita sebagai wanita muslim harus memahami tentang arti halal itu sendiri. Dengan menggunakan kosmetik halal, kita akan menjadi lebih tenang, tidak ragu-ragu, dan sesuai dengan syariat Islam yaitu menjadikan halal is my life. Halal di dalam kosmetik sudah menjadi isu yang serius di negara-negara muslim. Karena banyak ditemukannya penggunaan bahan kosmetika itu sendiri yang tidak sesuai dengan konsep halal di dalam Islam. Bahan-bahan seperti gliserin, gelatin, cairan amnion, ekstrak plasenta, kolagen, alkohol, dan elastin yang digunakan sebagai bahan dasar kosmetika ternyata banyak yang berasal dari hewan bahkan manusia. Maka dari itu harus dapat dipastikan, bahwa bahan yang dipakai tidak berasal dari hewan yang diharamkan yaitu babi.

halal-mui

Untuk mengatasi keresahan para wanita muslim tentang banyaknya kosmetika yang beredar dan belum diketahui halal dan haramnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa tentang penggunakan bahan baku kosmetika. Dengan adanya fatwa dan sertifikasi halal pada produk, wanita muslim di Indonesia akan dapat memakai produk tersebut dengan aman, tenang dan tidak ragu.

MUI mengeluarkan fatwa yang didalamnya ada ketentuan mengenai halal atau tidaknya suatu produk. Pengertian halal di dalam kosmetik menurut Majelis Ulama Indonesia (MUI) sesuai dengan Fatwa MUI tentang alkohol yang dikeluarkan nomor 11 tahun 2009 adalah :

Penggunaan alkohol/etanol hasil industri khamr untuk produk makanan, minuman, kosmetika dan obat-obatan hukumnya haram.

Penggunaan alkohol/etanol hasil industri non khamr (baik merupakan hasil sintesis kimiawi [dari petrokimia] ataupun hasil industri fermentasi non khamr) untuk proses produksi produk makanan, minuman, kosmetika dan obat-obatan hukumnya mubah, apabila secara medis tidak membahayakan.

Penggunaan alkohol/etanol hasil industri non khamr (baik merupakan hasil sintesis kimiawi [dari petrokimia] ataupun hasil industri fermentasi non khamr) untuk proses produksi produk makanan, minuman, kosmetika dan obat-obatan hukumnya haram, apabila secara medis membahayakan.

Selain fatwa tentang alkohol, Fatwa MUI No. 2, Munas IV 30 Juli 2000 tentang Penggunaan Organ Tubuh, Ari-ari, Air Seni Manusia bagi Kepentingan Obat-obatan dan Kosmetika juga memuat keputusan halal mengenai penggunaannya. Keputusan tersebut antara lain :

Penggunaan kosmetika yang mengandung atau berasal dari bagian organ manusia hukumnya adalah haram.

Kepekaan kita terhadap produk halal yang biasa kita gunakan untuk kosmetik berpengaruh pada ketaqwaan kita terhadap Allah SWT, karena sudah jelas bahwa kita diperintahkan untuk mengkonsumsi/memakan hanya yang halal. Pilihan saya tanpa ragu dan tanpa berpikir dua kali adalah produk kosmetik halal Wardah Beauty. Produk kosmetika yang nyata halalnya dengan lambang halal MUI pada kemasan dan jaminan kualitas tanpa khawatir mengenai bahan yang bagus tetapi tidak halal.

Gaya Make Up Sehari-hari

Walaupun pekerjaan sehari-hari saya di lapangan yang tidak membutuhkan make up, saya tetap memiliki koleksi make up untuk keperluan acara undangan ataupun saat jalan jalan dengan keluarga. Koleksi Wardah make up beauty tepatnya, membuat wajah saya yang penuh dengan noda hitam akibat terpapar sinar matahari ditutup dengan sempurna oleh rangkaian produk lembut dan berkualitas.

wardah2

Kulit saya yang cenderung kering normal, kondisi permukaan yang penuh dengan noda hitam dan kebutuhan akan perlindungan UV A dan UV B membuat saya berhati-hati dalam memilih make up yang tepat. Akan tetapi Wardah ternyata memiliki semua yang saya butuhkan. Lightening produknya membuat kulit wajah saya menjadi lebih cerah, foundation liquidnya menutup noda hitam di wajah saya dengan sempurna, tidak lupa suncreen gelnya yang cepat menyerap di kulit akan selalu memberi perlindungan maksimal dari paparan sinar matahari. Secara lengkap berikut adalah rangkaian make up produk yang rutin saya gunakan sehari-hari :

Wardah lightening milk cleanser

Dengan menggunakan cleanser, akan membersihkan semua kotoran yang menempel di wajah. Terasa segar dan mudah diaplikasikan dengan kapas.

Wardah lightening face toner

Menyegarkan wajah dan melembabkan sebelum diaplikasikan make up.

Wardah sunscreen gel

Memberikan perlindungan menyeluruh akibat paparan sinar matahari yaitu efek buruk UV A dan UV B.

Wardah luminous liquid foundation

Menutup noda hitam dan membuat rata warna kulit (very recommended).

Wardah luminous face powder

Bedak tabur yang menghilangkan efek minyak dan menjadikan kulit terlihat lembut dan flawless.

Wardah eye shadow A

Warna-warna cerah, terang, dan lembut untuk digunakan sehari-hari.

Wardah blush on D

Warna natural, lembut, alami tanpa terlihat berlebihan.

Wardah eyeliner pencil brown

Mempertegas garis mata dengan warna natural.

Wardah lipbalm strawberry

Mengatasi kekeringan pada bibir, lembut digunakan sehari-hari.

Wardah wonder shine 02

Warna nude natural yang memberikan efek kilap yang tidak berlebihan.

Make up sehari-hari yang saya gunakan adalah konsep natural look yaitu simple make up yang menghasilkan tampilan segar, tipis, dan minimalis yang mudah diaplikasikan dan tidak memakan waktu yang lama. Sapuan blush on yang tipis, eye shadow warna natural dan lipgloss nude adalah favorit saya. Dengan tampilan ini, saya percaya diri untuk melakukan kegiatan diluar rumah yang menyenangkan dan nyaman digunakan untuk sehari-hari.

sh-copy

Tampilan natural membuat wajah saya yang lelah akibat bekerja menjadi lebih segar dan ceria. Kegiatan ber-make up menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan buat saya, karena dapat merubah total penampilan saya yang luar biasa berantakan menjadi cerah dan segar hehehe. Bagaimana saya melakukannya ? Tahapan make up sederhana yang simple, tidak memakan waktu lama dan tentu saja menggunakan produk berkualitas yaitu Wardah. Yuk nonton inspirasi make up natural yang sehari-hari saya lakukan 🙂

wardah1

Ternyata dengan memperbaiki diri saya ke arah yang baik dengan memperhatikan penampilan, saya mendapatkan banyak support positif dari teman-teman, sahabat dan sesama blogger. Support ini menjadikan saya lebih rajin dan lebih percaya diri untuk merawat dan mempercantik kulit wajah saya. Penampilan inilah yang terkadang menjadi inspirasi bagi wanita untuk tetap merawat dan menjaga kulit wajah serta mempercantiknya dengan kosmetik halal.

Itulah kenapa saya menyukai make up, karena semakin bertambahnya umur dan kualitas udara luar yang semakin berpolusi maka kebutuhan akan perawatan dan kecantikan menjadi salah satu hal yang penting bagi wanita. Dan ternyata dengan berpenampilan menarik akan mampu menjadi inspirasi bagi orang lain. Jadi, apa inspirasi make up cantikmu sehari-hari?



 

Disclaimer! Tulisan di luar tanggung jawab Wardah Cosmetics dan BLOGdetik

Sumber/Referensi :

http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/13/09/04/mslop8-inilah-fatwa-mui-soal-kosmetik-obat-dan-rekayasa-genetik

http://www.facebook.com/notes/must-be-halal/bahan-haram-dalam-kosmetika-dan-obat/322871813651

http://www.vemale.com/body-and-mind/cantik/23269-4-rekomendasi-kosmetika-halal-untuk-kulit-cantikmu.html