Perempuan yang memiliki hobi traveling sedari muda, bahkan saat belum menikah, biasanya terhenti saat memiliki anak. Apalagi saya yang waktu itu memiliki Aliya dan Rafi dalam jangka waktu setahun, rasanya ngga punya waktu untuk sekedar memikirkan liburan. Tentunya dengan pertimbangan bakalan repot atau ngga tega meninggalkan anak. Jadilah setelah enam tahun kemudian, saya baru bisa liburan lagi dan bahkan sekarang selalu mengajak anak-anak setelah mereka besar.

Jaman anak-anak saya lahir, informasi internet dan blog terutama untuk traveling, tidak semasif seperti sekarang. Apalagi yang menulis tentang liburan bersama anak-anak yang masih bayi dan balita. Makanya saat menemukan harga tiket yang cocok dan destinasi yang oke di Skyscanner, saya jadi mikir berkali-kali untuk membeli karena takut anak-anak ngerasa ngga nyaman dan ngga cocok.

Dengan banyaknya info seperti sekarang, harusnya sudah lebih mudah membawa bayi bepergian. Nah, mumpung saya lagi hunting beberapa lokasi liburan untuk anak rentang usia 7-10 tahun, saya tulis juga sekalian destinasi wisata khusus yang mau bawa bayi. Karena membawa bayi traveling itu ribet dan harus batul-betul picky. Jadilah ini catatan saya tentang 6 destinasi wisata yang baby-friendly dari berbagai negara.

Aulani (Oahu, Hawaii)

Sumber Gambar: Resort Disney

Aulani adalah Resort & Spa yang dibangun Disney di Kepulauan Oahu, Hawaii. Salah satu resort yang menyenangkan jika ingin membawa bayi ke sebuah pulau karena ngga repot. Si kecil bisa bermain dengan berbagai macam karakter Disney yang lucu di sekitar kolam renang. Jadi dia ngga bakal bosan karena semua anak kecil apalagi bayi, suka dengan karakter Disney khan hehehe.

Selain itu, di situ juga bisa menyewa stroller supaya ngga kecapean menggendong bayi. Berbagai kebutuhan bayi juga bisa dibeli di toko di dalam resort. Yang serunya sih, ada jasa mengajarkan orang tua bagaimana memijat bayi untuk melancarkan pencernaan dan juga menidurkan bayi. Ih seruu kan!

Loews Royal Pacific (Orlando, Florida)


Sumber Gambar: Loewshotels

Kali ini, resort yang diperindah oleh pasir dan pohon palem ini terletak di dalam taman bermain Universal Orlando. Tak hanya itu saja kelebihan yang bisa didapatkan di Universal Orlando ini, kita bisa meminjam mainan, tempat tidur, atau kereta bayi secara gratis loh!

Saat makan malam pun, kalau butuh makanan untuk bayi, kita bisa meminta pegawai untuk membuat makanan menjadi bubur hihihi. Selain itu, anak-anak juga akan ditemani bermain dengan karakter Universal seperti Spiderman. Pasti asik dan betah deh liburan di sini.

Tyler Family Place Resort (Vermont, USA)


Sumber Gambar: Tylerplace

Resort yang satu ini, sudah memenangkan penghargaan untuk anak loh. Keindahan tempatnya sangat alamo dan memiliki berbagai macam program untuk anak. Tidak heran, resortnya menjadi salah satu destinasi terbaik untuk keluarga selama lebih dari 80 tahun.

Dan bawa bayi di sini ngga repot. Karena semua perabotan untuk keperluan bayi, dipinjamkan secara gratis. Bahkan bisa sewa babysitter juga kalo merasa lelah dan ingin gantian menjaga. Yang lucunya, ada banyak sekali aktivitas dan program untuk keluarga. Contohnya adalah membuat cetakan tangan dan kaki bayi. Ihh seruu banget ya. Bisa jadi suvenir liburan yang bisa dikenang banget nih.

Club Med Ixtapa (Zihuatanejo, Mexico)


Sumber Gambar: Elitemeetings

Club Med Ixtapa yang berada di Mexico juga memiliki pemandangan yang tidak kalah cantik. Apalagi membawa bayi, dijamin bebas khawatir karena terdapat baby-care center yang buka selama 24 jam setiap harinya. Jadi bisa mensterilisasikan botol susu atau mengambil makanan bayi untuk si mungil.

Tidak hanya itu, kita pun bisa memanjakan diri di SPA yang ada di club tersebut. Trus bayinya dikemanain dongs? Eits, tenang aja. Karena ada pegawai yang siap mengasuh bayi dengan sangat berhati-hati. Ngga perlu khawatir kok, karena Club karena Club Med Ixtapa ini telah memenangkan penghargaan untuk program bayinya.

La Costa Resort and Spa (California, USA)


Sumber Gambar: CPP Luxury

Resort cantik yang berada di Carlsbad, California ini juga bisa menjadi salah satu pilihan destinasi traveling bersama bayi. Sama seperti sebelumnya, di sini juga bisa memesan berbagai kebutuhan bayi seperti popok sekali pakai sampai makanannya.

Ada juga air mancur dimana kamu bisa bermain air bersama si mungil ataupun bersantai di pasir sebelahnya. Selain itu, ternyata di sini ada jasa konseling nutrisi untuk menjaga berat badan bayi dengan tepat! Suka bingung kan, kenapa sesama bayi kadang ngga sama berat badannya. Nah, bisa deh di sini sekalian konsultasi dengan ahlinya.

Royal Caribbean Cruises


Sumber Gambar: Cruise Critic

Berbeda dengan sebelumnya, traveling bersama bayi yang bisa dicoba ini bukan merupakan tempat destinasi. Di tempat ini, sekeluarga bisa menikmati waktu bersantai dengan berbagai fasilitas yang tersedia dalam kapal cruise yang berlabuh tersebut. Terdapat berbagai destinasi yang dituju oleh kapal ini, mulai dari Asia, Alaska, Australia, New Zealand, hingga Eropa.

Selain menyediakan berbagai tempat bermain anak-anak, ada program spesial untuk bayi yang berusia 6 hingga 36 bulan yang tersedia pada jenis kapal-kapal cruise tertentu seperti the Oasis of the Seas, Allure of the Seas, Freedom of the Seas, Liberty of the Seas, Radiance of the Seas, dan Splendour of the Seas.

Ternyata ya, banyak juga tempat wisata yang sangat baby-friendly. Mulai menyediakan kebutuhan bayi sampai konseling. Kalau sudah tahu info seperti ini, kayaknya sudah saatnya hunting tiket kan. Khususnya buat mommy yang punya bayi tapi pengen plesiran wekekek.

Dan untuk urusan tiket pesawat, paling praktis memang mencarinya secara online! Selain nggak perlu repot membawa-bawa si kecil ke agen travel, banyak fitur menarik yang bisa digunakan untuk mendapat kualitas atau harga terbaik. Seperti Skyscanner yang memiliki fitur seperti “Price Alert” dimana kita akan mendapatkan notifikasi setiap tiket incaran mengalami perubahan harga. Jadi, bisa mendapatkan harga terbaik deh sebelum memesan!