Ada banyak penginapan di Singapura. Sebagai salah satu tujuan wisata yang ramai dikunjungi, Singapura menerapkan standar yang ketat untuk hotel dan hostelnya. Mulai dari hotel berbintang lima, sampai hostel untuk para backpacker rata-rata memiliki fasilitas lengkap dan memadai. Bagi budget traveler, penginapan bukan suatu hal yang penting karena tentunya akan lebih banyak menghabiskan waktu diluar dan penginapan hanya sebagai tempat peristirahatan saja.

Hostel adalah pilihan tepat untuk menginap bagi para budget traveler. Dengan beberapa pilihan tempat tidur berasrama (dalam satu kamar bisa berisi 4 sampai dengan 8 orang), kita bisa mendapatkan harga yang murah dan keamanan barang karena lemari dilengkapi dengan security access. Hostel standar dilengkapi dengan kamar mandi diluar atau didalam, air panas, wifi gratis dan laundry (berbayar). Jika perginya ramai-ramai atau maksimal 4 orang bisa mendapatkan kamar tersendiri. Akan tetapi jika bepergian sendiri atau berdua bisa bergabung dengan traveler lainnya. Untuk yang wanita tidak perlu khawatir karena ada kamar tersendiri yang tergabung dengan traveler wanita lainnya.

Cara mengetahui lokasi, fasilitas, dan untuk membooking hostel atau hotel dapat dilakukan seminggu sebelum keberangkatan atau bahkan setelah membeli tiket pesawat. Gunakanhostelworld atau hostelbookers untuk membooking kamar terlebih dahulu. Melalui agen hostel tersebut, kita tidak perlu membayar penuh di depan. Artinya kita hanya membayar biaya bookingnya saja sebesar 10% dari total biaya dan sisanya dibayar pada saat tiba di penginapan.

Apabila menggunakan Agoda untuk membooking hostel, kita diharuskan membayar full pada saat booking. Hal ini bisa menguntungkan kalau nilai tukar rupiah sedang bergejolak alias tidak menentu. Kita bisa membooking dan  membayar pada saat rupiah sedang bagus, sehingga meminimalisir kerugian jika membayar langsung di hostel dan pada saat itu rupiah sedang turun.

Berikut tips untuk memilih hostel yang bagus dan tepat untuk peristirahatan :

  1. Sempatkan waktu untuk browsing di hostel bookers.
  2. Bandingkan harga antara satu hostel dengan yang lain, tentunya dengan fasilitas yang sama atau berbeda
  3. Baca dengan jelas apakah hostel tersebut memberikan sarapan gratis dan wifi yang gratis juga, karena keduanya jelas akan menghemat pengeluaran
  4. Gambar memang berbicara, tapi pahami dengan jelas apakah gambar dengan deskripsinya memang sama. Misalnya ada kompartemen yang tidak memiliki pintu tetapi tirai sebagai pembatas dan hal ini tidak terlihat di gambar
  5. Jalur akses juga harus diperhatikan. Berapa lama jarak ke halte atau stasiun MRT terdekat. Berapa lama waktu tempuh dari bandara. Dan apakah mudah diakses atau harus berjalan kaki lagi dengan jarak yang cukup lumayan.

Setelah mendapatkan hostel yang cocok dan dirasa tepat, jangan lupa untuk mencetak semua keterangan booking, peta dan jalur transportasi yang dibutuhkan setelah membayar. Hostel yang baik akan memberikan banyak petunjuk jalan dan transportasi yang dikirim melalui email dan memudahkan para traveler dalam perjalanan. Lebih bagus lagi jika hostel tersebut mengirimkan tempat kunjungan wisata di Singapura dan memberikan petunjuk arah untuk menuju ke sana dari hostel tersebut.

Dengan melakukan riset kecil-kecilan dan memahami jalur transportasi akan memudahkan dan menghemat waktu, sehingga kita lebih siap dalam perjalanan dan meminimalisir kesalahan seperti tersesat dan over budget.

0 0 vote
Article Rating