Blogspot adalah platform paling sederhana dan mudah untuk digunakan. Ngga ribet dan praktis kalau mau membuat blog. Apalagi kalau kemampuan teknisnya terbatas atau yang memang hanya ingin fokus pada konten. Kapasitas yang sepertinya tidak terbatas ini, cocok banget digunakan kalau suka dengan gambar yang ukuran besar dan kualitas tinggi.

Sayangnya memang ada beberapa hal yang tidak dapat dilakukan di blogspot, akan tetapi masih sangat bisa ditambahkan script pendukung. Tapi kenapa saya bilang keep it simple alias biarkan apa adanya?

Jadi begini, menurut saya sih ya, blogspot ini memang dibuat dengan kondisi platform yang mudah dan sederhana. Standarnya sudah sangat membantu untuk membuat blog yang paling sederhana sekalipun. Jadi akan sangat rumit dan complicated kalau menambahkan banyak sekali ini itu, yang sifatnya additional.

blogging-dengan-blogspot

 

Saya sendiri sebetulnya merasa kerepotan dengan modifikasi template blogspot yang terlalu complicated. Selain karena harus banyak sekali menambahkan script, lagi-lagi saya merasa itu percuma.

Pertama, karena blogspot didesain untuk loading yang cepat dan ringan karena hanya berupa kode dasar saja. Kalau ditambahkan script akan menjadi berat. Sehingga fungsi utama sebagai blog yang mudah diakses akan terganggu.

Kedua, tampilan responsivenya custom design tidak sempurna. Artinya, memang bisa terlihat responsive, tapi harus dites dibanyak browser dan mobile device. Hasilnya? Tidak sesempurna WordPress dan sesekali keluar full site, malah yang tampil adalah mobile site bawaan Blogspot. Alhasil, coding css responsivenya jadi percuma 🙁

Ketiga, ada banyak template Blogspot dengan berbagai macam fitur dan dibenamkan banyak sekali script, yang prinsipnya menyerupai fitur WordPress. Sayangnya, tidak semua hasilnya sempurna. Malah akan merepotkan dan membuat blog menjadi sangat berat.

Keempat, sudah berkali-kali saya membeli template premium khusus blogspot. Dan sayangnya, tidak ada yang sempurna. Rata-rata masih banyak bugs dan tidak terlalu nyaman, baik dalam navigasi atau tampilan.

Solusinya gimana?

Saya sendiri menghindari terlalu banyak editing kode dan memasukkan berbagai jenis script. Karena yang paling utama adalah kecepatan konten dan tampilan di mobile. Sehingga, saya akan selalu menggunakan bawaan simple template, untuk kemudian dimodifikasi.

Biasanya saya memulai dengan template dasar, yaitu simple template dengan ukuran lebar disesuaikan. Baru kemudian mengubah seluruh tampilannya dengan kode CSS. Sebetulnya ini sangat simple dan tidak memakan banyak kode. Karena yang diubah hanya font, posisi bagian, dan menambahkan beberapa gambar/icon saja.

Jadi praktis, saya jarang sekali menggunakan script yang rumit, seperti slider yang jumlahnya banyak, newticker, dan berbagai macam modifikasi yang malah membuat blognya berat dan susah navigasinya.

Saran saya sih ya, untuk penggunaan blogspot, sepertinya tidak diperlukan template yang premium banget atau yang dibeli mahal karena adanya fitur yang menyerupai WordPress. Percayalah, itu tidak akan sama hasilnya. Lebih baik, menggunakan jasa untuk custom design saja seperlunya. And keep it simple ya!