Saya akrab dengan dunia blogging sejak Tahun 2006. Mulai coba-coba membuat blog sendiri di blogger yang saat itu belum diakuisisi oleh Google Inc. Berisi hal hal remeh temeh yang kebanyakan tentang celoteh saya di pagi, siang dan malam hari, karena saat itu saya baru lulus dan banyak sekali waktu luang di sela-sela perjuangan saya mengikuti tes diberbagai BUMN dan BUMD. Banyak yang bilang tulisan saya saat itu adalah lugas, tepat sasaran dan tidak bertele-tele karena memang begitulah saya adanya :).

Sebagai seorang blogger wanita, penting bagi saya untuk memperhatikan penampilan walaupun saya bukan seorang fashionista. Tidak hanya penampilan saya sehari-hari, sayapun memberi perhatian lebih terhadap blog yang menjadi rumah saya di dunia maya. Berbekal keingintahuan saya, mulailah pencarian saya di Google satu persatu tentang apa yang ingin saya ketahui terutama dalam hal mendesain blog (HTML dan CSS). Ternyata hal tersebut buat saya tidaklah terlalu sulit saya pahami, bahkan semakin besar keingintahuan saya semakin sedikit ilmu yang saya dapatkan.

Puas dengan menaklukkan blogger yang notabene layanan gratis, saya semakin tertantang untuk mencoba mendesain layanan blog premium dengan menggunakan WordPress. Alih alih mendapatkan teman wanita juga yang sesama penggemar HTML dan CSS, saya baru menyadari bahwa dunia ini didominasi oleh para pria terutama di Indonesia. Saat itulah saya bertekad, bahwa seorang wanitapun juga bisa melakukan hal yang sama seperti halnya seorang Srikandi dalam Pewayangan Jawa yang berjuang di medan perang yang didominasi oleh para pria. Terlebih lagi jumlah blogger wanita di Indonesia semakin lama semakin meningkat, seiring dengan perkembangan teknologi yang banyak melibatkan wanita sebagai pengguna, yang akrab dengan kehidupan sehari-hari. Semakin besar pula keinginan saya untuk menjadi seperti seorang Srikandi yang merupakan sosok suri tauladan bagi prajurit wanita.

Seorang blogger wanita profesional menjadi salah satu impian dan cita-cita saya di dunia blogging, dimana kegiatan blogging tidak hanya sekedar menceritakan pengalaman akan tetapi menjadi jembatan saya untuk berbagi ilmu, memberikan informasi yang berkualitas tepat sasaran dan konsisten dalam menghasilkan karya terutama di bidang blog dan web desain. Fokus hanya dengan kebutuhan wanita dalam berblogging menjadi perhatian saya, karena saya mengerti betapa susahnya menemukan seseorang yang memahami keinginan wanita.

Sebuah ajang Pemilihan Srikandi Blogger 2013 yang diadakan oleh Kumpulan Emak Blogger yang mengangkat keberadaan wanita di dunia maya membuka mata saya akan arti eksistensi. Dimana jika sebelumnya seorang wanita di dunia blogging hanya dianggap “menyampah” dengan segala curhat, keluhan dan obrolan gosip ala wanita, ajang ini menjadi pembuktian bahwa kami para wanita tidak hanya sekedar numpang lewat akan tetapi mampu menghasilkan sebuah karya yang patut untuk diakui di dunia maya dan dihargai eksistensinya.

Pemilihan Srikandi Blogger 2013 merupakan ajang yang bagus untuk mengenalkan bahwa kami seorang Emak, Ibu, Bunda, Ummi dan panggilan lain kepada seorang wanita yang sudah menikah, selain berkutat dengan kehidupan rumah tangga yang tiada habisnya, merawat dan mendidik buah hati, mampu juga untuk eksis dalam pergaulan komunitas dan lingkungan internet yang positif tanpa harus meninggalkan kewajiban sebagai seorang ibu rumah tangga.

Menjadi salah satu dari 50 nominasi Srikandi Blogger 2013 sudah merupakan penghargaan terbaik untuk saya, dimana sebetulnya saya kurang memperhatikan arti eksistensi, karena buat saya, apa yang saya lakukan merupakan keinginan tulus untuk memberikan sesuatu yang saya miliki agar dapat berguna bagi semua wanita khususnya para blogger wanita. Mudah-mudahan saya akan terus dapat konsisten dalam dunia blogger. Terus konsisten memberikan ilmu yang saya punya untuk dibagi. Terus konsisten menjawab setiap pertanyaan yang menjadi kendala seorang blogger. Terus konsisten membantu blogger wanita untuk memasarkan produknya di dunia maya. Terus konsisten untuk membantu dan terus membantu setiap blogger wanita apapun itu bentuknya. Dan yang terakhir adalah terus konsisten menghasilkan karya-karya yang apik dan berkualitas tinggi di mata wanita.

Tanpa harus menjadi seorang Srikandi Blogger pun, tentunya saya akan selalu memberikan karya terbaik saya dalam dunia blogging seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin jauh berkembang. Dengan jumlah blogger wanita yang terus meningkat, bukan tidak mungkin bahwa jumlahnya akan terus bertambah dengan adanya kesadaran bahwa keluarga jauh lebih penting. Sehingga banyak dari seorang emak yang menjadikan dunia maya (online) sebagai sarana untuk berkreasi bahkan menghasilkan pendapatan yang tidak sedikit walaupun mereka tidak keluar rumah dan tentunya selalu ada di tengah-tengah keluarga.

Jika memang saya pantas menjadi seorang Srikandi blogger 2013, sungguh merupakan impian saya yang menjadi nyata. Karena bagaimanapun blogging sudah merupakan bagian hidup saya yang tidak terpisahkan. Semangat berblogging akan terus saya tebarkan entah sebagai Srikandi blogger ataupun tidak. Dan menjadi salah satu keluarga besar KEB akan menjadi suatu wadah yang sesuai dengan harapan saya, yaitu berkumpul dengan sesama blogger pecinta tulisan indah dan sarat akan ilmu.

Tidak banyak orang yang tau khususnya para wanita yang menyadari bahwa dengan mempunyai kegiatan menulis di blog akan dapat meringankan beban berat yang setiap hari kita alami. Dibandingkan dengan berkeluh kesah di sosial media apalagi berdoa, ngeblog merupakan kegiatan jangka panjang yang akan terus tersimpan selama kita mau melihatnya sebagai jalan panjang yang sudah dilalui.

Disinilah peran yang ingin saya dapatkan, menuntun bagaimana kegiatan blogging dapat menjadi bagian hidup setiap wanita, menjadi kegiatan yang menyenangkan di sela-sela kegiatan padat, berkumpul dengan komunitas positif yang akan saling mendukung satu sama lain. Tidak lupa tentunya untuk mengajarkan bagaimana memulai tulisan pertama, belajar mengatur tampilan blog, belajar untuk menampilkan potret kehidupan yang sudah kita lalui bahkan mengajarkan pula bahwa kegiatan bloggingΒ dapat menjadi sumber penghasilan. Sudah saatnya wanita blogger berkarya menghasilkan suatu yang dapat dibanggakan.

Sudah menjadi cita-cita saya juga untuk terus berdedikasi di dunia blogging, setiap harapan saya tumpahkan pada hasil karya yang saya buat. Harapan besar bagi saya untuk terus berkarya dan meninggalkan kegiatan utama saya sebagai seorang karyawan walaupun memang sebuah kedudukan sulit untuk ditinggalkan. Menjadi full time mother dan full time bloggerΒ adalah impian besar saya sehingga saya akan terus bersama keluarga, melihat tumbuh kembang putra putri kecil saya, dan senantiasa berada di samping suami tercinta selayaknya Ibu Ainun yang setia mendampingi suami kemanapun beliau pergi.

Because we are ladies and we are not girls.