Punya anak hebat tentunya dambaan setiap orang tua. Inginnya memang setiap anak menjadi istimewa, berprestasi, dan membanggakan orang tua. Namun seperti yang kita tahu, kalau setiap anak itu berbeda. Berbeda keistimewaannya, berbeda kemampuannya, berbeda prestasinya. Sudah tidak jaman kalau melihat prestasi anak saat ini hanya dari bidang akademik saja. Jadi tugasnya orang tualah untuk bisa mengembangkan kemampuan yang dimiliki oleh si anak.

Peer penting bagi orang tua, kita harus menemukan bakat anak pada usia 7 sampai 12 tahun. Di masa inilah mereka sedang dalam masa transformasi yang memiliki potensi luar biasa secara kognitif, sosial, emosional, dan fisik. Menurut DR. dr. Soedjatmiko, SpA(K), Msi, Dokter Spesialis Anak Konsultan Tumbuh Kembang – Pediatri Sosial Magister Sains Psikologi Perkembangan, pada masa tersebut itu, mereka sedang berusaha untuk mengembangkan kemampuan dan pertumbuhan fisik mereka.

Sayangnya, para orang tua terkadang tidak memperhatikan gizi anak-anak pada usia ini. Sehingga menurut penelitian, bahwa anak-anak mengalami kekurangan asupan energi dan protein. Jumlahnya 11,2% mengalami kekurangan gizi dan 26,4% mengalami anemia. Bahaya dari kekurangan asupan energi dan protein ini, seorang anak ternyata akan mengalami resiko terhambatnya pertumbuhan. Padahal kunci dari perkembangan dan pertumbuhan adalah asupan nutrisi yang seimbang dan tepat.

Apalagi pola asuh yang sudah turun temurun juga ikut mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhannya. Padahal menurut Dr. Lucia RM Royanto MSi, MSpEd, Psikolog Pendidikan, diperlukan peran besar dari orang tua untuk mengembangkan dan membimbing anak-anak. Sayangnya, sekarang kita lebih fokus pada sisi akademik di sekolah. Yang seharusnya kita mampu memberikan ruang gerak untuk berekplorasi lebih baik dan lebih banyak. Dan pada akhirnya, anak akan menjadi orang spesial melalui cara mereka sendiri. Baca 9 Multiple Intelligence.

Contoh yang paling nyata, dengan asupan nutrisi, dukungan orang tua, dan kemampuan anak untuk mengembangkan diri mereka adalah para anak hebat yang merupakan role model dari A-VENTURERS. Sebuah perwujudan karakter dari Anchor Boneeto yang mengkampanyekan tentang Tumbuh Aktif, Temukan Hebatmu. Dalam kampanye yang diluncurkan pada hari Rabu tanggal 13 April lalu di Lotte Avenue, Achyut Kasireddy, Presiden Direktur, Fonterra Brands Indonesia, menyampaikan bahwa minat dan bakat dalam diri setiap anak dapat ditemukan dan digali. Dan Fonterra ingin membantu mewujudkan mimpi setiap anak.

aventurers

Anak-anak hebat yang sedari kecil ditemukan bakatnya ini terdiri dari 4 orang anak yang mencitrakan 4 karakter dari A-Venturers. Antara lain: Almendo seorang atlit Taekwondo Internasional, Olivia Quantum yang selalu menang kompetisi musik, Sheva Anela seorang rider cilik perempuan, dan Anindita pemenang Olimpiade Matematika. Anak-anak hebat ini, tidak hanya cukup nutrisi dan memiliki bakat saja, tapi dukungan orang tua yang tidak pernah putus dan selalu memiliki cara mengembangkan apa yang mereka miliki.

Tentunya itu tidak mudah, karena seperti yang diakui oleh ibu Almendo yang asli dari Ambon, bahwa menerima kenyataan anaknya ingin menjadi atlit tentunya tidak mudah. Karena menurut anggapan ibu Almendo, masa depan atlit kurang begitu cerah. Namun karena Almendo terus memberikan prestasi yang terbaik dan mampu menunjukkan bahwa Taekwondo bisa menjadi jalan hidupnya untuk saat ini, akhirnya ibu Almendo bisa menerimanya. Tidak mudah memang bisa mengarahkan dan memberikan jalan yang terbaik untuk kemampuan anak. Tapi sebelum terlambat, temukan bakat dan hebatnya anak sebelum usia 12 tahun.

0 0 vote
Article Rating