Hari gini, katanya lebih baik ketinggalan dompet daripada ketinggalan smartphone. Hahaha, ini sih saya. Sudah berulang kali ketinggalan dompet kok rasanya cuek aja. Karena uang sekarang kan bentuknya ngga melulu fisik. Tapi bisa dalam bentuk saldo di apps ojek online, kartu uang elektronik, sampai mobile banking. Sering sih, biasanya kalo ngga bawa dompet, saya minta bayarin temen dan langsung transfer melalui smartphone. See, ngga ada ribetnya ngga bawa dompet, tapi jadi galau bin gelisah kalo ngga bawa smartphone.

Generasi Y (lahir awal 1980 hingga awal 2000) seperti saya dan sangat teknologi minded, hal seperti transaksi perbankan tentunya ingin yang praktis. Jadi dengan bantuan teknologi, sudah banyak hal yang saya lakukan untuk membuat segalanya menjadi lebih sederhana. Sesederhana hanya dengan smartphone. Dan hal ini jugalah yang menjadi pertimbangan BCA melakukan inovasi terbarunya dalam sistem pembayaran yang lebih mudah. Sakuku menjadi produk yang khusus diciptakan untuk kemudahan layanan perbankan hanya melalui smartphone. Dompet? Atm? Kartu Debit? Kartu Kredit? Lewat deh hahaha.

Sakuku, Dompet Elektronik di Smartphone

Belum lengkap kayaknya kalau sudah punya Debit BCA, Kartu Kredit BCA, Flazz BCA, tapi belum punya Sakuku. Solusi kalau ketinggalan kartu-kartu tersebut di dalam dompet. Jadi tinggal buka Sakuku untuk melakukan kegiatan belanja, bayar tagihan, dan juga transaksi perbankan. Masih bingung apa itu Sakuku? Jadi Sakuku adalah dompet elektronik yang berupa aplikasi di smartphone untuk kemudahan transaksi. Transaksinya apa aja? Bisa buat belanja, membayar berbagai tagihan, dan isi pulsa.

Merchant yang sudah menerima Sakuku juga sudah banyak. Dari restoran seperti Bakmi GM sampai Apotek di Apotek K24. Selain itu juga bisa dipakai di Alfamart juga loh. Kalau online, merchantnya sudah ada Bhinneka, Blibli, Kaskus, Dinomarket, Perkakasku, dan Raja Game. Cek list merchant. Sakuku bisa didownload di Play Store dan App Store. Praktis, mudah, dan gratis.

Untuk lebih asik lagi menggunakan Sakuku, bisa upgrade menjadi Sakuku Plus nih. Kelebihannya apa sih? Bisa memiliki maksimal limitnya 5juta dan transfer sesama akun Sakuku. Selain itu juga bisa patungan bayar bill dengan fitur split bill dengan teman yang sudah mengaktifkan Sakuku Plusnya. Yang paling keren, bisa ambil uang tanpa kartu loh di ATM BCA yang memiliki logo Sakuku. Maksimal yang bisa diambil 1,25juta dengan kelipatan uang 50rb. Duh, beneran say good bye sama kartu dan dompet kalau lagi ketinggalan nih hehehe.

Upgrade menjadi Sakuku Plus itu mudah. Buat yang sudah memiliki akun mobile banking BCA dan nomornya sama dengan Sakuku, akan otomatis diberikan penawaran upgrade menjadi Sakuku Plus jika sudah aktif bertransaksi minimal satu bulan terakhir. Selain itu, bisa juga dengan cara mengaktivasi di aplikasi Sakuku atau paling mudah tinggal datang ke kantor cabang BCA terdekat dengan membawa KTP. Oia, ini bisa untuk non nasabah juga loh.

prima-bcaSaya sendiri juga baru tahu nih infonya Sakuku dari acara Ngabuburit Bareng Blogger Jakarta bersama BCA dan BBlog kemarin hari Selasa tanggal 28 Juni di Ocha & Bella Wahid Hasyim. Padahal produknya ini sudah diluncurkan setahun yang lalu, tapi makin disempurnakan dengan adanya Sakuku Plus sebagai tambahan fiturnya. Selain informasi tentang Sakuku yang disampaikan oleh Bapak Prima dari BCA, ada Reza Sadha juga yang sharing tentang aktivitasnya sebagai Youtuber.

 

Tip Menjadi Vlogger ala Reza Shada

Ngabuburit bareng blogger kemarin selasa itu seru banget loh. Karena hadiahnya banyak hahaha. Ada live tweet competition, Instagram competition, dan doorprize yang hadiahnya Flazz edisi khusus berserta isinya. Sayang, saya belum beruntung huhuhu. Tapi ngga kecewa sih, karena ada Reza Sadha yang bagi-bagi tip kerennya dia untuk mendapatkan subscriber dan eksis di Youtube. Ssstt, sekarang tuh subscribernya si Reza sudah mencapai 60rb di akun pribadinya dan 600rb di akun Last Day Production dalam 2 tahun. Keren banget yah.

sakukuSelain blogger, vlogger juga menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan. Terutama bagi yang menyukai visual dan juga senang tampil. Sayangnya mungkin kebanyakan blogger lebih suka menulis ya dibandingkan dengan tampil di layar. Tapi Reza punya tipnya nih, ngga harus kita yang punya channel kok yang muncul di video. Bisa juga dengan minta bantuan teman untuk ngomong atau hanya memperdengarkan suaranya. Kalau masih ngga pede, bisa juga dengan tulisan aja.

Memulai dari dua tahun yang lalu, Reza selalu membajak smartphone temen-temennya untuk menambah subsriber dan memaksakan mereka men-share videonya. Hal itu terus dilakukan sehingga membuat banyak orang penasaran dengan videonya karena banyak yang men-share dan berakhir dengan berlangganan. Tip yang mudah ini, berkali-kali dilakukan oleh Reza. Katanya cuek aja dan pede hehehe.

reza-shada

Mengenai tema video, Reza mengangkat tema vlog daily. Yaitu bercerita tentang kesehariannya. Pada awalnya dulu Reza membuat video komedi untuk Last Day Production, kemudian banyak sekali yang suka. Akhirnya tema sekarang yang dibuat oleh Reza adalah tema-tema sehari-hari yang dialami generasi muda saat ini. Yah semacam tema galau gitu hehehe. Tapi tentu saja tidak asal, karena Reza selalu mencatat dan merencanakan terlebih dahulu apa saja yang ingin lakukan.

Seperti video yang baru tayang tanggal 21 kemaren ini, Reza membuat video tentang puasa. Reza melakukan puasa seharian untuk menghormati subscribernya yang sedang berpuasa juga. Jadi dibuatkanlah video khususnya. Seru sih, karena jadi tahu kalau memang tidak biasa puasa sedari kecil, berat loh menahan lapar dan haus. Eh ngga itu aja khan sebenernya makna puasanya hehehe. Video lainnya yang dibuat memang lebih sederhana tapi temanya yang menarik. Seperti tentang cinta, keluarga, dan teman-teman.

Menurut Reza, supaya video kita banyak yang menonton, penting banget memiliki thumbnail yang oke dan judul yang eye catching. Karena akan meningkatkan jumlah viewer hanya dengan melihat judul serta thumbnailnya. Selain itu, hargailah para subscriber yang sudah meluangkan waktu untuk menonton video kita. Seperti misalnya rajin upload video rutin dan selalu mencari ide-ide baru untuk ditonton.

Satu lagi, yang menjadi tip penting Reza adalah keberanian. Karena banyak sekali loh orang yang akan berkomentar bermacam-macam dan buka channel hanya untuk dislike loh. Memang kejam ya hehehe. Tapi kalau memang sudah niat dan lebih banyak yang suka, yukk terus maju dengan konten kreatif ya.

BCA