Jika kita sedang melakukan kunjungan untuk berlibur di Malang, hal yang paling sering dituju oleh banyak orang adalah untuk menikmati keindahan alam di gunung Bromo. Namun, tidak sedikit juga yang sengaja mengunjungi Malang untuk mendaki gunung Semeru dengan puncak Mahamerunya yang merupakan tanah tertinggi di pulau Jawa. Akan tetapi masih sedikit orang yang mengetahui tentang objek wisata alam air terjun yang cukup indah di kawasan sekitar taman nasional Bromo Tengger Semeru itu. Air terjun yang bernama Madakaripura ini merupakan salah satu air terjun terindah di pulau Jawa. Seakan tidak ingin melewatkan kunjungan saya di malang, saya menyempatkan diri untuk mengunjungi air terjun yang konon merupakan tempat bermeditasi Mahapatih Gajah mada. Mau tau gimana kelanjutannya? Silahkan disimak di bawah ini ya.

Ceritanya waktu itu saya memang sedang merencanakan liburan, dan untungnya teman saya mengajak ke rumah neneknya yang ada di Malang. Serasa gayung bersambut, langsung saja saya terima idenya. Dan berikutnya adalah mempersiapkan semuanya, ya semuanya mulai dari packing pakaian, dan perlengkapan lainnya, pencarian tiket transportasi, dan sudah itu aja, karena untuk akomodasinya sudah ada dan gratis lagi hehe. Untuk transportasi, waktu itu sedikit bimbang antara kereta api atau pesawat. Tapi berhubung dikejar waktu akhirnya saya memilih pesawat untuk ke Malang. Untuk tiket pesawat, saya langsung cari di Traveloka.com karena lebih praktis dan harganya juga cenderung miring dibandingkan dengan layanan sejenis lainnya. Dari Traveloka ini saya dapat tiket termurah dari Sriwijaya Air, lumayanlah ga beda jauh sama harga kereta karena dapat promo dari Visa hehe.

Selang satu minggu, tepatnya hari Kamis jam 10.45 saya berangkat dari bandara Soekarno Hatta menuju Malang. Sesampainya di sana, saya langsung disambut sama teman saya. Keesokan harinya teman saya ini mengajak jalan-jalan ke suatu tempat yang dikenal dengan air terjun Madakaripura.Ya, konon kata dia air terjun ini memliki keindahan alam dan sejarah yang kuat.

Perjalanan menuju madakaripura memang sangat menawan dimana kita akan melihat indahnya taman nasional Bromo Tengger Semeru. Sembari menikmati perjalanan,teman saya menceritakan kalau perjalanan kali ini akan sedikit melelahkan mengingat nantinya kami harus sedikit bersusah payah dengan terlebih dahulu melewati semacam sungai kecil sebanyak 6 sungai. Jujur, tidak ada perasaaan takut dalam diri saya ketika teman saya itu menceritakan demikian. Justru yang terjadi adalah rasa penasaran yang semakin dalam akan keindahan air terjun Madakaripura ini. Untuk sejarahnya itu sendiri, konon pada zaman dahulu ketika kerajaan berkuasa di indonesia, Mahapatih Gajah Mada menghabiskan sisa dari umur hidupnya dengan bermeditasi di air terjun ini. Hal ini juga turut didukung oleh adanya sebuah arca yang berbentuk Mahapatih Gajah Mada di sekitar lokasi.

Setelah menempuh sekitar 1 jam, kami akhirnya sampai di tempat parkir mobil dan untuk perjalanan selanjutnya dapat dilanjutkan dengan berjalan kaki. Ada baiknya sebelum memulai perjalanan, kita mengecek kembali logistik yang telah kita siapkan sebelumnya. Sangat disarankan untuk membawa jas hujan karena cuaca yang sangat sulit untuk diprediksi. Namun jika anda tidak membawa jas hujan, maka anda dapat membeli jas hujan plastik yang dijajakan oleh penduduk sekitar. Selain itu, pemakaian sandal gunung juga lebih direkomendasikan mengingat perjalanan menuju air terjun ini akan sedikit menantang.

Setelah melengkapi perbekalan dan juga peralatan, kami segera mencari pemandu wisata yang dapat menuntun kami menuju air terjun. Memakai jasa pemandu wisata sangat membantu kita karena selain dapat membantu selama perjalanan, dia juga bisa menjadi teman hehe. Biaya yang harus kami keluarkan untuk memakai jasa pemandu wisata inisebesar Rp 100.000 untuk tiap satu kali keberangkatan.

Sebelum memasuki lokasi, terlebih dahulu kita harus membayar tiket masuk seharga Rp. 5000 per orangnya. Selama perjalanan, tidak banyak yang bisa saya ceritakan selain alamnya yang sangat indah dengan pemandangan hutan lebat yang mendominasi. Sesekali kami harus berhenti untuk beristirahat karena memang medan yang kami lalui cukup berat. Pemakaian jaket gunung juga sangat membantu kita dalam perjalanan kali ini. Hal ini dikarenakan suhu udara yang cukup dingin berkisar 20 derajat selama perjalanan. Setelah bersusah payah dan menempuh hampir 1 jam kami akhirnya tiba juga di air terjun utamanya.

Tidak ada yang bisa mengungkapkan keindahan di tempat ini selain FANTASTIS! Mungkin hanya itulah yang bisa menggambarkan betapa indahnya air terjun Madakaripura ini. Tidak salah memang banyak orang berkunjung ke tempat ini di setiap akhir pekan  maupun libur nasional. Dan entah kenapa, tempat ini seakan membawa perasaan tenang, segar, dan pas kepala terkena air terjun tersebut, rasanya pikiran yang membebani saya langsung hilang dan tubuh terasa enteng hehe. Efek dari perjalanan yang beratpun juga ikut hilang dalam hitungan menit.

Namun, karena terbatasnya waktu, maka kami tidak bisa berlama-lama di tempat ini. Hal ini dilatarbelakangi oleh kondisi cuaca yang cenderung suka turun hujan lebat dan dapat mengakibatkan sungai yang kami lewati dalam perjalanan menjadi susah untuk diseberangi. Nah, kalau anda tertarik menikmati salah satu keindahan alam, khususnya air terjun, maka Madakaripura ini akan sangat cocok untuk dijadikan tujuan liburan anda.Yuk, kita bantu promosikan tempat-tempat wisata di Indonesia yang nyatanya kaya akan keindahan alamnya dan sangat patut untuk dikunjungi. Terima kasih

Artikel ini dibuat oleh teman kita Ardi, seorang blogger dan penulis di media online. Mari kita perkaya informasi dan rajut tali silaturahmi melalui media blog dan media online lainnya.