shintaries

Semenjak kembali ngeblog di tahun 2012, saya sudah mulai menggunakan WordPress Selfhosted dan cari hosting murah. Bukan pengen sekedar gaya-gayaan, tapi saya paham kalau WordPress mempunyai banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh Blogspot. Mulai dari plugin yang bisa bermacam-macam, template yang SEO friendly, sampai user interface yang mudah dipahami.

Ngga ada yang salah sih kalau memilih blogspot hehehe tapi ini lebih ke selera dan kemampuan teknis yang mendukung. Karena punya blog di WordPress, ngga sekedar hanya ngeblog saja tapi juga harus rajin-rajin diperhatikan maintenance-nya. Nah, yang mau bikin blog WordPress di Selfhosted itu sebetulnya mudah loh. Hanya 5 menit install dari Cpanel saja sudah beres.

hosting murah

Caranya gampang banget. Pertama-tama, tentunya harus beli web hosting di layanan penyedia hosting. Ada banyak banget layanan hosting. Mau dari yang murah sampai mahal juga ada. Karena memang memiliki spesifikasi yang berbeda. Baik dari kapasitas, bandwith, backup, sampai layanan support. Baik dalam dan luar negeri juga menawarkan hal yang berbeda-beda.

Nah, di dalam web hostingnya itu harus udah ada Cpanel ya biar gampang. Karena kalau ngga ada Cpanel, ribet banget. Tapi kalau ada, 5 menit bikin blog WordPress mah beressss! Apalagi kalau sudah ada Let’s Encrypt, ini bikin web kita jadi secure dan ngga perlu beli SSL lagi. Ada tuh kasus saya kudu pindah hosting gara-gara ngga ada Let’s Encrypt-nya. Abisnya males banget nambah biaya buat beli SSL.

Kalau sudah punya hosting dan domain, lalu hostingnya ada Cpanel, tinggal login aja. Kemudian masuk ke Cpanel, terlebih dahulu pasang Let’s Encrypt nya sehingga nanti kalau install WordPress bisa langsung di https.

Setelah di Issue SSL Certificate-nya, step selanjutnya adalah pilih WordPress di bagian script. Tinggal klik Install, lalu isi setting pilihannya. Pertama-tama, jika ingin membuat WordPress di domain utama, jangan menambahkan in directory ya. Jadi pastikan memilih https (karena sudah di-issue di Let’s Encrypt) dan pilih domain yang tentunya sudah diarahkan Name Server-nya ke hosting.

Langkah berikutnya adalah mengisi data yang perlu saja seperti judul blog dan deskripsi. Lalu untuk akun admin, pastikan tidak menggunakan username ADMIN karena akan mudah dibobol oleh rangorang yang ngga bertanggung jawab. Setelah semua diisi, klik Install. 5 menit ajaib sudah dimulai. Taraaa, blog WordPressnya sudah jadi!

Iyes, secepet itu install WordPress selfhosted di cpanel. Tapi yang ngga cepat sebetulnya utak-atiknya. Mulai dari pasang plugin, ganti theme, setting permalink, sampai ngisi konten plus optimasi. Makanya peer banget buat blogger kalo milih WordPress Selfhosted, karena ngga hanya sekedar isi konten tapi sebaiknya juga paham bagaimana mengelolanya. Jadinya kudu pilih-pilih hosting yang bagus layanannya biar beban kita agak berkurang nih.

Soal hosting, kalau dalam negeri, saya selalu merekomendasikan Niagahoster. Tanya deh beberapa blogger yang saya kelola hostingnya, pasti saya suruh beli di Niagahoster hahaha. Biar gampang supportnya karena pakai Bahasa Indonesia kan. Lagipula, paketnya terjangkau dengan kapasitasnya sudah unlimited. Saya udah ngga nemu lagi harga hosting murah dengan layanan yang oke kaya gini.

Layanan yang diberikan oleh Niagahoster itu cocok buat blogger, mulai dari optimasi khusus untuk WordPress, sudah dilengkapi Cpanel, support 24/7, servernya yang cepat dan handal, dan yang paling penting adalah harga hosting murah yang terjangkau serta jaminan 30 hari uang kembali.

Dulu saya pernah beli yang paket bisnis karena harapannya pengen support yang cepat dan bisa dibantu. Eh tapi sekarang sih yang paket biasa juga cepet banget dibalasnya karena ada pop up chat. Jadi ngga perlu lagi reply di ticket. Kaget juga sih kemarin langsung dibalas dan dikasi solusi. Padahal biasanya lama banget kalau yang bukan akun bisnis.

Paket yang bisa dibeli sebetulnya bisa mana aja, tapi kalau mau memakai WordPress di blog saya menyarankan menggunakan paket pelajar yang disk space dan bandwithnya sudah unlimited walaupun harganya murah. Tenang aja, walaupun paketnya yang biasa tapi tetep bergaransi uptime 99.9% karena memakai Green Data Center Tier 4 yang berstandar Internasional milik DCI Indonesia dan bagian dari Equinix yang punya data center terbaik di dunia loh.

Buat yang beneran mikirin migrasi dari Blogspot atau WordPress.com, saya rekomendasikan beli hosting murah di Niagahoster aja. Karena yah, saya emang udah sering pake dan jauh lebih hemat harga paketnya dibandingkan dengan penyedia hosting lainnya. Apalagi sering banget ada diskonnya dan harganya bisa jadi setengahnya.

Ssstt, saya kasih rahasia biar tetep hemat ya. Kalau mau perpanjang dikasih harga normal, jangan perpanjang dulu. Tunggu sampe seminggu sebelum perpanjangan dan kudu inget kapan waktu perpanjangan jangan sampe kelewat. Nah, di seminggu sebelum hari H itulah, kita akan ditawari harga diskon lagi hahaha. Baru deh kita bisa bayar dengan harga diskon, karena kalo buru buru perpanjang, kenanya harga normal nih.

Yang masih ragu-ragu mau beli hosting murah dimana, ya udah main-main aja ke webnya di niagahoster.com. Lalu tanya-tanya deh kalo masih belum puas. Mereka baik baik dan mau jawab apa aja kok. Bilang aja tau dari Shintaries yang saya dijamin pada ngga kenal wkwkwk.