Kalau di luar negeri ada Cyber Monday atau Black Friday buat diskonan online. Ternyata di Indonesia juga ada loh yang namanya hari belanja online. Tentunya kebanyakan pemain e-commerce/marketplace online besar yang mengadakan. Diskonnya sih lumayan gila-gilaan yah buat yang lagi butuh atau emang doyan belanja online.

Speaking of belanja online, hmm saya punya buaanyaakk unek-unek nih waktu belanja online. Jadi gini, semenjak sosial media booming. Entah kenapa, mungkin karena pandai memanfaatkan kesempatan atau karena modal kecil juga, banyak yang memanfaatkan si socmed ini buat etalase jualan. Jaman dulu, masih inget ngga tiba-tiba banyak yang nge-tag photo terus seenaknya juga sambil bilang, feel free to remove yaa. Beuh itu mah saya udah bukan remove lagi, tapi langsung blokir -.-!! Dan hal ini terus-terusan saya lakukan sambil bebersih timeline. Pada akhirnya, udah ngga ada yang jualan di timeline apalagi nge-tag wekekek. Masih ada sih yang saya ikuti karena memang barangnya berkualitas dan bagus-bagus, apalagi ngga pernah tag orang hohoho.

Terus, karena social media yang lagi rame banget sekarang adalah Instagram. Jadilah racunnya pindah kesitu. Apalagi saya termasuk orang yang gampang tergoda hahaha. Sekali lihat suka ngga pake mikir langsung beli dan transfer. Memang unik sih, di Instagram itu yang jualan unik-unik dan jarang ditemui di mall. Penjualnya dan pembeli rata-rata masih anak bawang, yang nyambi sambil sekolah atau kuliah. Tapi balik lagi, saking mudahnya jual di Instagram. Akun penjual itu bisa gampang banget punya follower asli maupun palsu. Salah satu strategi buat mendapatkan follower adalah dengan meng-endorse sebel instagram. Dijamin deh bakalan nambah follower.

Tips-Belanja-Online-Aman

Unek-unek saya tentang ini, paling susah kalo mau order. Jadi saking banyaknya follower. Mereka yang kurang profesional alias jualan cuman buat iseng aja bakalan kerepotan dan stok gampang abis. Jangan heran kalau follow akun yang laris banget bakal susah kontaknya, susah barangnya, susah lagi pengirimannya alias kadang ditipu -.-!. Ini kejadian loh, waktu itu sempat heboh seorang anak SMA yang jualan sepatu asli, trus dia endorse artis. Begitu order masuk dan pesanan banyak plus duitnya udah pada transfer (full payment). Kaburlah si anak itu, yang lucunya ngga ada satupun yang kenal asli dengan owner walaupun adminnya sekalipun. Entah bagaimana kasusnya sekarang ini, saya cuman bisa geleng-geleng kepala aja lihat tingkah anak jaman sekarang.

Yang terbaru lagi, kebetulan saya ada mau beli tas branded asli yang kalau online harganya lebih murah. Nah kira-kira beberapa tahun lalu pernah beli tas untuk kado ibu saya. Harganya lumayan mihil, soalnya sampe patungan sama adek saya belinya. Ngga lama setelah dipake, lahh kok cepet rusak. Ibu saya sampe manyun, lah katanya ini asli qiqiqiqi. Sampai saat ini saya belum berminat lagi beli di tempat itu. Barusan aja lihat lagi ke online shop tersebut kali aja ada yang bagus. Eh ngga sengaja lihat timelinenya, duh lagi ada customer yang komplain. Iseng baca, walah penjualnya pake CAPSLOCK boo buat jawab. Sumprittt, rasanya kaya marah banget gitu bacanya. Cuman masalah komunikasi BBM aja yang ngga nyambung sampe pada CAPSLOCK-CAPSLOCKAN (ngga enak kan bacanya). Mungkin sekedar info aja, klo BBM itu emang sering down, sering error (makanya ngga make). Jadi ngga bisa saling menyalahkan, kaya ngga ada komunikasi lain (email kek, inbox kek). Kok jadi saya yang sewot yak. Karena abis itu, saya nge-remove jadi males beli huhuhu. Duh even ngga lagi PMS, saya paling males berurusan sama penjual yang ngga komunikatif. Tapi kadang pembeli juga yang salah. Tapi percaya deh, klo saya ngga pernah Hit and Run πŸ™‚

Ada juga sih online shop yang paling saya suka belanja. Tadinya sempat pesimis belanja disitu, karena produknya sepatu handmade dan jualnya via instagram. Akun ini followernya rame banget dan suka kehabisan kalo ngga cepet-cepet. Yang paling saya suka adalah fast responnya, mereka punya admin masing-masing di tiap wilayah daerah. Jam kerja jelas, dan adminnya memang full menjawab semua order, pertanyaan dan komplain pun mereka terima. Lebih asik lagi mereka ramah menjawab dan anak abegeh bangett. Jadi kalau jawab saya “Orraiiittss kakaa” hahaha. Barang cepat diterima dan kualitasnya oke punya. Begini nih harusnya, walaupun di kelola oleh anak muda juga harus mengedepankan profesionalitas. Jangan dikit-dikit, nulis pengumuman : balesnya entarr yaa admin lagi ujiaann. Jualan mah jualan, sekolah ya sekolah hahaha.

Tentang brand besar yang main di ecommerce? well saya ngga punya kasus khusus, hanya saja sebelum membeli online di tempat-tempat tersebut yang memang sifatnya hanya perantara. Plis pliss baca syarat, ketentuan dan aturan main. Karena pemahaman belanja dan prosesnya di tempat tersebut berbeda-beda. Itu yang tidak banyak dimengerti. Ujung-ujungnya nuduh penipulah, bohonglah dan lain-lain. Plis dong jadi smart buyer. Jangan sampai kita ngalamin kerugian akibat ketidaktahuan. Kalau mereka sistem yang salah toh mereka juga yang rugi. Masih inget dong, kasus marketplace yang migrasi sistem ngga taunya langsung tutup setelah beroperasi. Padahal itu marketplace kesayangan saya dan tergolong aman karena dananya ada di pihak ketiga.

Menyikapi hari belanja online 1212 ini, saya sih senang-senang aja ada sale online kaya gini. Tapi jangan sampai deh menimbulkan masalah, seperti misalnya barusan ngga bisa mengakses situs yang mengadakan sale. Pasti karena kepenuhan, duh udah kaya di mall yang berdesak-desakan ya wekekek. Trus banyak yang komplain juga kalo harganya udah dinaikin duluan dan ternyata sama aja kaya lagi ngga sale. Ini mah mall banget yang sale nya boong (rahasia publik). Tambah lagi, pelayanan yang kadang susah dihubungilah CSnya. Belum lagi banner fantastis yang beli berapa dapet hadiah, padahal mah diundi dulu dan ngga ditulis keterangannya hahaha. Duh masih aja gitu hari gini pakai trik Β jualan kaya gitu ckckck.

Yo wes ah, pokoknya selamat hunting dan belanja yaa. Inget gajian masih dua minggu lagi wekekek, belum lagi ada yang rencana liburan akhir tahun. Saya mah nonton aja, males beli hihihi.