Lima tahun sembilan bulan lalu yang silam, mama masih ingat saat tatapan pertama kakak tajam memandang mama. Setengah tidak percaya, mama berhasil mengantarkanmu melihat dunia sayang. Bahkan masih setengah sadar juga kalau bayi mungil putih cantik dengan mata indah ini adalah anak mama. Hari itu jam sepuluh malam di bulan Oktober menjadi sejarah baru bagi mama papa dan keluarga besar kami berdua.

Sembilan bulan lamanya, kami semua menantikan kehadiranmu. Maklum, karena mama papa adalah anak pertama di keluarga, cucu pertama menjadi sebuah harta yang sangat berharga sebagai penerus generasi. Kegembiraan ini tentunya tidak hanya milik mama papa semata, tapi buyut pun ikut menantikan kehadiran cicitnya yang ke sembilan.

Diusia mama yang ke dua puluh tiga, kebahagiaan mama sebagai seorang perempuan dan istri menjadi lebih lengkap dengan tambahan tanggung jawab berlabel ibu. Rasa takut, kaget, bingung, langsung menyerang mama karena saat itu usia kehamilan diketahui selang sebulan mama papa mengikat janji sehidup semati. Lucunya, kehamilanmu diketahui saat janin berusia tiga minggu dan tukang pijat merasakan sesuatu di badan mama yang menunjukkan bahwa ada tanda-tanda kehidupan di dalamnya.

Proses Kehamilan

Mama papa terdiam kagum sambil terus mengucap asma ilahi. Kaget dan takjub saat melihat detak jantungmu berdetak saat dokter memeriksa rahim mama. Kami terpaku dan sempat tidak percaya akan keajaiban yang terjadi, terutama dalam proses pembentukan bayi. Walaupun berbagai teori sudah habis kami lahap, tapi saat melihat secara langsung bagaimana keajaiban itu berdetak hidup membuat kami berdua terus mengucap syukur. Tapi perjuangan baru dimulai sayang.

Usia kehamilan yang masih teramat muda, membuat mama terus menghipnosis diri kalau semua akan baik-baik saja dan selalu sehat. Bagaimana tidak, mama yang sedang giat-giatnya bekerja sambil meneruskan pendidikan membuat kesibukan luar biasa yang membutuhkan tenaga ekstra. Belum lagi karena papa ditempatkan di Jawa Tengah dan mama bekerja di Jakarta membuat mama mudah terserang rasa panik dan ingin sekali dimanjakan oleh papa.

Beruntungnya mama memiliki dua orang yangti yang siap membantu dan memberi masukan tentang kehamilan. Mamanya papa dan mamanya mama adalah orang yang paling mama percayai untuk berbagi masalah kehamilan. Karena mama hanya percaya pada orang-orang yang telah mengalami langsung akan ajaibnya sebuah kelahiran. Hampir mama selalu menutup mata akan mitos-mitos yang sering ditulis di berbagai media. Berpikir positif dan mengingat sembilan bulan lagi akan bertemu bayi mungil selalu menjadi kekuatan mama.

Kejadian kehilangan bayi dalam kandungan menjadi satu hal yang paling mama takutkan. Saat itu juga mama berhenti meminum kopi karena kafeinnya dapat mempercepat jantung janin. Mama juga mengkonsumsi sayuran, buah, dan makanan bergizi untuk asupan terbaik bagi janin. Berbagai vitamin mulai dari penguat janin, nutrisi untuk otak bayi, dan penambah daya tahan tubuh mama konsumsi. Sekuat tenaga mama selalu memperhatikan hari demi hari, bulan demi bulan perkembanganmu di dalam sana. Tidak lupa asupan rohani juga selalu mama tanamkan melalui mendengarkan ayat suci dan membaca surah tentang kelahiran. Alhamdulillah proses kehamilan yang mama alami tidak mengalami masalah berarti.

Proses Kelahiran

Membayangkan bagaimana melahirkan seorang bayi ke dunia sejujurnya menghantui mama sayang. Walaupun begitu, mama rela berkorban bahkan nyawa sekalipun untuk bisa mendengarmu menangis saat tiba di dunia ini. Berbagai metode melahirkan mama pelajari dengan seksama dan harap-harap cemas bagaimana sebuah kelahiran bisa berjalan dengan lancar. Mungkin tuhan berkata lain sayang, kelahiran normal yang selalu menjadi dambaan setiap ibu tidak bisa mama rasakan.

Keaktifan pergerakanmu di dalam rahim dan waktu yang sedikit terlewat membuat panik mama papa. Dokter mengatakan bahwa lehermu dikalungi usus yang menghambat proses kelahiranmu. Karena kami berdua takut sesuatu terjadi padamu dan terus memantau detak jantungmu yang kian cepat, akhirnya mama papa memutuskan menggunakan jalur sectio untuk mengantarkanmu melihat dunia.

ALIYA1-featured1

Ah indahnya mata bola pingpongmu yang mengedip bingung melihat dunia. Menatap mama dengan tajam dan rasa tidak percaya langsung menghinggap di dada karena hanya dalam sepuluh menit bayi ini lahir kedunia. Dimudahkan dan dilahirkan dengan selamat. Pengalaman pertama yang tidak terlupakan buat mama. Saat itulah mama berjanji akan menjagamu dan memberikan perlindungan terbaik terutama untuk kulit lembutmu.

Perlindungan dan Perawatan Kulit Bayi

Sebagai mama baru dan memiliki bayi mungil cantik dengan kulit kemerahan tentunya membutuhkan pengetahuan ekstra tentang kulit bayi. Kelembutan dan kesehatan kulit harus selalu dijaga agar tidak menimbulkan ketidaknyamanan pada bayi. Apalagi kulit bayi memiliki sensitifitas yang tinggi dibandingkan dengan kulit orang dewasa. Berbagai artikel saya kumpulkan untuk mengenali bagaimana memberikan perlindungan bagi kulit bayi. Keutamaan perlindungan pada kulit bayi ini adalah karena kulit sebagai lapisan terluar dari bayi dan organ terbesar menutupi hampir seluruh permukaan tubuh. Itulah kenapa perhatian utama selalu dimulai dari keadaan kulit terluar.

Keadaan kulit bayi dengan orang dewasa tentunya sangat berbeda. Kulit bayi memiliki tingkat kehalusan dan kelembutan yang tinggi. Karena lembut dan halus, tentunya ini makin membuat kulit bayi menjadi mudah terkena masalah kulit. Struktur kulit bayi terluar sangat tipis dan ketipisannya mencapai tiga puluh persen dari kulit orang dewasa. Iritasi kulit mudah terjadi karena pertahanan kulit bayi yang masih belum sempurna. Atas inilah kulit bayi penting untung dijaga.

Perlindungan kulit bayi dapat dimulai dengan memberikan perawatan yang maksimal. Bisa dimulai dari pemakaian bahan untuk bayi. Karena pakaian adalah bahan penting untuk melindungi kulit bayi, namun jangan sampai malah membuat kulit bayi menjadi tidak nyaman. Berdasarkan pengetahuan tentang kulit bayi, dapat disimpulkan bahwa bahan yang digunakan sebagai pakaian bayi haruslah berbahan lembut dan tipis, jenisnya bisa katun yang menyerap keringat. Ini untuk menghindari ruam kulit yang terjadi akibat keringat.

Hindari penggunaan pakaian dan popok yang terlalu ketat. Hal ini untuk menghindari terjadinya gesekan pada kulit yang menyebabkan iritasi. Dan akibat dari gesekan pada popok ini dapat menyebabkan ruam popok. Bayangkan kulit bayi yang halus dan lembut terkena iritasi akibat ruam popok. Duh, saya ngga tega ya. Karena itulah pemilihan bahan untuk popok kain dan popok sekali pakai menjadi perhatian penting saya. Sebagai ibu yang memiliki bayi, kedua hal ini tentunya tidak akan lepas kan ya.

Pemakaian popok sekali pakai biasa saya gunakan saat malam hari atau saat jalan. Saat itu saya selalu menyediakan minimal dua dus persediaan popok sekali pakai. Tentunya pilihan popok sekali pakai ini juga tidak sembarangan, mengingat kulit bayi kita yang dipertaruhkan. Dalam memilih popok sekali pakai ada beberapa kriteria pemilihan yaitu daya serap popok yang baik, tidak menimbulkan iritasi kulit, dan tentu saja tidak menghambat pergerakan bayi. Sehingga bayi akan merasa nyaman karena selalu merasa kering, tidak terjadi ruam popok, dan tetap bisa bergerak secara bebas sesuai alami bayi.

Popok sekali pakai yang memiliki kriteria seperti diatas dimiliki oleh Pampers. Sebuah jaminan mutu untuk perlindungan terhadap kulit bayi. Dengan inovasi terbarunya, Pampers memberikan keunggulan #5starskinprotection sebagai popok sekali pakai terbaik. Dengan kandungan lidah buaya dan sudah melalui penelitian khusus, Pampers akan mampu melindungi kelembutan bayi bahkan yang baru lahir meskipun dalam keadaan basah. Keunggulan lainnya adalah lapisan dalamnya yang lembut seperti kapas sehingga akan pengaruh gesekan akan menjadi lebih kecil. Belum lagi adanya rongga di antara lapisan yang membuat kulit bayi bisa bernapas dan membuat sirkulasi udara menjadi lancar. Dengan berbagai keunggulan diatas, bentuk Pampers ini makin lengkap dengan desain yang mengikuti kontur tubuh bayi sehingga tidak menyebabkan ruam akibat ketatnya pemakaian.

Ups, Pampersku Kelihatan 😀

Dari kandungan ke dunia ternyata membutuhkan perlindungan yang tepat bagi bayi terutama kulit bayi yang halus dan lembut. Dengan menggunakan Pampers sebagai perlindungan tentunya menambah nilai bagi ibu bayi karena mampu menjaga anaknya dengan bahan terbaik dan memberikan perhatian yang mendalam tentang bahaya iritasi kulit pada bayi.

0 0 vote
Article Rating