Loh bukannya ini sama ya? Itu ada yang ada di benak saya saat pertama kali mendengar dua jenis varian MPV dari Toyota. Apalagi waktu melihat iklan Veloz di televisi yang sangat elegan dan stylish bikin saya tambah penasaran. Karena yang saya tau Avanza Veloz adalah satu varian tertinggi dari jenis Avanza. Hal inilah yang membawa saya ke acara GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2015 di ICE BSD Serpong hari Minggu lalu.

Pasalnya di acara akbar tersebut, Toyota memperkenalkan Grand New VelozΒ dan Grand New Avanza. Dua kelas berbeda untuk pangsa pasar yang berbeda pula.Β Booth Toyota di Gelaran GIIAS sangat megah dan terletak di booth 10 paling belakang. Berbagai macam mobil dipamerkan dan tentunya tidak ketinggalan mobil anyar MPV yaitu Veloz dan Avanza. Sekali lagi, ternyata ini adalah dua jenis mobil yang berbeda. Spesifikasi, interior, dan eksterior hampir sama namun memiliki perbedaan yang mendasar.

Grand New Veloz Tipe 1.5 A/T & M/T

Modern, stylish, dan elegan. Kata-kata itu yang pertama kali ada di pikiran saya saat melihat Veloz berwarna merah yang menjadi display utama. Layaknya mobil kelas MPV, tipe seperti ini biasanya identik dengan mobil keluarga. Tapi dengan tampilan Veloz, rasanya mobil ini cocok sekali digunakan keluarga muda seperti saya. Yang memiliki 2 anak kecil usia 6 tahun keatas dan membutuhkan mobil yang bisa tampil keren menyesuaikan usia.

Dari segi eksteriornya, banyak perubahan berarti yang menjadikan Veloz sangat elegan. Mulai dari grill depan yang menyatu dengan lampu kabut kanan kiri dan dilapisi chrome yang menjadikan tampilan berkelas. Kemudian velg racing yang sporty dan terlihat dinamis. Desain lampu kabut, depan, dan belakang yang stylish. Sampai panel body yang halus. Semuanya terlihat menyatu terutama pada bagian depan dengan grill yang menyesuaikan dengan desain bumpernya.

grabd-new-veloz

Interiornya pun tidak kalah keren. Kombinasi desain dashboard dan berwarna hitam semakin membuat tampilan dalamnya semakin sporty. Karena memang interior warna hitam adalah warna yang dipakai oleh mobil yang dicitrakan elegan dan dinamis. Untuk audionya juga semakin modern dengan model touch screen dengan sambungan USD, AUX, Bluetooth, dan Ipod ready.

veloz1

Yang mengesankan adalah adanya control system audio di setir yang sudah dipakai di semua mobil keluaran terbaru. Kabin dalamnya tentunya sangat luas dan lega dengan adanya safety belt di setiap tempat duduknya. Dan yang terbaru adalah adanya indikator eco yang akan menyala apabila dalam kondisi kecepatan stabil, yang tentunya akan menghemat bahan bakar.

Untuk enginenya sendiri, terdapat Dual VVT-i yang tentunya irit bahan bakar dan sangat bandel. Tentunya masalah performance tidak diragukan lagi kan. Karena letak engine hood ada di atas, layak sekali kalau Veloz ini bisa dikatakan mobil anti banjir. Jadi mesin tidak akan bermasalah walaupun terendam air sampai batas grill.

dual-vvt-i

Sedangkan untuk fitur kenyamanan dan keamanan ada yang berbeda kali ini. Kabin dibuat lebih senyapΒ dan tempat duduknya lebih nyaman. Membuka kursi tengah juga lebih mudah dan praktis dengan one touch tumble. Dan akan lebih nyaman lagi karena adanya penyesuaian sistem suspensi yang meningkatkan stabilitas dan kenyamanan.

Sistem keamanannya sendiri sudah menggunakan Immobilizer key yang akan meningkatkan keamanan terhadap pencurian mobil. Fitur Side Impact Beam-nya akan melindungi penumpang dari benturan samping. Dan yang paling saya suka adalah fitur warning saat menyetir tapi lupa menggunakan seat belt. Dan ketersediaan seat belt untuk penumpang di belakang juga meningkatkan keamanan dalam berkendara.

Grand New Avanza 1.5 G M/T

Dari fitur keselamatan dan kenyamanan yang dimiliki Veloz, Avanza juga memiliki fitur yang sama. Perbedaan besarnya adalah Avanza lebih mengutamakan fungsi daripada tampilan. Tidak heran bahwa tampilan depan grillnya masih dengan desain lama tanpa ada modifikasi pada bumper. Tentunya ini sesuai dengan segmen yang disasar oleh Avanza. Yaitu keluarga yang memang mengutamakan kendaraan sebagai alat transportasi dan tidak memerlukan desain yang stylish sebagai nilai lebihnya.

grand-new-avanza

Tampilan dashboard Avanza tidak berwarna hitam seperti Veloz. Namun merupakan kombinasi dua warna sehingga tidak terlalu berkesan sporty. Perbedaan lainnya adalah pada setirnya, yaitu tidak dilengkapi audio control untuk volume dan penggantian track musik. Walaupun begitu, desain lampu dan eksterior sudah dengan desain terbaru.

Secara keseluruhan, fitur yang dimiliki Avanza hampir sama dengan Veloz. Dari segi mesin, fitur keamanan, dan fitur kenyamanan sudah dengan standar yang sama. Namun yang membedakan adalah dari segi desain. Di mana, Veloz lebih mengutamakan desain yang sporty, stylish, dan elegan. Sedangkan Avanza lebih fokus pada fungsi, sehingga tampilan tidak terlihat menonjol.

Kalau disuruh memilih antara Veloz dan Avanza, saya pasti sudah tentu akan memilih Veloz πŸ™‚

Grand New Veloz & Grand New Avanza Blog Competition

Ngga hanya bisa memilih salah satu dari MPV terbaru Toyota, blogger juga bisa ikutan lombanya nih. Kenali fitur-fitur, perbedaan, dan fungsi yang membedakan satu sama lain dan tulis deh di blog. Tema lombanya sendiri terbagi dalam tiga kategori. Yaitu Lifestyle, Traveling, dan Photography. Hadiahnya? Jangan ditanya, uang tunai 15 juta siap dikasih buat pemenang utamanya. Wuih mantep kan.

Info lengkap lomba