Bagian Pertama silahkan baca di SINI

Setelah postingan saya hampir setahun yang lalu hehe, saya belum menuliskan cerita selanjutnya untuk tips hemat liburan ke singapura. Maklum karena kesibukan dan juga saya mau tau apakah tips saya itu berguna. Dan ternyata sering hit di mbah Google juga artikelnya hehe.

Kalau di cerita yang lalu saya memprediksikan tiket berangkat sebesar satu juta rupiah, ternyata sekarang ini bisa makin turun dengan banyaknya promosi dari Low Cost Carrier (LCC). Baru-baru ini saya mendapatkan tiket PP Jakarta Singapura sebesar Rp. 750.000 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) sudah all in hihihi, beneran ini harganya. Harga ini saya dapatkan dari promosi TigerAirways dengan ongkos pergi tiga ratus ribu rupiah dan pulangnya gratis. Kenapa bisa sampai segitu karena ada tambahan biaya seperti airport tax yang sudah termasuk, biaya booked dan biaya lainnya sehingga sebetulnya totalnya tidak sampai tujuh ratus lima puluh ribu tapi saya bulatkan saja.

Jadi tambahan tips untuk mendapatkan harga tiket yang murah, kita harus subscribe/berlangganan newsletter dari LCC itu seperti Airasia, Tigerairways, Jetstar dan kalau perlu Singapore Airlines. Pada saat ada promo yang ditawarkan, jangan segan untuk mengecek harganya dan kalau cocok bisa langsung menentukan tanggal keberangkatan dan segera beli ^^. Tiket promo ini, kalau masih baru biasanya hari weekend masih tersedia. Asik banget kan, bisa liburan di weekend dengan harga yang murah.

marina-bay-sands-963165_1280

Kalau punya smartphone, jangan lupa untuk menginstall aplikasi LCC sehingga walaupun sedang mobile tetap bisa booking dan membayar. Saya menggunakan aplikasi mobile untuk keamanan (karena waktu itu sedang memakai komputer kantor yang saya tidak tau itu safe atau tidak). Dan bisa berjalan dengan baik tanpa hang dan langsung terkonfirmasi.

Yuk Berangkat

Lanjut lagi tips saya berikutnya. Nah kalau sudah punya tiket pesawat, tiket USS dan punya duit juga hehe siap dong pastinya untuk berangkat. Sebisa mungkin untuk melakukan online web check in terlebih dahulu dirumah, supaya tidak direpotkan untuk antri lagi di counter karena memang tiket yang paling murah tidak termasuk bagasi. Jangan lupa juga untuk print booking hostel dan peta/arahan jalur untuk menuju kesana. Di setiap print booking tiket sudah tercantum bagaimana untuk sampai ke tujuan termasuk menggunakan transportasi yang berbeda (taxi, MRT, bus). Dan karena perginya ala backpacker usahakan hanya membawa satu tas ransel besar untuk baju dan tas kecil untuk keperluan bawaan paspor, dompet, handphone dan barang penting lainnya. Tidak membawa minuman ke atas pesawat ya, kalau membawa pasti sudah disuruh buang sama security angkasa pura di bandara. Lagipula perjalanan hanya memakan waktu kurang lebih satu jam dan setiba di bandara Changi banyak minuman keran gratis disana hehehe. Pastikan sudah makan dirumah ya biar ngga kelaparan hehe, karena kalau beli makan di pesawat budgetnya bisa lebih ^^.

Transportasi

Setibanya di Singapura, pertama kali adalah mampir ke pusat pariwisata untuk mendapatkan brosur wisata, sehingga bisa nambah pengetahuan apa aja yang ada disana. Yang kedua, gunakan alat transportasi MRT (Mass Rapid Transportation) yang berupa kereta cepat supaya biaya transport yang lebih murah dan praktis. Pertama kali yang harus dilakukan adalah mengambil peta MRT yang tersedia gratis di stasiun MRT.

Peta ini memuat jaringan seluruh wilayah di Singapura, pelajari terlebih dahulu tujuan dan stasiun dimana kita berada. Ada beberapa stasiun yang mewajibkan kita berganti jalur untuk sampai ketujuan. Dan karena proses buka tutup yang begitu cepat, mau ngga mau harus disiplin dan bergerak dengan cepat juga ya. Perhatikan pintu masuk kereta, yang kalau kita mau naik harus mengantri tidak di depan pintu tetapi di samping (ada line menunggu naik) karena harus mendahulukan penumpang yang turun. Hal kaya gini nih yang ngga diterapin di Indonesia, jadi jangan sampai malu-maluin ya hehe. Selain itu juga jangan lupa, kalau di MRT itu ada tempat duduk khusus orang tua (lansia), ibu hamil dan anak-anak. Jangan sampai ya kita duduk disitu bisa dilihatin orang sekereta wekekek. Pernah kejadian soalnya, di twitter pamer photo di mrt singapuran dan belakangnya tulisan priority seat hahaha jadi bahan ejekan se-twitterland.

Biaya naik MRT ini sekitar 2-3 dolar tergantung tujuan. Enaknya lagi, kita mendapatkan kartu single trip yang bisa di uangkan kalau kartunya kita masukkan ke dalam dispenser kartu. Jadi jangan heran begitu orang keluar dari pintu akses pada ngantri memasukkan kartu. Uang yang dikembalikan sekitar satu dolar. Lumayan kan kalau dikumpulkan bisa beli minuman. Oia tips singkat masalah uang receh, sebaiknya sebelum meninggalkan Singapura, uang receh tersebut dihabiskan karena kita tidak bisa menukarnya kembali dengan rupiah. Sayang kan ya.

Kalau yang sudah terbiasa naik commuter line di Jakarta, ngga bakal kesulitan untuk menerapkan cara masuk dan keluar dari pintu akses ya. Kalau yang belum pernah, hmm caranya mudah aja asalkan kartu jangan hilang ya. Tapping kartunya ke indicator yang ada di bagian atas. Tidak seperti di Jakarta, dijamin ngga bakalan nemuin antrian yang lama karena tertib dan juga pintu akses yang banyak banget.

Budaya

Hal penting lainnya adalah saat kita naik escalator. Kita juga tidak bisa sembarangan berdiri, karena sudah keharusan (atau budaya sih ya) kalau naik escalator harus sebelah kiri. Karena sebelah kanan untuk pejalan kaki yang sedang terburu-buru. Jadi jangan sampai kita menghalangi langkah mereka ya, kalau baik paling ngga di tegor tapi kalau rese pasti dimaki maki hihihi.

Makanan

Kalau dalam itinerary kita sudah menyiapkan tiga hari dua malam untuk liburan, gunakan waktu sebaik mungkin untuk mengenal singapura dan memanfaatkan jalan-jalannya secara maksimal. Kalau saya menggunakan hari pertama untuk berjalan di Orchard Road yang isinya adalah Mal besar dari ujung jalan ke jalan lain, kemudian cari oleh oleh murah di lucky plaza, dan makan makanan murah Indonesia seperti pecel Ayam (hahaha jauh jauh makan itu juga) di foodcourt lucky plaza. Oleh oleh biasanya mulai dari sepuluh dolar singapura, terdiri dari berbagai macam seperti gantungan kunci, pulpen, kaos dan lain-lain. Jumlahnya tidak satu ya, tapi sampai sepuluh hehe. Jadi irit banget buat oleh oleh teman/keluarga.

Untuk makan, sekali makan paling tidak sekitar 7 dolar sudah termasuk nasi, ayam dan minuman. Hmm kira-kira lima puluh ribu lah ya. Bisa pilih juga yang lebih murah sesuai selera. Dan fast food seperti McD, KFC dan lain lain tidak menyediakan nasi ya hehe. Tempat makan yang halal, murah dan cocok dengan lidah Indonesia (saya) adalah resto kopitiam. Biasanya ada di stasiun MRT, bentuknya seperti food court dan banyak menu masakan Indonesia. Cocok deh buat traveler hemat qeqeqe.

City Sightseeing

Nah supaya lebih gampang kita mengitari kota Singapura, praktisnya menggunakan wisata Sightseeingย (bisa booked online). Wisata ini unik, kita membayar senilai dua puluh tiga koma lima dolar untuk transportasi bus dengan kap atas yang terbuka dan disediakan tempat duduk. Kalau ingin lebih dengan Hippo River Cruise bisa membeli tiket yang seharga dua puluh delapan koma lima dolar. Nah yang paling asik adalah, harga tersebut berlaku 24 jam. Artinya kita bisa menggunakan transportasi bis tersebut selama di Singapura untuk kemanapun selama masih dalam jalur bis sightseeing tersebut. Jadi hal yang pertama dilakukan adalah menyimpan peta bis tersebut, untuk jalur dan nomor bis yang tersedia. Gunakan bis tersebut untuk ke Merlion Park supaya bisa photo dengan icon singapura hohoho. Bisa juga mampir ke Bugis Street, Little India dan banyak tempat menarik lainnya yang memang dilewati. Tips utamanya, perhatikan peta dan nomor bis sehingga kita tidak menyasar ke tempat yang asing dan bisa pulang dengan selamat ke hostel hehe.

Untuk membeli tiket, selain online yang merepotkan karena harus ke suntec city lagi untuk tukar tiket, kita bisa langsung naik dari Orchard road di pemberhentian bus. Langsung naik dan membayar kepada supirnya ya, jadi ngga perlu repot dan bisa langsung capcus keliling kota.

Wew banyak juga ya postingan bagian kedua, lanjut lagi yaa ke bagian ketiga Universal Studio Singapore di postingan berikutnya ^^. Dari uraian diatas sudah bisa dikira-kira kan, berapa budget untuk makan, oleh-oleh sama jalan-jalan.