Dalam beberapa minggu terakhir ini, terutama di minggu-minggu puasa. Saya dan teman-teman di BP iseng banget bikin meet up blogger yang tujuannya adalah memperkenalkan BP dan tentu saja sharing ilmu. Dan tanpa disangka-sangka, antusiasme teman-teman blogger sangat tinggi. Apalagi kami memang memilih wilayah yang jarang sekali diadakan acara blogger.

Acara ngumpul santai sambil belajar ini secara spontan kami namakan #NgobrolCantikBP. Yang pengennya tentu sarat ilmu yang bisa dibagi, baik itu ilmu dasar ataupun advanced. Secara, mungkin kami di BP ini ngga yang blogger banget, tapi sangat teknikal banget walaupun cewe-cewe semua hehehe. Nah kadang, masih suka ada pertanyaan sederhana yang mungkin buat kami biasa aja namun ternyata bisa sangat susah buat sebagian blogger. Itulah yang mendasari kenapa hal seperti ini kami lakukan. Selain dari sisi strategi pemasaran BP tentunya 🙂

Untuk yang pertama, kami melakukan acara #NgobrolCantikBP di Bogor. Kenapa? well karena saya dan Alma secara khusus memang “berkantor” di DILo Bogor wekekek. Jadi biar suasana ngga bete karena sendirian doang kerja di laptop masing-masing, kita seminggu sekali ngantor sambil ngobrol. Ngobrolnya pun saya rasa ngga ada yang bisa ngerti. Karena sumpah ini geeky banget bahasannya hehehe.

Nah, karena kita udah punya akses tempat yang enak banget buat ngadain semacam workshop lengkap dengan projektor dan wifi, jadinya acara sekalian diadakan di situ. Kemudian, saya lumayan banyak kenal dengan blogger yang domisili di Bogor dan Alma juga udah nyemplung di Grup WA pada blogger itu, jadilah kita bisa sounding acara dan mendapatkan feedback yang positif.

Lokasi kedua yang kita sambangi adalah Semarang. Karena saya bertiga dengan Mba Rora dan Alma memiliki akses untuk ke kota ini. Mba Rora yang domisili di Tegal dan Alma yang mudik ke Semarang juga. Trus karena waktunya ngga match banget buat ketemu bertiga, akhirnya saya single fighter aja ketemu teman-teman blogger di Semarang. Toh ini sudah tahun ketiga saya kopdar dengan mereka hehehe. Eh saya juga ditemani krucil si Aliya dan Rafi deng 😀

#NgobrolCantikBP Bogor 1 & 2

Masalah tempat di Bogor, sebetulnya ngga terlalu susah sih menurut saya. Karena Bogor mudah sekali dijangkau dengan kereta walaupun jauh. Tapi saya enjoy banget loh main ke sana hehehe, suka jalan soalnya. Yang kedua, kita mau test the water dulu, kira-kira model #NgobrolCantikBP ini apakah memang bisa cocok secara konsep dan tepat sasaran. Sehingga kalau kita melakukannya di kota lain, sudah bisa mendapatkan gambaran yang lebih pas. Ketiga, acara ini akan diusahakan gratis karena memang BP mengalokasikan anggaran untuk event internal seperti ini tanpa melibatkan sponsor.

Hasilnya, sungguh diluar dugaan. Kelas dibuka memang sangat terbatas, dengan maksimal 15 orang. Tentunya untuk lebih fokus karena bersifat coaching clinic. Artinya pembahasan akan langsung dipraktekkan dan disesuaikan dengan tingkat kebutuhan dan kesulitan setiap bloggernya. Kalau terlalu banyak pasti akan memakan waktu dan menjadi tidak fokus. Belum lagi jaringan yang walaupun tidak terbatas juga akan mengalami hambatan jika di sharing terlalu banyak.

Untuk yang pertama, kami mengadakan kelas memasang Google Analytics dan bagaimana melihat laporannya berdasarkan posting yang dibuat. Tingkat kesulitannya sebetulnya menengah, karena mungkin memasangnya tidak terlalu susah akan tetapi cara membaca laporannya yang agak sedikit rumit. Rumitnya hanya di dashboard sebetulnya. Tapi ternyata masih banyak yang belum tau dan lebih menyenangkan kalau diajarkan langsung dan juga langsung praktek.

Peserta kali ini 100% perempuan, walaupun ada Salman yang ikutan mampir karena mau membahas project baru *uhuk, tapi aslinya memang khusus untuk perempuan. Tentu saja saya sangat familiar dengan semuanya karena memang sering ketemu kopdar dan semuanya mengikuti workshop Fun Blogging yang saya juga sebagai mentornya.

Suasana kelas ternyata sangat rame karena semuanya memang sudah mengenal dan sudah saling akrab. Terlebih lagi bahasannya memang agak ribet, jadi tambah ramelah dengan kehebohan masing-masing wekekek. Tapi sekali lagi, passion saya emang kayaknya ngajarin orang jadi rasanya menyenangkan sekali bisa membantu dan mengatasi kesulitan orang lain. Saking puasnya dengan pembahasan, mereka semua sepakat rela membayar hahaha. Ya sudah, masa ada yang mau bayar kita tolak. Jadilah kelas berikutnya mereka membayar dengan nilai yang tidak terlalu mahal. Toh hasil dari mereka kita putar lagi untuk kegiatan yang lainnya 🙂

Kelas yang kedua, bahasannya lebih sederhana sebetulnya. Ini memang asalnya dari sekedar ngobrol tentang statistik dan perhitungan parameter sebuah blog. Dan seperti biasa, saya memang kadang punya cara tersendiri bagaimana bisa memiliki blog yang secara parameter bisa dianggap baik. Jadilah kelas berikutnya membuat sesuatu yang bisa membantu penambahan backlink.

Setelah ngobrol sana-sini, ternyata banyak yang curhat. Kalau acara begini jarang banget ada di Bogor. Makanya mereka sangat antusias sekali dan menyambut baik kalau diadakan lagi hehehe. Wah saya sama Alma sampe terharu dan terkaget-kaget. Apalagi pas pulang banyak yang kasi oleh-oleh. Huhuhu, rasanya apa yang kita berikan itu sebetulnya sangat mudah. Tapi ternyata bisa sangat bermanfaat untuk orang lain.

#NgobrolCantikBP Semarang

Ini ceritanya sekalian mudik. Lagipula saat sounding-sounding di socmed tentang #NgobrolCantikBP, banyak banget yang pengen dikunjungi untuk sekedar bahas-bahas tentang blog. Dan saya sendiri ngga nyangka sewaktu mengajak Komunitas Gandjel Rel Semarang buka puasa bersama sekalian #NgobrolCantikBP bakalan rame dan seru. Bahkan saking (katanya) pengen ikutan acara ini, pada jauh-jauh banget loh hiks.

Ada Mba Dian Nafi yang dateng jauh dari Demak sama anaknya. Ada juga Mba Tanti yang biasa ketemu di Facebook yang ternyata rumahnya di Kudus book. Waa saya sampe terharu dan terkaget-kaget mereka beneran mau dateng cuma buat ketemu saya *halaghh wkwkwk. Dan teman-teman blogger Semarang juga banyak yang dateng karena memang udah kenal lama.

Suasananya agak crowded karena memang tempatnya di resto. Ngga terlalu rame tapi dengan adanya bocah-bocah berkeliaran dan kayaknya pada ngantuk juga mau buka puasa, rasanya ngga terlalu konsen. Karena sempitnya waktu, jadi saya agak susah cari tempat yang enak yang ada wifi dan projektornya. Hal ini udah diantisipasi duluan sih, dengan saya mengirim materi untuk dilihat-lihat dan saya tinggal jelaskan saja saat acara.

Yang paling saya suka saat acara ini adalah rasa kekeluargaannya yang kental banget. Duh, apa karena saya Jawa aseli banget kali ya hehehe. Jadi ketemu temen-temen blogger Semarang udah kaya sodara. Apalagi mereka semua hangat dan baik banget. Paling senengnya mereka mendoakan BP biar terus maju dan semoga buka puasanya berkah. Huhuhu saya pengen nangis deh *pelukan ama Alma ama Mba Rora.

Pokoknya dua acara pas puasa ini berkesan banget buat saya. Gimana para blogger sedemikian ramah dan baik. Sudah seperti keluarga sendiri. Jadi bener banget kalau interaksi di socmed itu sebetulnya kurang banget gregetnya, bertemu langsung itu jauh lebih indah. Mau yaa kalo saya sering-sering yaa saya main ke tempat yang banyak bloggernya terutama di daerah hehehe.

Blogger Perempuan Komunitas?

Banyak banget nih yang nanya dan menyangka kalau BP itu komunitas hehehe. Tapi maap sekali, kami bukan komunitas. BP sendiri itu adalah pilot project saya dengan Alma dan Mba Rora. Tapi BP ini hanya salah satu loh. Masih ada beberapa ide-ide pilot project lain yang kami kerjakan. Kami hanya melihat, bahwa blogger masih banyak kebutuhan untuk menyempurnakan kegiatan blognya. Karena itu kita bikin sesuatu sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan itu.

Idenya sangat luas banget, karena aslinya kita bertiga memang onliner abis. Jadi udah menghabiskan sebagian hidup di dunia online wekekek. Kebukti dari ketiganya udah ngga ada yang kerja formal lagi. Semua merasa nyaman sebagai freelancer dan penuh totalitas buat ngerjain project yang sekarang dan yang akan datang. Kita sampe kehabisan tenaga banget karena ngerealisasikan ide-ide yang muncul.

Masih penasaran dan bingung apa itu Blogger Perempuan. Main-main yaa ke Blogger Perempuan ^^.