Pendidikan karakter pada anak, tidak bisa sepenuhnya kita lepaskan pada lingkungan sekolah. Inilah yang banyak terjadi. Yaitu dengan mengabaikan hal-hal penting yang seharusnya dimulai dari keluarga. Hal-hal mengkhawatirkan yang terjadi saat ini, seperti pejabat korupsi, pembunuhan, bully, dan banyak hal negatif lainnya ternyata semua itu bermula dari pendidikan karakter. Apabila sebuah keluarga telah menanamkan karakter yang baik pada anak, itu artinya telah menanamkan masa depan yang baik untuknya.

Pernyataan menarik ini saya dapatkan sewaktu menghadiri undangan seminar mengenai Karakter Anak di Sekolah Cita Persada Cinere Depok pada hari Selasa tanggal 8 September 2015. Acara ini berlangsung pagi yang disebut sebagai Morning Tea Break. Jadi para orang tua sambil menunggu anaknya sekolah, bisa menambah pengetahuan di acara pagi jam 9 sampai jam 10.30 ini. Acara seminar ini diadakan sebulan sekali dengan tema yang berbeda. Dan kali ini yang diangkat adalah mengenai pentingnya pembentukan karakter anak sejak dini.

sekolah-cita-persada1
Ruth Maureen – Principal of Sekolah Cita Persada

Menerapkan Karakter Pada Anak

Apa sebetulnya yang dimaksud karakter? Menurut Heraclitus, Karakter adalah Nasib. Karakter adalah yang menentukan bagaimana nasib seseorang dan masyarakat. Sehingga apabila seseorang memiliki karakter yang baik, maka nasibnya akan menjadi baik pula. Bahkan menurut Aristoteles, bahwa seseorang akan menjadi bahagia apabila seseorang tersebut dapat memberikan kontribusi positif pada orang lain. Tidak dengan harta yang banyak, jabatan yang tinggi, dan yang bersifat material. Akan tetapi karakter yang mampu menjadikan seseorang memiliki kebahagiaan hakiki.

Karakter ini tidak dibatasi oleh waktu dan budaya. Kita dapat menemukan orang dengan karakter baik di negara mana saja. Seperti misalnya Jepang yang apabila kita kehilangan barang seperti dompet, maka akan bisa kembali dengan melapor ke polisi. Karena biasanya yang menemukan akan mengembalikannya ke kantor polisi. Nyaris semua barang yang hilang akan dapat ditemukan kembali di negara ini.

sekolah-cita-persada3

Begitu juga dengan negara lain yang sangat rapi dalam antrian, terutama di toilet. Toilet dengan banyak pintu, orang-orang tidak akan antri di depan pintunya masing-masing. Melainkan pada pintu masuk toilet paling depan. Hal ini membuktikan bahwa karakter itu akan ada di mana saja dan diterapkan pada orang-orang di seluruh dunia.

Sayangnya, di Indonesia tingkat kejahatan masih terlalu banyak. Seringkali kita mendengar banyak berita kriminal di media, yang dilakukan oleh siapa saja. Tidak terpaku oleh gender atau pun jabatan seseorang. Dari sinilah, pembentukan karakter harus mulai diterapkan pada anak-anak. Untuk menentukan nasib mereka di masyarakat yang lebih baik tentunya. Hal ini harus diterapkan sejak dini karena membentuk karakter, itu sama saja dengan menanam benih pada anak.

Karakter Berkualitas

Berbagai macam karakter yang harus kita latih dan kita terapkan pada anak ada banyak sekali. Mulai dari tanggung jawab, integritas, kebaikan, saling menghormati, kejujuran, pengendalian diri, sikap, dan masih banyak lainnya. Dan semua karakter ini harus diajarkan setiap saat kepada anak. Bahkan orang tua harus mampu bijaksana dalam mengajarkannya. Karena akan sangat berbeda antara cara berpikir dan cara analisa antara orang tua dan anak.

Character’s Words + Character’s Action = Character Trait

Rumus sederhana yang dimulai dari karakter itu sendiri ditambahkan implementasi dari karakter maka kemudian akan terlihat ciri dari karakter. Sebuah karakter berkualitas apabila orang tua selalu berhati-hati akan kata, tingkah laku, dan kebiasaan. Karena segala tingkah laku, kata, dan kebiasaan itu akan ditiru oleh anak, untuk kemudian diteruskan kepada orang lain. Jadi tidak heran apabila ada seorang suami yang kasar kepada istrinya, kemudian dilihat anak dan di masa yang akan datang, anak tersebut akan melakukan hal yang sama kepada istrinya kelak.

Diantara semua karakter baik, pengendalian diri adalah karakter yang paling susah dan harus diajarkan sejak dini. Pengendalian diri ini tidak akan terjadi tanpa latihan yang panjang dan dalam waktu yang singkat. Sehingga penanaman karakter pengendalian diri harus dilakukan sedari kecil. Semudah mengajarkan anak untuk datang setiap kali dipanggil, mengajarkan untuk tidak menginterupsi pembicaraan orang tua, mengendalikan amarah, dan harus mampu mendengarkan apa yang dibicarakan oleh orang tuanya.

heraclitus-karakter

Hal penting lainnya dalam menerapkan karakter adalah mengajarkan mereka untuk memberikan tanggapan positif saat ditegur. Ini penting, sehingga dalam kehidupan bermasyarakat mereka akan sadar bahwa ditegur itu bukan berarti salah. Namun harus memiliki konsekuensi atas apa yang dilakukannya. Terutama akan mampu menanggapi dengan baik setiap teguran yang datang.

Untuk mendisiplinkan anak, ada berbagai macam kegiatan yang dapat diikuti. Seperti misalnya latihan musik, olahraga, tanggung jawab atas pekerjaan rumah, dan kegiatan positif lainnya yang bisa dilakukan sedari kecil. Dan menerapkan karakter baik pada anak tentunya akan menjadi tantangan terbesar bagi orang tua. Bahkan menjadi tantangan untuk bijaksana dalam mempersiapkan anak yang sukses karena karakter baik mereka.

Sekolah Cita Persada

Karakter yang baik selain didapat dari orang tua, lingkungan juga akan sangat berpengaruh. Oleh karena itu sekolah Cita Persada menerapkan intelegensi dan pembentukan karakter yang merupakan tujuan utama pendidikan. Pada tahun 2006, Sekolah Cita Persada berdiri dengan filosofi :

Intelligence plus Character, that is goal of true education” – Martin Luther King, Jr.

Hal inilah yang menjadi visi dan misi dari Sekolah Cita Persada. Bagaimana membentuk sebuah individu yang akan menjadi seorang pemimpin di masa depan, seorang yang kredibel, dan tentu saja terpercaya. Tentunya ditunjang dengan pendidikan yang berkualitas dan menghargai perbedaan serta hak anak untuk mendapatkan pengajaran yang terbaik.

Untuk menunjang visi dan misi, berbagai fasilitas dan keunggulan tentunya disiapkan yang terbaik. Mulai dari nilai akreditasi A dari pemerintah sampai program yang diadopsi langsung dari metode terbaik. Antara lain Project-Based Approach, Concept-Based Approach, Montessori Approach, Creative Curriculum Approach, dan Character Building.

sekolah-cita-persada2

Sekolah ini menjadikan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar karena sebagian siswa memiliki orang tua campuran. Berbagai fasilitas terbaik disiapkan di gedung sekolah, yang merupakan milik sendiri dan membantu pembentukan karakter anak dan meningkatkan intelegensi dengan kurikulum Cambridge (Inggris, Matematika, dan Sains).

Karakter baik anak sudah harus dipupuk semenjak dini. Karena seperti kutipan dari Heraclitus, karakter yang baik itu tidak dapat dibentuk dalam waktu seminggu atau sebulan. Tapi dibuat dari hal yang kecil dan dilakukan setiap hari. Proses yang panjang dan kesabaran sangat dibutuhkan untuk membentuk karakter yang baik. Dan rasanya ini jadi peer yang panjang bagi orang tua, termasuk saya 🙂

Alamat Sekolah Cita Persada

 Jl. Cinere Raya No. 3, Depok, 16514 Indonesia
Phone: +62 21 754 1010, Fax : +62 21 753 5751
Hp : +628 121 777 7510, PIN BB : 5185CA00

Web : http://www.citapersada.com/