Kalau sedang akhir tahun dan bertepatan dengan liburan sekolah anak, pasti yang dicari adalah tempat liburan yang dekat dengan daerah tempat tinggal dan praktis. Saya yang tinggal di Tangerang merasa lebih nyaman pergi ke daerah yang dapat dijangkau dengan kendaraan. Seperti puncak, Bogor, dan Bandung. Pilihannya itu karena tahun lalu sudah pergi ke Lombok.

Dan waktu itu juga bertepatan dengan liburan akhir tahun plus liburan sekolah. Wuih ekstra budget banget. Makanya tahun ini pengennya yang deket-deket aja. Tentunya hal pertama yang saya siapkan adalah akomodasi. Dengan banyaknya pilihan hotel udah pasti membuat bingung. Bolak-balik saya membuka aplikasi pemesanan hotel untuk mencari yang sesuai dengan kebutuhan. Antara kantong dan juga fasilitas. Maklum deh, kedua anak saya itu kalau cari hotel wajib banget ada kolam renangnya.

Setelah menimbang-nimbang, ada beberapa pilihan hotel yang bagus dan cocok. Saya list aja dulu deh untuk catatan:

>>> Hotel Bintang Dua. Kelas ini udah populer banget di kalangan backpacker. Pasti ngerti banget dengan istilah budget hotel. Hotel dengan manajemen yang biasanya dari manajemen besar ini menawarkan fasilitas yang lumayan. Harganya juga disesuaikan dengan kebutuhan. Seperti misalnya dengan atau tanpa sarapan. Fasilitas standar lainnya adalah kamar mandinya sudah termasuk dengan keperluan mandi standar. Seperti sabun, shampoo, handuk, dan shower. Tidak lupa ada televisi juga sebagai hiburan di dalam kamar.

Salah satu hotel bintang dua di Bandung adalah Amaris Hotel Cihampelas yang ada di Jalan Cihampelas No.171 Bandung. Hotelnya lumayan banget untuk keluarga. Memiliki 130 smart room, harganya juga terjangkau. Dari situs resminya, harga terendahnya adalah Rp289.256. Murah kan ya. Sayangnya, kolam renangnya hanya sebagai hiasan. Kecil dan terletak di ruang sarapan lantai dasar.

memilih-hotel-di-bandung

>>> Hotel Bintang Tiga. Hotel ini sering disebut sebagai Comfort Class Hotel. Harganya juga masih terjangkau, namun fasilitasnya cukup mewah dari hotel bintang dua. Layanan ini mengedepankan service seperti layanan mengangkat koper, telepon dalam kamar, akses internet, laundry, bahkan di kamar mandi juga tersedia hairdryer.

Salah satu hotel bintang tiga yang ada di Bandung adalah Ibis Bandung Trans Studio. Hotel ini terletak di Jalan Gatot Subroto No 289. Total kamar yang dimiliki ada 606 untuk tipe standar. Harganya pun ngga terlalu mahal. Masih di kisaran Rp368.000.

>>> Hotel Bintang Empat. Tipe hotel ini sudah masuk ke tipe hotel First Class. Standarnya tentu saja tambahan dari hotel bintang tiga dengan adanya lobby, layanan makan dan minum di kamar, minibar, kursi atau sofa dengan meja, mantel mandi dan selop, dan restoran a la carte.

Salah satu hotel bintang empat ini adalah Grand Royal Panghegar Hotel Bandung yang berada di Jalan Merdeka No. 2, Bandung. Hotelnya sih menawarkan beberapa pilihan kamar seperti Merdeka twin dengan luas 28 meter persegi, condotel studio dengan luas 34 meter persegi, ros executive condotel dengan luas 42 meter persegi, pasundan suite, dan parahyangan suite.

Dilihat dari situs resminya, harga kamar terendah per malam dibanderol senilai Rp455.000. Yang pasti harga kamar bisa berubah kapan aja kan. Jadi biasanya saya rutin mengecek harga terbarunya. Kalau mau reservasi juga bisa kok melalui situs Traveloka.

>>> Hotel Bintang Lima. Pilihan yang paling mantap diantara keempat tadi itu tentu saja kelas tertinggi, yaitu hotel bintang lima. Biasanya dikenal dengan istilah Luxury Hotel. Standar yang wajib dipenuhi hotel bintang ini meliputi standar hotel bintang empat ditambah fasilitas parkir valet dan layanan membukakan pintu, lobi hotel yang luas, serta kotak penyimpanan di kamar.

Salah satu hotel bintang lima yang ada coba di Bandung adalah Sheraton Bandung Hotel & Towers yang berada di Jalan Ir. H. Juanda No. 390. Hotel ini memiliki total 156 kamar yang dibagi menjadi beberapa tipe kamar seperti deluxe, garden access, pool view, dan pool access dengan luas 32 meter persegi.

Tipe kamar lainnya adalah kamar executive dengan luas 39 meter persegi, towers dan towers cabana dengan luas 42 meter persegi. Kemudian, junior suite dengan luas 64 meter persegi, executive suite dengan luas 96 meter persegi, towers suite dengan luas 90 meter persegi, dan presidential suite dengan luas 135 meter persegi. Dari situs resminya sih, harga kamar terendah per malam dibanderol senilai Rp1.233.750.

Wah nampaknya saya kudu semedi dulu untuk memilih hotel yang cocok untuk keluarga, terutama anak-anak. Apalagi kalau lagi peak season kaya gini pasti harganya juga ikut-ikutan melonjak. Mumpung lagi libur akhir tahun dan mumpung anak-anak libur sekolah, pengen banget deh bisa santai di hotel seperti tahun-tahun sebelumnya. Enakan pilih hotel yang mana ya?