Besaran tarif listrik apalagi rumah tangga saat ini tidak dapat diprediksi besarannya. Kadang naik dan kadag turun. Ternyata ada beberapa faktor yang mempengaruhi besaran Tarif Tenaga Listrik. Antara lain kurs Dolar, harga minyak mentah, dan inflasi. Semakin tingi pengaruhnya ketiga hal tersebut maka semakin tinggi pula harga yang terpengaruh, begitu juga sebaliknya. Dari pada pusing mikirin ketiga hal tersebut yang tentunya berpengaruh dengan keuangan keluarga, ada cara lebih praktis untuk menghemat listrik.

Matikan Dua Lampu

Masih ingat kampanye pemerintah untuk berhemat listrik saat malam hari. Iya, cukup matikan dua lampu saja yang ruangannya tidak digunakan. Menurut perhitungan, jika 10% saja warga Jakarta mau mematikan dua lampu dalam sehari, sebesar 300 megawatt mampu dihemat atau mempu menghemat sebesar 200 juta rupiah. Angka yang cukup besar dan patutnya bersyukur sekali kita yang di Pulau Jawa ini jarang sekali ada pemadaman bergilir.

Masih terkait dengan kampanye berhemat listrik dengan lampu, Phillips yang sejalan dengan pemerintah untuk menghemat energi meluncurkan suatu produk dengan teknologi LED. Suatu teknologi yang diklaim mampu menghemat menghemat sebesar 60%. Dengan penggunaan LED ini di industri sampai kebutuhan rumah tangga, maka tentunya akan menghemat listrik dan juga biaya yang cukup besar.

Saat acara Lighting Media Gathering dan Mini Expo, yang diadakan pada hari Selasa tanggal 22 September 2015 di ICE BSD City Tangerang, hal menarik tentang LED ini didemonstrasikan. Bagaimana puluhan lampu LED, mampu menyala hanya dengan energi yang kecil. Iya, hanya dari gowesan sepeda yang menghasilkan energi dan mampu menyalakan sekitar dua puluh lampu yang tersambung. Terbukti bahwa LEB sangat irit dalam penggunaan energi. 

Mari Berani Lebih Hemat

Sudah pernah tau harga satu buah lampu Phillips? Percaya tidak percaya, harganya tidak lebih dari sebuah burger yang biasa kita makan. Yap, dengan mulai dari sekitar 25ribuan, kita sudah bisa memakai teknologi LED yang hemat listrik dan hemat biaya. Tidak perlu dari yang besar, bisa dimulai dari rumah kita sendiri. Berhemat dari yang lingkungan sendiri.

Selain untuk keperluan rumah tangga, kebutuhan ruangan yang spesifik juga menjadi bagian penting dari inovasi LED dari Phillips. Mulai dari kamar tidur anak yang memiliki sensor gerak, sehingga pada saat anak-anak tidur lampu dapat mati, sampai penggunaan ruangan dapur yang memiliki penerangan maksimal namun tidak panas. Solusi pencahayaan lainnya adalah Dynalite yang terdiri dari dua warna yaitu kuning dan putih yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan ruangan.

Begitu juga untuk solusi kebutuhan industri yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan tentunya menghemat energi. Seperti adanya solusi untuk perkantoran, hotel, display toko, penerangan jalan berbasis energi matahari, energi yang dapat disimpan dan dapat digunakan untuk wilayah yang belum terjangkau listrik, bahkan kontrolnya dapat dikendalikan oleh aplikasi di smartphone atau tablet.

ICE Menggunakan Solusi Penerangan dari Phillips

Sebagai fasilitas terbaik untuk pameran di Indonesia, ICE yang memiliki luas lebih dari 30x lapangan sepak bola tentunya juga mempertimbangkan penghematan energi dan efisiensi biaya. Atas dasar itulah, proyek lighting ICE dipercayakan oleh Phillips yang semua lampunya menggunakan Luminer LED. Phillips menyiapkan 20.000 titik lampu baik di dalam ruangan pameran maupun di luar bangunan. Penggunaan Luminer LED ini menjadikan gedung tampak megah dan yang paling penting adalah mampu menghemat biaya operasional.

Proyek penerangan ICE ini menjadi salah satu proyek terbesar dan memuaskan bagi Phillips. Karena tim Phillips bekerja sama dengan pengembang dan tim arsitektur terkemuka. Sehingga Philips mampu berkontribusi dari berbagai aspek pembangunan seperti kreativitas, teknis, dan juga operasional yang tentunya menghasilkan sebuah tempat yang memiliki penerangan yang luar biasa namun tetap hemat energi.

Phillips melalui Bapak Chandra Vaidyanathan selaku Senior Vice President & Country Manager Philips Lighting Indonesia, berkomitmen untuk terus berinovasi dan tentunya dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Tidak hanya untuk masyarakat perkotaan namun juga wilayah yang tidak terjangkau listrik dengan menyediakan solusi pencahayaan berbasis energi surya.