Pengen bikin visa Korea? K-Pop dan K-Drama menjadi salah satu pemicu larisnya orang berbondong-bondong liburan ke Korea. Korean wave ini bener-bener mendunia efeknya, ngga terkecuali Indonesia. Saya masih inget waktu malam nongkrong di Cafe Mouse Rabbit punya Yesung, seorang cewe Prancis cantik menyapa saya dan kami ngobrol. Dia bela-belain gitu untuk dapetin visa libur kerja di Korea dan semangat banget belajar bahasa Korea. Hanya karena dia adalah fans berat Super Junior.

visa-koreaDan saya rasa, orang Indonesia yang pada nyasar ke postingan tentang Visa Korea juga punya minat yang sama wekekek. Karena terbius oleh wave-nya. Saya juga kok *pengakuan. Nah, semenjak saya memposting tulisan Membuat Visa Korea, banyak sekali komentar yang masuk menanyakan pertanyaan yang kurang lebih sama. Ngga hanya di komentar, pertanyaan melalui email juga saya dapat hampir tiap hari. Banyak kebimbangan, kegalauan, dan ketakutan di situ *halah.

Saya dengan analisa sotoy saya, berusaha memberikan gambaran dan analisa sesuai kondisi mereka masing-masing. Ya saya agak sok tau, karena banyak juga yang heran saya bisa semacam jadi konsultan wkwkwk. Tapi semua kan berdasarkan pengalaman aja dan banyak baca kasus berbeda, jadi saya bisa ambil benang merahnya. Dan dari semua pertanyaan yang masuk, enaknya saya rangkum lagi aja kali ya biar lebih jelas. Terutama tentang dokumen dan beberapa contoh kasus berbeda.

Mba yang harus dipersiapkan apa aja kalau mau buat Visa Korea?

Pertama tentu saja menentukan visanya untuk keperluan apa. Kalau untuk jalan-jalan dengan dana pribadi, bisa mengajukan Visa Turis Pribadi. Dan kalau sebagai turis pribadi, menurut situs resmi kedutaan, dokumen di bawah ini wajib untuk dimasukkan ke dalam berkas permohonan :

  • Formulir permohonan visa plus photo 4×6 ditempel
  • Passport asli dan fotokopi passport
  • Kartu keluarga
  • Surat keterangan kerja dan SIUP, jika tidak bekerja surat keterangan tersebut tidak diperlukan
  • Fotokopi bukti keuangan (pilih salah satu : SPT, PBB, Rekening koran 3 bulan, tagihan kartu kredit 3 bulan terakhir, surat keterangan membership golf, surat keterangan pemegang membership hotel bintang 5, surat keterangan pemegang Jamsostek, bukti tunjangan pensiun)
  • Pelajar perlu melampirkan surat keterangan pelajar dan bukti keuangan milik orang tua
  • Bagi ibu rumah tangga agar melampirkan bukti keuangan milik suami

Source

Bener ya mba itu aja syaratnya?

Ada tambahan sebetulnya yang penting yaitu :

trazy.com

  • Surat referensi bank
  • Surat sponsor
  • Surat ijin.

Kenapa pakai surat referensi bank? Buatnya dimana?

Saya lupa baca dimana, tapi surat referensi bank dan rekening koran ini satu kesatuan yang tidak terpisahkan *tsah. Untuk membuat surat referensi ini bisa di bank dimana kita nge-print rekening koran. Biayanya berbeda tiap bank dan format suratnya juga berbeda. Nanti tinggal tanya sama bank bersangkutan aja. Intinya surat referensi ini menyatakan bahwa kita memang nasabah di bank tersebut dan nasabah baik hati.

Surat sponsor untuk apa ya? Kan ngga ada di persyaratan?

Jadi gini, kan ada beberapa kasus berbeda. Seperti mahasiswa, pengangguran, ibu rumah tangga, dan yang tidak berpenghasilan secara dokumen (jualan online shop misalnya). Ini tidak bisa mendapatkan surat keterangan bekerja kan. Jadi sebagai gantinya adalah surat sponsor, yang bertanggung jawab masalah keuangan kita. Di sini bisa orang tua, suami, teman, atau bahkan diri sendiri.

Yang jadi masalah adalah dokumen keuangannya, karena berkaitan dengan surat sponsornya. Misalkan, mahasiswa yang dibiayai orang tuanya maka sponsornya adalah orang tuanya dan rekening korannya milik orang tua. Atau istri yang disponsorin suaminya, maka rekening korannya adalah milik suaminya. Tapi ngga masalah juga pakai rekening sendiri kalau memang sudah disiapkan untuk perjalanan. Jadi bisa dua alternatif ya.

Jadi kalau bekerja ngga perlu surat sponsor ya?

Ngga, kan hanya surat keterangan kerja aja. Dan ada pernyataan kalau benar memang karyawan di perusahaan ini. Kemudian tercantum juga memiliki ijin untuk ke Korea dan perusahaan menjamin tidak akan mencari pekerjaan di Korea. Semua jadi satu di surat keterangan kerja.

Terus surat ijin untuk apa?

Intinya sih, surat ijin ini adalah pernyataan kalau memang kita diijinkan wali untuk bepergian. Kalau mahasiswa pakai surat ijin dari orang tua dan surat keterangan mahasiswa. Kalau istri tentunya surat ijin dari suami. Dan saya waktu itu memakai materai 6000.

Kapan saya bisa mulai mengurus visa ?

Visa berlaku selama 3 bulan dari approval. Jadi 3 bulan paling cepet sebelum tanggal tiket sudah bisa apply. Lama tinggalnya sampai 90 hari dihitung dari hari pertama kita menginjakkan kaki di Korea. Kalau single entri, ya cuma bisa sekali masuk aja ya. Kalau mau balik lagi harus mengajukan visa baru.

Boleh ngga bukti keuangan saya melampirkan surat keterangan Jamsostek ?

Boleh, kan ada di persyaratan dan kalau ada ini ngga perlu copy rekening koran lagi.

Berapa kira-kira jumlah rekening yang diperlukan supaya bisa lolos ?

Waini, saya juga pastinya kurang tau. Karena setelah browsing sana-sini, yang punya 5 juta di rekeningnya juga lolos, yang 50 juta juga lolos. Tapi rumus sederhananya adalah jumlah hari selama di Korea x 1 juta. Nah sejumlah itulah yang harus ada di rekening.

Rekening koran yang bagus itu kaya gimana mba?

Ini sebetulnya perkiraan saya aja ya. Tapi yang penting, dalam 3 bulan ada transaksi tercatat keluar masuk uang. Dalam artian, rekeningnya aktif dan memang ada pendapatan tetap yang masuk di situ. Kalau rekeningnya ada dua, ya masukkan aja dua-duanya ngga masalah. Jadi dari rekening koran itu, memang terlihat kalau kita memang punya penghasilan tetap di Indonesia.

Saya ngga ada saldo endapan nih mba?

Ya bisa aja ditransfer dulu, tapi tetap harus transfernya dari rekening atas nama sendiri juga. Kalau mau pinjem temen, dua kali kerja ya. Jadi dari rekening temen, masuk ke rekening 1, pindahin lagi ke rekening 2 yang mau diajukan. Nanti di rekening koran terlihat pindahan saldonya dari rekening kita juga.

Paspor saya masih kosong dan baru, kira-kira bisa lolos ngga ya mba?

Beberapa yang saya baca, walaupun paspor masih kosong tetap visanya diterima sepanjang dokumen lengkap dan menyakinkan.

Apalagi yang perlu disiapkan ya mba? Tiket, itin, asuransi, dll itu perlu ngga?

Pertama, saya mau bilang kalau tiket tidak termasuk dalam dokumen yang dipersyaratkan. Dan saya lihat dengan mata sendiri saat petugasnya memfilter dokumen, dia akan membuang copy tiketnya. Jadi tidak diperlukan.

Sedangkan itin, ini lumayan penting jadi sebaiknya disiapkan dan dilampirkan. Asuransi juga merupakan optional aja, kalau ada dilampirkan, kalau ngga ada juga ngga papa. Kalau merasa bukti keuangan kurang menyakinkan, bisa melampirkan 1 lagi tambahan dokumen yang ada dipersyaratan. Seperti misalnya tagihan kartu kredit 3 bulan terakhir (bisa punya sponsor atau milik sendiri).

Booking penginapan juga ngga diperlukan sebetulnya. Yang penting semua tercantum dalam itin, dimana kita akan tinggal dan menginap selama di Korea.

Jadi enaknya saya urus visa dulu atau tiket dulu mba ?

Gini, ini berkaitan dengan harga kan. Artinya budget kita sebagai traveler. Biasanya karena dapet tiket promo, berangkatnya masih setahun kemudian. Nah masa-masa itu kita bisa siapkan rekening korannya biar agak cakepan gitu. Jadi kemungkinan visa diterima menjadi lebih besar. Ya jangan lupa berpikir positif aja visanya diloloskan yak. Kan udah persiapan toh 😀

Kalau harga tiket pesawat ngga masalah, ya bolehlah apply visa dulu baru beli tiket. Karena biasanya kan kalo bepergian dalam 3 bulan ke depan harga tiket pesawat akan menjadi mahal.

Saya diluar kota nih mba, gimana dong?

Alternatifnya bisa menitip travel untuk memasukkan dokumen. Atau menitip sodara yang ada di Jakarta. Kalau berani bisa mengirimkan melalui pos, tapi mending telpon dulu aja kedutaannya ya.

Intinya kenapa ya mba visa korea kita bisa diterima atau ditolak?

Kalau saya melihatnya adalah seberapa besar kemampuan dokumen kita untuk menyakinkan konselor. Jadi di dalam dokumen yang kita lampirkan, kita bisa menunjukkan kalau kita memang punya pekerjaan tetap disini, punya penjamin, memiliki ijin untuk bepergian, memiliki uang untuk dihabiskan, dan tidak akan melakukan over stay atau bahkan malah menjadi penduduk ilegal.

Jadi apa aja list dokumen yang diperlukan mba?

Ini yaa, saya list lagi dan saya kasi link donlodnya sekalian :

Kalo ada pertanyaan lagi, di komentar aja yaa. Gud luck visanya ^^.