Mempersiapkan sebuah acara pernikahan tentunya sangat memakan energi. Ada banyak hal detail yang harus ditentukan jauh-jauh hari. Belum lagi dengan banyaknya pilihan, rekomendasi, kemauan, dan budget tentunya akan membatasi sejauh mana kita mendapatkan sebuah pesta yang diinginkan.

Memikirkan tentang hal detail, saya sampai harus mendownload wedding checklist yang banyak beredar di forum dan blog saat itu. Penting juga sih, jadi kita tau harus melakukan apa dan persiapan apa saja yang harus dilakukan. Menurut hemat saya, lebih enak kalau melakukan persiapan pernikahan sendiri. Jadi tidak harus menggunakan wedding organizer.

Saya sendiri saat itu tidak menggunakan wedding organizer, jadi semua betul-betul diurus sendiri. Mulai dari mencari gedung sampai mengurus ke KUA. Apalagi calon saat itu tidak satu kota, jadi kebayang dong ribetnya mengurus ini itu hehehe. Tapi syukurlah semua berjalan lancar walaupun hanya dibantu oleh ibu dan ibu mertua.

Budgeting Pernikahan

Hal pertama yang harus disiapkan pertama kali adalah menentukan berapa banyak tamu yang akan diundang dan hadir. Maksudnya adalah, misalnya mengundang 200 orang, maka yang akan hadir adalah 400 orang. Tentunya ini menyesuaikan dengan budget. Sehingga semua hitungan akan dimulai dari angka ini.

Setelah mengetahui angka pastinya, maka sudah bisa memulai memesan hal yang diperlukan. Dari pengalaman saya, secara berurutan hal yang harus dipesan secara garis besar adalah sebagai berikut :

  • Gedung + Dekorasi

Pemesanan gedung, terutama gedung yang populer akan memakan waktu lama. Rata-rata antara enam bulan sampai setahun. Inilah kenapa pernikahan harus direncanakan jauh hari. Pemilihan gedung sangat terkait kapasitas undangan. Semakin banyak jumlah undangan, maka ruangan gedung yang dibutuhkan akan semakin besar.

dekorasi

Dokumen Pribadi

Harganya juga akan sangat bervariasi. Tergantung besar kecilnya gedung dan lokasi. Kepopuleran gedung juga turut mendongkrak harga. Semakin gedung populer, maka semakin panjang daftar tunggu penggunaannya. Apabila membooking gedung, jangan lupa untuk menanyakan vendor dekorasi. Hal ini penting, karena akan hasil dekorasi akan lebih bagus apabila vendor yang menangani sudah terbiasa di gedung tersebut.

  • Catering

Inti dari resepsi pernikahan sebetulnya adalah makanan. Sebuah resepsi biasanya akan dinilai dari enak atau tidak makanan, atau ketersediaan makanan yang mencukupi bagi undangan. Pilihlah vendor catering yang sudah terkenal dan memiliki reputasi baik.

Jangan sampai saat terjadi miskomunikasi, seperti misalnya makanan yang tidak cepat diisi ketika habis atau penghitungan jumlah piring yang tidak sesuai pesanan. Yang terpenting adalah sudah melakukan tester makanan untuk menjamin bahwa masakannya enak.

catering

Dokumen Pribadi

Pilihan harga untuk catering biasanya berdasarkan paket. Ada yang tergantung dengan paketan harga yang sudah tercantum. Tinggal menyesuaikan dengan jumlah tamu dan harga paket yang masuk dalam budget. Oia, penghitungan piring biasanya hanya dihitung 80% saja. Karena biasanya tidak 100% tamu yang diundang akan hadir.

  • Undangan + Souvenir

Untuk menekan budget, undangan dan souvenir dapat menyesuaikan. Pasalnya, undangan hanya untuk dibaca sekali saja dan souvenir hanya sebagai tanda terima kasih. Sehingga untuk menekan budget dapat memilih harga yang paling sesuai. Pilihannya pun bervariasi dengan fungsional yang menarik.

undangan

Dokumen Pribadi

Hunting undangan dan souvenir ini bisa dilakukan secara online melalui situs Bridestory. Sebuah situs vendor directory khusus wedding, yang memudahkan calon pengantin mendapatkan kebutuhan pernikahan. Termasuk undangan dan souvenir. Jadi sangat menghemat waktu.

lamgo

Credit : Lamgo Souvenir

Ada banyak pilihan vendor di Bridestory. Tentunya dengan fitur yang menarik. Mulai dari review, kontak vendor, melihat daftar harga, dan melihat portfolio dari vendor tersebut. Bahkan kita juga bisa melihat streaming Instagram langsung di halaman vendor tersebut.

Penggunaan situs Bridestory juga sangat mudah. Tinggal login dengan akun media social yang dimiliki tanpa harus repot membuat akun baru. Setelah login, baru deh bisa sepuasnya memilih berbagai vendor. Seperti vendor Lamgo Souvenir misalnya.

  • Rias pengantin + Baju pengantin

Sebagai pengantin yang biasa disebut ratu sehari, penting untuk mendapatkan perias yang bagus. Maklum, di hari penting dan bersejarah tentunya ingin tampil manglingi bukan. Dan untuk hal ini, ada baiknya melakukan test make up terlebih dahulu. Sehingga tidak akan kecewa dengan hasilnya.

Untuk menghemat budget, baju pengantin sebaiknya menggunakan satu paket yang disediakan oleh perias. Karena biaya menjahit baju pengantin akan lebih besar dibandingkan dengan menyewanya. Pilihan warna baju pengantin lebih bagus menggunakan warna kontras sehingga tidak tenggelam oleh dekorasinya. Lebih bagus lagi menyesuaikan dengan warna tema resepsi dan dekorasi catering.

  • Seragam

Bahan kain untuk seragam bisa dipilih di toko kain grosir. Pilihannya sangat bervariasi dengan kualitas yang sesuai dengan harganya. Akan tetapi, kain dengan satu motif biasanya hanya disediakan dalam 1 gulung saja. Jadi pastikan untuk menentukan jumlah kain yang tepat. Karena kalau stok kain sudah habis, belum tentu apabila mencari lagi bisa menemukan kain yang sama persis.

  • Photography & Video

Bagian terakhir yang biasanya dicari adalah photo. Karena memang lebih mudah dan hanya digunakan saat mendekati hari H. Lebih baik mencari satu vendor photo. Sehingga sudah termasuk photo prewedding, photo saat acara, photo candid, dan video untuk dokumentasi.

photo1

Dokumen Pribadi

  • KUA

Kalau semuanya sudah disiapkan. Jangan lupakan hal yang paling penting. Yaitu persyaratan untuk menjadi pasangan yang sah. Dua bulan sebelumnya sudah harus melengkapi di KUA setempat dan mendapatkan penghulu untuk akad nikah. Persyaratannya memang tidak susah tapi tentunya memakan waktu karena ada surat menumpang nikah, pemeriksaan kesehatan, dan dokumen lainnya yang diperlukan.

Untuk pelaksanaan pernikahan dan resepsi bagi orang muslim, katanya bulan terbaik adalah bulan haji. Dan pada bulan ini, hampir semua gedung telah habis dipesan jauh hari sebelumnya. Jadi apabila memilih tanggal di bulan haji, pastikan bahwa semua vendor tersedia. Happy planning 🙂