Now Reading
Perencanaan Resepsi Pernikahan Tanpa Wedding Organizer

Perencanaan Resepsi Pernikahan Tanpa Wedding Organizer

Mempersiapkan sebuah acara pernikahan tentunya sangat memakan energi. Ada banyak hal detail yang harus ditentukan jauh-jauh hari. Belum lagi dengan banyaknya pilihan, rekomendasi, kemauan, dan budget tentunya akan membatasi sejauh mana kita mendapatkan sebuah pesta yang diinginkan.

Memikirkan tentang hal detail, saya sampai harus mendownload wedding checklist yang banyak beredar di forum dan blog saat itu. Penting juga sih, jadi kita tau harus melakukan apa dan persiapan apa saja yang harus dilakukan. Menurut hemat saya, lebih enak kalau melakukan persiapan pernikahan sendiri. Jadi tidak harus menggunakan wedding organizer.

Saya sendiri saat itu tidak menggunakan wedding organizer, jadi semua betul-betul diurus sendiri. Mulai dari mencari gedung sampai mengurus ke KUA. Apalagi calon saat itu tidak satu kota, jadi kebayang dong ribetnya mengurus ini itu hehehe. Tapi syukurlah semua berjalan lancar walaupun hanya dibantu oleh ibu dan ibu mertua.

Budgeting Pernikahan

Hal pertama yang harus disiapkan pertama kali adalah menentukan berapa banyak tamu yang akan diundang dan hadir. Maksudnya adalah, misalnya mengundang 200 orang, maka yang akan hadir adalah 400 orang. Tentunya ini menyesuaikan dengan budget. Sehingga semua hitungan akan dimulai dari angka ini.

Setelah mengetahui angka pastinya, maka sudah bisa memulai memesan hal yang diperlukan. Dari pengalaman saya, secara berurutan hal yang harus dipesan secara garis besar adalah sebagai berikut :

  • Gedung + Dekorasi

Pemesanan gedung, terutama gedung yang populer akan memakan waktu lama. Rata-rata antara enam bulan sampai setahun. Inilah kenapa pernikahan harus direncanakan jauh hari. Pemilihan gedung sangat terkait kapasitas undangan. Semakin banyak jumlah undangan, maka ruangan gedung yang dibutuhkan akan semakin besar.

dekorasi

Dokumen Pribadi

Harganya juga akan sangat bervariasi. Tergantung besar kecilnya gedung dan lokasi. Kepopuleran gedung juga turut mendongkrak harga. Semakin gedung populer, maka semakin panjang daftar tunggu penggunaannya. Apabila membooking gedung, jangan lupa untuk menanyakan vendor dekorasi. Hal ini penting, karena akan hasil dekorasi akan lebih bagus apabila vendor yang menangani sudah terbiasa di gedung tersebut.

  • Catering

Inti dari resepsi pernikahan sebetulnya adalah makanan. Sebuah resepsi biasanya akan dinilai dari enak atau tidak makanan, atau ketersediaan makanan yang mencukupi bagi undangan. Pilihlah vendor catering yang sudah terkenal dan memiliki reputasi baik.

Jangan sampai saat terjadi miskomunikasi, seperti misalnya makanan yang tidak cepat diisi ketika habis atau penghitungan jumlah piring yang tidak sesuai pesanan. Yang terpenting adalah sudah melakukan tester makanan untuk menjamin bahwa masakannya enak.

catering

Dokumen Pribadi

Pilihan harga untuk catering biasanya berdasarkan paket. Ada yang tergantung dengan paketan harga yang sudah tercantum. Tinggal menyesuaikan dengan jumlah tamu dan harga paket yang masuk dalam budget. Oia, penghitungan piring biasanya hanya dihitung 80% saja. Karena biasanya tidak 100% tamu yang diundang akan hadir.

  • Undangan + Souvenir

Untuk menekan budget, undangan dan souvenir dapat menyesuaikan. Pasalnya, undangan hanya untuk dibaca sekali saja dan souvenir hanya sebagai tanda terima kasih. Sehingga untuk menekan budget dapat memilih harga yang paling sesuai. Pilihannya pun bervariasi dengan fungsional yang menarik.

undangan

Dokumen Pribadi

Hunting undangan dan souvenir ini bisa dilakukan secara online melalui situs Bridestory. Sebuah situs vendor directory khusus wedding, yang memudahkan calon pengantin mendapatkan kebutuhan pernikahan. Termasuk undangan dan souvenir. Jadi sangat menghemat waktu.

lamgo

Credit : Lamgo Souvenir

See Also

Ada banyak pilihan vendor di Bridestory. Tentunya dengan fitur yang menarik. Mulai dari review, kontak vendor, melihat daftar harga, dan melihat portfolio dari vendor tersebut. Bahkan kita juga bisa melihat streaming Instagram langsung di halaman vendor tersebut.

Penggunaan situs Bridestory juga sangat mudah. Tinggal login dengan akun media social yang dimiliki tanpa harus repot membuat akun baru. Setelah login, baru deh bisa sepuasnya memilih berbagai vendor. Seperti vendor Lamgo Souvenir misalnya.

  • Rias pengantin + Baju pengantin

Sebagai pengantin yang biasa disebut ratu sehari, penting untuk mendapatkan perias yang bagus. Maklum, di hari penting dan bersejarah tentunya ingin tampil manglingi bukan. Dan untuk hal ini, ada baiknya melakukan test make up terlebih dahulu. Sehingga tidak akan kecewa dengan hasilnya.

Untuk menghemat budget, baju pengantin sebaiknya menggunakan satu paket yang disediakan oleh perias. Karena biaya menjahit baju pengantin akan lebih besar dibandingkan dengan menyewanya. Pilihan warna baju pengantin lebih bagus menggunakan warna kontras sehingga tidak tenggelam oleh dekorasinya. Lebih bagus lagi menyesuaikan dengan warna tema resepsi dan dekorasi catering.

  • Seragam

Bahan kain untuk seragam bisa dipilih di toko kain grosir. Pilihannya sangat bervariasi dengan kualitas yang sesuai dengan harganya. Akan tetapi, kain dengan satu motif biasanya hanya disediakan dalam 1 gulung saja. Jadi pastikan untuk menentukan jumlah kain yang tepat. Karena kalau stok kain sudah habis, belum tentu apabila mencari lagi bisa menemukan kain yang sama persis.

  • Photography & Video

Bagian terakhir yang biasanya dicari adalah photo. Karena memang lebih mudah dan hanya digunakan saat mendekati hari H. Lebih baik mencari satu vendor photo. Sehingga sudah termasuk photo prewedding, photo saat acara, photo candid, dan video untuk dokumentasi.

photo1

Dokumen Pribadi

  • KUA

Kalau semuanya sudah disiapkan. Jangan lupakan hal yang paling penting. Yaitu persyaratan untuk menjadi pasangan yang sah. Dua bulan sebelumnya sudah harus melengkapi di KUA setempat dan mendapatkan penghulu untuk akad nikah. Persyaratannya memang tidak susah tapi tentunya memakan waktu karena ada surat menumpang nikah, pemeriksaan kesehatan, dan dokumen lainnya yang diperlukan.

Untuk pelaksanaan pernikahan dan resepsi bagi orang muslim, katanya bulan terbaik adalah bulan haji. Dan pada bulan ini, hampir semua gedung telah habis dipesan jauh hari sebelumnya. Jadi apabila memilih tanggal di bulan haji, pastikan bahwa semua vendor tersedia. Happy planning 🙂

28
Leave a Reply

avatar
16 Comment threads
12 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
17 Comment authors
tresnaafriantizufaRosianti HIS Balai SartikaShintaries NijerindaMiftah Farid Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Lidya
Guest

Semua udah siap trus lpa daftar KUA bisa batal ya mbak nikahnya hehehe. Seru ya jadi WO.

Lianny Hendrawati
Guest

Kalo pake WO sepertinya lebih enak, kita terima beres. Tapi nggak pake WO juga nggak apa-apa. Aku dulu juga nggak pake WO , mesti aktif sih ngurus ini itu sendiri, karena undangan, baju, gedung, mobil, kue dll itu tempatnya beda-beda, untung ada teman-teman yang bantuin juga.

cputriarty
Guest

kalau bicara soal wedding jadi sedih sih mba, karena acara dulu runyam hikss. Andai ketemu artikel penting seperti ini, pasti tragedi yangmengenaskan itu gak terjadi.

rahmiaziza
Guest

Jadi inget jaman nikahanku dulu, karena baru pertama bikin gawe di keluarga, terus terang kami blank mau ngapain dulu. Akhirnya tanya sama sodara yang udah pernah mantu 😀

Armita Fibriyanti
Guest

undangan nikahnya yang dulu masih kesimpen ya mak.. keren euy.. btw aku dulu juga gak pakai wo-wo an juga mak… seru. hahaa

echaimutenan
Guest

ihiyy…sambil mengenang pas nikah ya :”)
coba ah kebridestory

Salman Faris
Guest
Salman Faris

well prepared banget, ijin bookmark ya buat prepare hahahaha
*mana calonnya?*

Dewi Rieka
Guest

aku juga ngga pake WO tapi panitianya keluarga besar, yang paling jumpalitan ya emakku hehe…Alhamdulillah lancar…

Ristin
Guest

Wah.. aku dulu pake wo mbak.. rada sulit klo ga.pake krn aku anak pertama, dan baru selenggarakan pesta nikahan di kluargaku, jd msh ga tau hrs gmn dulu hehe..

Zahra Rabbiradlia
Guest

Bridestory ada souvenir penikahan juga ya. Boleh nih dipertimbangkan 🙂

Roosvansia
Guest

Kalau pernikahan Batak lucu deh mba Shinta, semua sudah di “posisi” masing – masing. Jadi tau tugas dan tanggung jawabnya. Jd ortu manten tinggal mengarahkan saja hihhihi.. Nanti kalau sudah mau persipan aku share juga di blogku… Can’t waitttt…

Paket Pernikahan Jakarta
Guest
Paket Pernikahan Jakarta

harus kompak keluarganya kalau tanpa wo…

Miftah Farid
Guest
Miftah Farid

Blognya bagus banget kak 🙂
Selamat pagi kakak. 🙂 maaf numpang promosi ya. ^^
Ada yang mau nikah? Tapi masih bingung cari Wedding Organizer yang profesional? Rias pengantin yang bagus dan *manglingi? Dan catering yang halal,enak, murah dengan penataan yang bagus?

Rosianti HIS Balai Sartika
Guest
Rosianti HIS Balai Sartika

Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat pagi akang dan teteh calon penganten Kota Bandung. Bagi akang teteh yang sedang mencari gedung penikahan, wedding organizer, dan ingin mendapatkan vendor-vendor terbaik di Kota Bandung tidak perlu khawatir karena aku dari HIS Balai Sartika Convention Hall akan membantu keinginan akang dan teteh untuk menciptakan pernikahan impian akang dan teteh nih. Di HIS Balai Sartika Convention Hall sekarang sudah One Stop Wedding Service yang dimana nanti mulai pre wedding, wedding day, dan post wedding akan ada yang membantu dan memberikan saran untuk pernikahannya teteh dan akan ada pendampingan hingga acara pernikahannya. Akang dan teteh bisa menentukan… Read more »

zufa
Guest
zufa

Halo Para Calon Pengantin Bandung!!! Kini HIS Corp. hadir dengan PROMO terbaru bulan Maret. Promo yang kami luncurkan yaitu ALL IN WEDDING PACKAGE. Penasaran ada apa aja sih di Paket weddingnya itu? Mulai dari Venue yaitu di Gedung Balai Sartika Convention Hall, Buah Batu Bandung. Catering, Dekorasi, Dokumentasi, Entertainment dan masih banyak lagi… Selain Paket lengkap, Calon Pengantin juga akan dapat BONUS!! Seperti Honeymoon (3 Hari 2 Malam) di Bali, dll. Selain BONUS, Calon Pengantin juga bisa mendapatkan Lucky Dip Penasaran sama Paket Weddingnya? atau BONUSnya? Yuk bisa datang langsung ke : HIS Wedding Venue & Organizer Gedung BIKASOGA Jl.… Read more »

tresnaafrianti
Guest

Hi brides to be, lagi cari gedung utk nikahan di Kota Bandung? Gedung HIS Balai Sartika Convention Hall bisa jadi pilihan kamu loh karena sekarang udh full carpet & lampu chandelier. Selain itu HIS Balai Sartika Convention Hall juga menyediakan paket pernikahan yang fleksibel. Jangan khawatir, pilihan vendornya ada banyak banget dan bisa pilih sesuai dengan keinginan kamu. Ohya, sekarang lagi ada promo loh, yaitu CASHBACK DAN HONEYMOON PACKAGE! Untuk informasi lebih lengkapnya, hubungi Tresna (+6281312214233). FREE KONSULTASI!

COPYRIGHT 2019 SHINTARIES.COM. ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top
error: Content is protected !!