fb-mandiriPunya hobi main game di Facebook emang bikin ketagihan. Saya sendiri sebetulnya ngga pernah main game hahaha. Ngga pernah juga main game dimanapun. Memang ngga hobi aja. Tapi sering banget denger cerita temen yang suaminya ketagihan main game di Facebook. Oalaah, itu katanya saban hari bisa main trus belum lagi keluar duit. Untuk mengupgrade nyawalah, beli-beli barang, dan lain-lain.

Ribetnya bayarnya, karena awalnya pakai kartu kredit dan alat pembayaran lain. Dia pernah cerita sih, pengen punya alat pembayaran yang bisa mengontrol pengeluaran. Maklum namanya juga ibu-ibu ya, ngga mau dong uang belanjanya abis di situ juga wekekek. Yang lucu sih rata-rata anak muda kan ya yang main. Tapi ternyata orang dewasa juga banyak yang suka main. Saya baru tau juga sih.

Game yang populer di Facebook, yang banyak dimainkan ternyata Candy Crush Saga, Clash of Clans, Candu Crush Soda Saga, Farm Heroes Saha, Hay Day, dan game populer lainnya. Tercatat pengguna Facebook di Indonesia adalah yang terbesar keempat berdasarkan riset dari situs World Knowing. Tentunya potensi gamers berdasarkan jumlah user Facebook juga cukup besar.

game-facebook

Oleh karena itu, Mandiri yang bekerja sama dengan Boku menyiapkan sebuah platform yang terintegrasi. Sehingga user Facebook dapat bertransaksi menggunakan Mandiri e-cash. Transaksi ini dapat dilakukan melalui pilihan pembayaran Boku dan bisa dipilih Mandiri e-cash untuk opsi pembayaran. Menurut Pak Rico, Senior Executive VP Transaction Banking Bank Mandiri, kerja sama ini untuk membuat user Facebook lebih familiar dengan Mandiri e-cash dan dapat digunakan sebagai sarana pembayaran.

pak-rico-mandiri

Dalam jumpa pers di Hardrock Cafe hari Kamis lalu tanggal 10 Desember 2015, Pak Rico juga menjelaskan bagaimana para pecinta game ini dapat dengan mudah menggunakan Mandiri e-cash hanya melalui smartphonenya saja. Platform Mandiri e-cash, dapat diunduh melalui Playstore, App Store, Balckberry App World, dan Nokia Store. Dapat digunakan oleh siapapun bahkan yang bukan nasabah Mandiri.

Khusus untuk Facebook user yang ingin menggunakan Mandiri e-cash, cukup dengan mendownload aplikasinya terlebih dahulu. Kemudian registrasikan nomor telepon sebagai nomor rekening. Setelah itu untuk bertransaksi, e-cash harus diisi terlebih dahulu dengan nilai minimal Rp100.000 (seratus ribu rupiah). Apabila sudah terisi maka dapat langsung bertransaksi.

Di hari itu juga, dilakukan peluncuran produk pembayaran Mandiri e-cash untuk layanan game Facebook, dengan menggandeng Boku sebagai penyedia layanan pembayaran. Boku sendiri telah bekerja sama dengan partner berskala internasional antara lain Facebook, Google, Sony, dan Electronics arts.

mandiri-ecash1

Cara transaksinya juga mudah. Berikut step by stepnya :

fb

  1. Pilih cara pembayaran dengan mobile phone
  2. Masukkan nomor handphone
  3. Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan via SMS
  4. Setelah transaksi berhasil, saldo akan berkurang

Mandiri e-cash

Kemudahan pembayaran melalui e-cash tidak hanya untuk games Facebook. Satu platform ini dapat digunakan untuk berbagai macam hal. Seperti membeli token listrik dan alat pembayaran berbagai merchant. Mandiri e-cash menggabungkan antara layanan perbankan dengan layanan telekomunikasi. Oleh karenanya, kita tidak perlu mendaftarkan rekening terlebih dahulu untuk menggunakan Mandiri e-cash ini.

Untuk mendorong less cash society dan dukungan terhadap Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT), maka dikembangkanlah aplikasi uang elektronik ini. Diharapkan dengan adanya kerja sama antara Boku dan Mandiri dalam alat pembayaran di Facebook, akan menambah jumlah pengguna e-cash dengan pertambahan volume transaksi sebesar 100% pada tahun depan.