Berapa banyak jumlah anak yang ingin menjadi polisi saat ditanya apa cita-citanya? Rasanya cukup banyak juga, karena profesi polisi adalah profesi yang sering dilihat sehari-hari. Sehingga menjadi role model yang baik, mengenai apa itu tugas polisi dan dapat langsung dilihat saat para polisi menjalankan salah satu tugasnya yaitu mengatur lalu lintas.

Kalau anak ingin mengenal lebih jauh mengenai tugas polisi, kita dapat mengunjungi Kidzania yang berada di Pasific Place SCBD Lantai 6 loh. Baru-baru ini, Kidzania bersama Larutan Cap Kaki Tiga Anak (PT. Kino Indonesia) membuka Establishment baru yaitu Police Station Larutan Cap Kaki Tiga Anak. Oia ada yang belum tau apa itu Kidzania?

Saya sendiri baru pertama kali main ke Kidzania, karena anak-anak masih dibawah usia 5 tahun yang saya rasa agak sedikit rugi mengajaknya ke sini. Tapi karena sekarang sudah memasuki usia 6 tahun dan kebetulan dapat undangan saat liburan TK, jadi saya dan Rafi semangat sekali main di sini. Undangan yang saya dapat kebetulan dari Mak Indah Juli (KEB) untuk menghadiri peluncuran establishment baru dengan tema Profesi Polisi.

Establisment Larutan Cap Kaki Tiga Anak Police Station

Kidzania adalah tempat rekreasi yang sarat dengan edukasi. Terutama mengenai jenis-jenis profesi yang ada di masyarakat. Di Kidzania ada lebih dari 1000 profesi yang diperankan oleh anak-anak. Mereka akan dikenalkan dengan berbagai macam profesi seperti pemadam kebakaran, chef, baker, dokter, perawat, dan masih banyak lagi. Setiap selesai melakukan pekerjaan, mereka akan diberi gaji loh dengan mata uang Kidzos. Serunya, uang ini bisa dikumpulkan dan ditabung di bank. Selayaknya uang asli, uang ini dapat disimpan di atm dan bisa juga ditarik tunai. Seru yah.

Nah pada tanggal 3 Juni 2015, hadir profesi baru di Kidzania yaitu establishment Larutan Cap Kaki Tiga Anak Police Station. Seperti yang kita tau, larutan penyegar ini berfungsi untuk mengatasi panas dalam yang dialami anak. Cocok banget untuk Rafi, karena terkadang mengalami panas dalam dan sariawan. Larutan Cap Kaki Tiga Anak ini diklaim tanpa bahan pengawet, tanpa pemanis buatan, dan terbuat dari bahan-bahan berkualitas, jelas Pak Deny Cahyo General Manager Marketing PT. Kino Indonesia di acara peresmian program kerjasama ini.

Dalam acara tersebut, diadakan juga penyerahan penghargaan rekor MURI untuk Larutan Penyegar Kaki Tiga Anak, sebagai minuman pereda panas dalam anak dan atas inovasi terbarunya. Karena belum ada produk sejenis yang ada di pasaran. Peresmian simbolis kerjasama sekaligus pembukaan establishment ini dilakukan oleh GM Marketing PT. KINO INDONESIA Deny Cahyo dan Presiden Kidzania Jakarta Kerry Riza.

Larutan Penyegar Cap Kaki Tiga Anak tergerak untuk memberikan edukasi kepada anak-anak melalui aktivitas di Kidzania. Pemilihan aktivitas sebagai polisi juga atas pertimbangan edutainment yang baik. Mulai dari mengembangkan logika berpikir, mengumpulkan petunjuk, menganalisa, sampai pada tahap kesimpulan lokasi di mana penjahat tersebut berada. Pengembangan karakter anak sebagai pribadi yang baik dan peduli terhadap lingkungan sekitar, juga menjadi pertimbangan pemilihan aktivitas polisi seperti yang ditegaskan oleh Manager Kidzania Maya Kenova.

Ummi Pipik (Pipik Dian Herawati) yang turut hadir juga sudah menggunakan Larutan Cap Kaki Tiga Anak untuk menjaga kesehatan anak-anaknya. Apalagi jika anak-anak terkena sariawan atau panas dalam. Menurut pengakuan Ummi Pipik, blio selama ini merasa kesulitan menemukan minuman pereda panas dalam dan sariawan, karena yang beredar di pasaran tidak untuk anak-anak. Apalagi dengan formula rasa yang bervariasi yaitu stroberi, leci, dan jeruk yang pasti disukai oleh anak-anak.

Berperan Sebagai Polisi

Polisi merupakan profesi yang umum sekali yang ada di lingkungan masyarakat. Bahkan anak-anak saya kalau ditanya, biasanya mereka akan menjawab menjadi polisi sebagai cita-citanya. Kesempatan yang datang ke saya saat ada undangan establishment Larutan Cap Kaki Tiga Anak Police Station tidak saya sia-siakan. Langsung saja mengajak Rafi yang sedang libur sekolah, dengan risiko saya bakal diambekin sama kakaknya Aliya yang sedang UKK. Saking sayangnya, keesokan harinya saya kembali lagi bergantian dengan Aliya hehehe. Jadi keduanya bisa merasakan serunya bermain dan belajar sebagai polisi di Kidzania.

Fokus dari permainan ini adalah mengenal lebih jauh tentang profesi polisi. Di mana dibuat sebuah skenario yang menarik. Yaitu menangkap penjahat yang mencuri formula Larutan Cap Kaki Tiga Anak. Penjahat ini sebetulnya sudah tertangkap namun berhasil kabur. Sehingga para polisi harus bekerja keras untuk menangkapnya kembali. Di sinilah kemampuan analisa, mencari petunjuk, dan kemampuan fisik dikerahkan agar dapat memecahkan masalah.

Dari awal antri, anak-anak sudah dimulai disiplin dengan berbaris rapi. Tentunya ada batasan usia untuk bisa menjadi polisi, yaitu mulai dari 6 tahun. Buat adek-adek yang masih kecil bersabar ya karena memang dibutuhkan fisik yang lebih kuat karena harus berlari-lari. Kemudian, setelah dipastikan usianya oleh petugas polisi Kidzania, registrasi ulang dilakukan dengan scan barcode. Saat dimulai, sekelompok polisi cilik diberi briefing terlebih dahulu bagaimana permainan ini akan berlangsung. Dan secara mandiri, para polisi cilik memakai sendiri seragamnya loh.

Pengenalan dimulai, diceritakan bagaimana tugas polisi diantaranya adalah untuk menangkap penjahat. Dan diceritakan bahwa ada penjahat yang mencuri formula dari Larutan Penyegar Cap Kaki Tiga Anak. Kemudian, dibawalah penjahat tersebut untuk menceritakan kronologis dari pencurian. Setelah dikenalkan kepada para polisi cilik itu, penjahat tersebut dikembalikan ke penjara. Namun yang terjadi adalah, penjahat tersebut kabur!

kidzania17

Para polisi cilik tersebut langsung bersiaga untuk mencari penjahat. Hal yang pertama dilakukan adalah mencari dan menganalisa dimanakah penjahat tersebut berada dengan melihat CCTV. Setelah ditemukan, para polisi cilik ini secara berkelompok mencari penjahat dimana dia berada, dengan ditemani oleh polisi senior. Pencarian cukup rumit karena penjahatnya berlari kesana kemari menembus semua area permainan.

Tapi syukurlah, dengan kerja sama, kekompakan, kepintaran para polisi ini. Akhirnya penjahat tersebut dapat ditangkap. Setelah penjahat tertangkap dan selesai, para polisi cilik ini dibekali dengan celengan lucu dan Larutan Penyegar Cap Kaki Tiga Anak untuk menambah stamina dan terhindar dari penyakit panas dalam. Wuih seger rasanya.

Permainan di Kidzania ternyata tidak hanya untuk bermain saja, akan tetapi lebih mengedepankan edukasi. Khususnya kepada anak-anak untuk pengenalan profesi. Sehingga mereka memiliki bayangan bagaimana menjalankan profesi terutama sebagai pekerjaan. Saking serunya bermain di Kidzania, tidak terasa sudah jam 4 sore yang artinya sudah harus pulang. Walaupun dari pagi, ternyata tidak sempat mencoba semua jenis profesi. Wah rasanya harus kembali lagi untuk mencoba permainan yang lain nih.

Larutan Cap Kaki Tiga Anak

Facebook – https://www.facebook.com/CapKakiTigaAnak

Twitter –  https://twitter.com/kakitigaanak

Web – http://capkakitiga.com/