Jalan-jalan? siapa yang ngga suka? hehehe. Saya hobi banget jalan-jalan, apalagi kalo bisa bawa anak-anak. Kalo lihat anak-anak senang pasti saya juga ikut senang^^. Tempat apa aja sih yang bisa bikin anak-anak senang? Saya punya beberapa rekomendasi tempat yang seru banget untuk dikunjungi. Mulai dari Pulau Jawa, Pulau Sumatra, sampai Pulau Kalimantan hehehe. Paling asik kalau bisa keliling Indonesia, karena Indonesia gudangnya tempat-tempat liburan yang kaya akan keindahan alam ^^.

Hmm mulai dari mana yaa, oia kenalin dulu yaa anak-anak saya yang bernama Aliya dan Rafi, banyak yang mengira mereka kembar hehe padahal beda setahun saja. Aliya dan Rafi sangat hobi jalan-jalan, kalau lagi senggang pas libur sekolah di Hari Minggu mereka pasti minta diajak jalan. Nah kalau pas di Jakarta, paling gampang dan mudah adalah ke Mal Grand Indonesia, bukan apa-apa hehe ada Fountain Show (air mancur bergoyang) yang walaupun sebentar tapi seru untuk dinikmati. Terkadang kalau di hari libur besar suka ada acara sebelum Fountain Show, praktis, gratis dan menghibur. Jangan lupa untuk mengecek jadwal terlebih dahulu supaya tidak ketinggalan.

fountainshow

Selain ke mal, tempat di Jakarta banyak banget yang bisa dikunjungi. Favorit Aliya dan Rafi selain mal adalah Sea World dan Kebun Binatang Ragunan. Cocok banget untuk edukasi, belajar mengenai binatang dan seperti apa aslinya binatang itu. Jangan sampai pada mengira kalau binatang itu bisa ngomong qiqiqi. Oia sudah tau Monas, kebanggaan dan ikon Kota Jakarta, coba deh kunjungi Monas di malam hari, seruuu dengan lampu-lampu yang menyala dan pasar malam disekitarnya. Bisa naik delman juga keliling sekitar Monas dan Istana Merdeka.

Bosen sama yang di Jakarta?? Yuk kita jalan-jalan lagi, paling asik keluar Pulau Jawa. Indah banget, dan karena udara masih bersih dijamin rasanya seger banget lihat awan-awan di langit yang putih bersih. Tempat favorit di Kalimantan adalah Balikpapan dengan Pantai Manggar. Kira-kira 1,5 jam dari Kota Balikpapan, udah bisa menikmati keindahan pantainya yang biru dan cantik. Walaupun masih kalah dengan pantai di Bali dan Lombok tapi bisa menjadi alternatif liburan yang menyenangkan juga di Balikpapan.

Daann yang terakhir yang saya rekomendasikan (pake banget) adalah Kota Medan dan Danau Toba di Sumatra Utara, yeeaayyy. Ngga bakalan nyesel liburan ke sini, mulai dari kuliner yang yummy, kota yang indah bersejarah sampai ke Danau Toba yang kesohor dan indah luar biasa. Di Medan Aliya Rafi ngga ragu buat ngajak keliling naik becak motor hihihi, biasanya cuman lihat di tivi tapi sekarang bisa naik. Trus ada juga Istana Maimoon yang klasik dan elegan, ngga lupa dengan Masjid yang indah dan ramai dikunjungi. Kalau ke Danau Toba, hmmm ngga bisa berkata-kata hehehe, keindahan yang Subhannallah luar biasa, warna warni yang cantik menghias langit, dan Pulau Samosir yang klasik dengan budaya yang masih dipegang erat. Di Danau Toba yang bikin seru adalah Aliya Rafi seneng banget naik speedboat untuk keliling danau dan menuju Pulau Samosir, serruuu, tegangg dan seneng bangett. Buat saya, ini adalah liburan untuk keluarga yang cocok banget dan sepadan dengan biaya yang dikeluarkan. Penuh pengalaman, sarat ilmu sejarah dan tempat edukasi yang baik untuk mengenal alam dan budaya yang berbeda.

Tulisan ini dibuat dalam rangka mengikuti 1st Giveaway dari Keke dan Nai ^^.

1st Giveaway : Jalan-jalan Seru untuk Keke dan Nai

Untuk Keke dan Nai, selamatt memilih tempat berlibur yaa, jelajahi Indonesia yang kaya akan alam dan budaya. Jangan mau kalah sama Aliya Rafi yang belum genap 5 tahun tapi sudah mengelilingi pulau di Indonesia^^.

Note : Semua gambar adalah properti shintaries.com, mohon ijin terlebih dahulu apabila ingin menggunakan. Terima kasih^^.