Ada yang berbeda di Fun Blogging 5 yang diadakan di Hari Minggu tanggal 14 Juni 2015. Selain memang diadakan sebelum puasa, lokasi kali ini tidak seperti Fun Blogging sebelumnya. Berhubung Teh Ani Berta baru bisa mengisi acara di Hari Minggu karena kesibukan belio, jadi kita mengusahakan mencari tempat yang ada ACnya. Qiqiqi iya, dulu waktu Fun Blogging pertama diadakan di Hari Minggu, saya dan 2 sohib saya sama sekali tidak mengantisipasi ketiadaan AC. Dari pada berpanas-panas ria, jadilah hari itu acara Fun Blogging diadakan di Communicasting Academy.

Apa itu Communicasting Academy ?

Buat yang belum tau, Communicasting Academy ini sebuah lembaga informal untuk melatih keterampilan broadcasting seperti TV Presenter, Radio Announcer, TV Reporter, Interviewer, Master of Ceremony, dan juga Public Speaker. Kalo yang merasa memiliki bakat dan ingin berkarir di bidang boradcasting, wajib banget kursus dulu di Communicasting Academy.

Mba Melisa Cipao dari Communicasting Academy

Di situ akan diajarkan bagaimana menguasai teknik yang baik dan benar sesuai dengan minat dan bakat. Info lebih lanjut, bisa langsung aja cek di websitenya Communicasting Academy. Lokasinya sangat strategis. Terletak di Jl.Sultan Iskandar Muda No. 8 C Arteri Pondok Indah, Jakarta Selatan. Sangat mudah dijangkau dengan busway dan kendaraan umum yang menuju Mal Pondok Indah.

Fun Blogging 5

Acara Fun Blogging sama dengan acara sebelumnya yaitu sesi 1 sampai dengan 4. Alhamdulillah kami bisa menyelenggarakan sebuah sharing materi tentang blogging yang mudah-mudahan bisa berguna. Karena materi yang diajarkan murni dari pengalaman. Dan siapa sih yang ngga tau Mba Haya Aliya Zaki yang sliweran mengupload hasil karya, mulai dari buku, editan buku, cerpen, artikel di koran ternama, sampai hadiah yang menggiurkan. Dan terakhir, blio menjadi salah satu blogger terpilih untuk diajak treatment gratis sambil check up kesehatan di sebuah rumah sakit di Singapura. Total nilai jobnya? Duh bikin mupeng abis deh.

Mba Haya dengan gaya khasnya yang lemah lembut, dengan sabar menjelaskan beberapa aturan dasar menulis. Walaupun menulis di blog tidak sama dengan media cetak, tapi alangkah baiknya mematuhi dasar-dasar penulisan. Kan kita tujuannya menjadi blogger profesional yang ngga malu-maluin kalo bersanding dengan wartawan saat ada acara. Tata bahasa ini juga akan memperkaya tulisan kita loh. Jadi tentunya ada peningkatan saat menjadi blogger yang hanya menulis sekedarnya, mejadi blogger yang memiliki tulisan bertenaga. Rasakan deh bedanya, tulisan kita akan menjadi berguna bagi orang lain. Dan rasanya itu tidak terbayarkan loh.

Sesi kedua, tentunya diisi saya. Sama seperti sebelumnya, saya memberikan materi dasar mengenai tampilan blog yang baik dan mata friendly. Karena masih ada kan ya, yang memiliki blog dengan background hitam kemudian tulisan kuning. Wew. Selain itu, saya juga menjelaskan tools yang berguna bagi blog seperti Webmaster, Analytics, dan Google Plus. Semuanya dapat kita kombinasikan untuk keperluan tambahan blogging kita, seperti misalnya membuat laporan untuk job review. Dan ngga lupa, kalau sekarang diperlukan top level domain untuk pengukuran popularitas blog yang lebih akurat.

Sesi terakhir, tentunya sesi yang paling ditunggu. Apalagi kalau bukan berhubungan dengan uang. Teh Ani menjelaskan hal-hal dasar yang selalu dilakukan sehingga blio bisa seperti sekarang. Semua dimulai dengan menulis beretika dan tidak memilih-milih pekerjaan. Semua dilakukan dengan baik entah dibayar atau tidak. Selain itu juga, pemanfaatan sosial media menjadi salah satu hal sebagai pendukung kegiatan blogging. Dan penghasilan blogging bisa melalui apa saja, di mana saja. Semua dijelaskan secara detail oleh Teh Ani. Tidak lupa untuk acara kali ini, selain Communicasting Academy yang berbaik hati meminjamkan tempat. Kami juga didukung oleh Kredit Gogo dan Tokopedia.

Kredit Gogo

Masih pada asing ya apa itu Kredit Gogo? hehehe jangan merasa asing dulu ya karena Kredit Gogo ini salah satu solusi untuk informasi perbankan dan keuangan yang kita butuhkan. Karena Kredit Gogo adalah situs lengkap yang memberikan informasi tentang kebutuhan perbankan seperti kartu kredit, deposito, asuransi, dan produk keuangan lainnya. Ada lebih dari 500an produk yang terdapat di situs ini.

Sama halnya seperti marketplace, hanya saja produk yang ada di Kredit Gogo adalah produk keuangan dan jasa perbankan. Jadi, daripada kita datang ke satu bank ke bank yang lain atau sedang ada di daerah yang aksesnya susah untuk ke bank, kita cukup membuka situs Kredit Gogo dan bisa melihat data dan layanan perbankan apa saja yang kita butuhkan. Praktis kan. Info lebih lanjut bisa langsung ke Kredit Gogo ya.

Tokopedia

Belum ada yang tau Tokopedia? sepertinya kurang kekinian ya hehehe. Tokopedia itu sendiri berkonsep marketplace. Agak berbeda dengan beberapa online shop terkemuka lainnya di Indonesia. Karena di Tokopedia kita bisa menemukan penjual dari seluruh Indonesia yang rata-rata berbasis personal atau UKM. Tentunya membeli dari Tokopedia sangat terjamin dan terpercaya. Semua berbasis layanan berkualitas untuk pelanggannya. Mulai dari kemudahan pembayaran, produk yang beragam, sampai supportnya untuk komplain yang lengkap.

Gambaran dari Tokopedia ini adalah sebuah pasar yang berisi berbagai macam toko (online) yang memiliki ribuan produk bermacam-macam. Sehingga kita dapat menemukan apapun yang kita butuhkan. Fiturnya sangat aman untuk pembeli maupun penjual yaitu adanya fasilitas rekening bersama. Jadi kita tidak perlu takut tertipu ya. Aman. Dan harga-harganya itu loh yang bikin ngga nahan. Murah-murah bok. Trus bisa juga membeli secara grosir. Nah itu kalau pembeli, kalau penjual juga ngga kalah untung.

Sebagai penjual di Tokopedia, ngga perlu lagi capek-capek COD karena ada rekening bersama. Kemudian ada verifikasi pembayaran otomatis nih. Jadi setiap transfer yang masuk dari pembeli, sudah ngga perlu capek-capek ngecek. Trus klo biasanya penjual sibuk cek ongkir ke ekspedisi, di Tokopedia sudah tersedia loh fiturnya. Wah ngga ribet ya. Yang paling penting, harga dah fixed nih, jadi ngga bete kalo ada yang nawar barang afgan wekekek.

Kalo saran saya sih. Dari pada capek-capek sewa hosting dan domain untuk membuat toko online sendiri, mending buka aja di Tokopedia. Toh tujuannya sama kan, mencari pembeli dan mengkonversikan ke penjualan sebanyak-banyaknya. Jadi harga jual barang bisa sangat murah karena ngga ada biaya apapun dan bebas komisi penjualan. Mau buka toko atau belanja, langsung aja ya ke Tokopedia.

tokopedia

Ngga kerasa banget memang Fun Blogging sudah masuk ke sesi 5. Tapi sepertinya ini akan jadi sesi yang terakhir. Di mana, kami akan mencoba peruntungan ke kota-kota lain seperti Bandung, Semarang, Jogyakarta, dan Surabaya. Tunggu tanggal mainnya yaa. Hayooo yang udah pada nagih, awas loh ya kalau ngga pada ikutan wekekek. Makasih yaa yang sudah hadir di acara Fun Blogging 5. Semoga berguna yaa.