Masih ingat kasus beras sintetis dari plastik yang meresahkan masyarakat beberapa waktu lalu? Saya sendiri jadi parno dan mikir dua tiga kali untuk membeli beras yang sembarangan beli di warung. Alhasil, saya selalu membeli sekarung beras dengan berat 25 kg di supermarket. Saya pikir sih, daripada beli lebih murah tapi mengganggu kesehatan, rasanya lebih hemat untuk membeli beras sedikit lebih mahal namun terjamin.

Saya sendiri sebetulnya sudah pengen mengurangi makan nasi. Maklum, ngakunya sih lagi diet. Tapi kadang-kadang ngga tahan juga laparnya. Jadi sudah pasti nasi putih selalu menjadi makanan wajib di meja makan. Memang sih ada beberapa yang sudah tidak makan nasi karena alasan kesehatan atau nasi yang digunakan nasi merah untuk kalori yang rendah. Tapi tetap saja nasi putih sudah menjadi pemenuhan kebutuhan makanan sehari-hari.

Memilih Beras Yang Baik

Di antara banyaknya pilihan beras yang tersedia di supermarket, tentunya sebagai konsumen terutama ibu harus bisa memilih yang baik. Jangan sampai salah pilih beras yang akan merugikan kesehatan seperti beras sintetis tadi. Ih amit-amit ya kebeli beras macam begitu, semoga ngga ada. Nah yang ada sekarang itu, salah satu yang cocok untuk keluarga adalah Beras Maknyuss. Hmm familiar banget ya namanya.

maknyus2

Saya memilih Beras Maknyuss ini karena jenisnya adalah beras IR 64. Apa itu IR 64? Beras pulen berkualitas yang banyak digunakan oleh masyarakat perkotaan. Tidak sama seperti jenis lainnya, beras IR 64 tidak memiliki bau, dan bentuknya berbeda. Namun sayangnya beras jenis IR 64 ini seringkali ditambahkan zat kimia oleh pedagang. Sehingga menjadi wangi, warnanya menjadi putih, dan ditambahkan pengawet. Duh, saya jadi ketar ketir nih kalau beli beras. Apalagi untuk keluarga terutama anak.

Itulah kenapa Beras Maknyuss bakal jadi pilihan tetap saya nih. Walaupun dengan jenis IR 64, Beras Maknyuss dijamin tidak mengandung 3P yang sering dilakukan pada beras lain. Yaitu Tanpa Pemutih, Tanpa Pengawet, dan Tanpa Pewangi. Proses untuk menghasilkan beras ini tentunya tidak begitu saja, namun melalui proses dengan teknologi modern sehingga berasnya berkualitas dan tanpa 3P.

maknyuss

Beras Maknyuss tanpa pemutih diproses dengan teknologi modern tanpa bahan kimia sehingga berasnya akan menjadi putih alami. Lalu proses pengeringan pada tingkat optimal akan menjadikan beras tahan lama tanpa perlu bahan pengawet. Karena pada dasarnya beras IR 64 hanya bertahan selama 3 bulan saja dan biasanya lebih dari itu akan menjadi pera saat dimasak. Dan yang terakhir adalah tanpa pewangi karena setelah diproses, beras akan dikemas langsung sehingga wangi alami IR 64 tetap terjaga.

Aman dan Terjamin

Kalau sudah memilih beras yang 3P ini, saya jadi merasa aman dan terjamin untuk kesehatan keluarga. Bagaimanapun, sebagai makanan wajib sehari-hari, memilih beras ini tidak bisa sembarangan. Dan pilihan jatuh pada Beras Maknyuss juga karena pertimbangan butirannya yang bersih, putih, dan butirannya utuh. Walaupun tidak begitu cocok untuk jenis makanan nasi goreng, rasanya pulennya sudah sangat lebih dari cukup untuk sehari-hari.

maknyuss2

Cara memasaknya pun praktis, yaitu perlu dicuci sekali saja karena sudah bersih dan higienis. Kadar air dalam beras yang 14%, menjadikan lebih hemat air. Iya, jumlah air yang digunakan jangan terlalu banyak seperti beras pada umumnya. Perbandingannya adalah dua gelas beras dengan 2 3/4 gelas air. Tapi ini bisa disesuaikan dengan selera pulennya. Kalo saya karena tidak suka yang lembek jadinya memakai sekitar 2 1/4 gelas air.

Harganya juga terjangkau. Untuk 5 kilo beras, sekitar Rp63.000 yang bisa juga dibeli online loh tanpa perlu repot-repot ke supermarket hehehe. Saya banget kayaknya apa-apa online. Ngga hanya 5 kilo, kalau mau stok selama sebulan juga bisa membeli 25 kg atau 10 kg. Tuh kan, kalau udah tau ada beras aman dan terjamin kaya gini sih, pasti saya pake terus tiap bulan. Yuk ah, saya jadi laper lihat makanan 😀

222